Berkunjung ke Wisata Alam, Sejarah, dan Bangunan di Semarang Bersama Traveloka

42
views

Sering bepergian secara mendadak dan tanpa persiapan akomodasi dan transportasi? Bepergian pada saat sekarang ini sudah jauh lebih mudah untuk berbagai tujuan. Kendala pemesanan tiket transportasi hingga pemilihan penginapan yang sesuai dengan kriteria. Semua bisa dilakukan walaupun menggunakan wifi gratisan yang hinggap di ponsel pintar anda.

 

Saya jadi teringat beberapa hari yang lalu, saat itu Saudara saya yang tinggal di Jakarta, tiba-tiba memberi kabar kepada saya bahwa hendak meluncur ke Semarang untuk berlibur pada akhir bulan Juli 2017. Saya sempat kaget, mengapa memilih Semarang, ternyata Saudara saya baru ingat kalau ada jatah cuti yang akan hangus bila tidak segera digunakan.

Lalu dimulailah perburuan pencarian tiket pesawat dan juga penginapan. Sebenarnya beberapa hal yang saya kurang sukai dari mencarikan tiket pesawat dan penginapan selama ini :

  • Waktu landing dan take off pesawat yang tidak selalu sesuai dengan checkout hotel
  • Memakan waktu saat akan melakukan pemesanan, karena harus satu persatu, tiket pesawat sendiri dan penginapan sendiri.
  • Memakan konsentrasi, karena harus mengingat salah satu jadwal dahulu agar pencarian selanjutnya tidak perlu bolak-balik.
  • Penyimpanan code booking yang harus terorganisir masing-masing produk, kadang harus obrak-abrik kotak masuk email.

Menurut saya, penggunaan aplikasi Traveloka adalah yang termudah dan termurah saat ini. Jika anda berlangganan newsletternya, beberapa waktu sekali akan ada informasi promo yang masuk ke email anda. Lumayan, dapat potongan beberapa %, bisa untuk nambah beli oleh-oleh atau buat jajan di lokasi wisata.

Baca Juga :  Sharing Moment Event IMAJI bersama National Geographic Indonesia

Sempat mencari waktu penerbangan untuk keberangkatan dan kepulangan, namun tidak menemukan waktu yang cocok dengan penginapan yang diinginkan. Bolak-balik di layar smartphone bukanlah hal yang saya sukai, sempit dan sering terganggu notifikasi. Lalu saya baru sadar, ternyata ada fitur baru pada aplikasi Traveloka, yaitu adanya fitur Tiket + Hotel dalam satu produk pemesanan.

Lalu saya menjadi penasaran bagaimana fitur ini bekerja. Rupanya, cukup masukkan kota asal dan kota tujuan, lalu masukkan tanggal keberangkatan dan kepulangan, yang terakhir adalah jumlah pengguna. Sudah, itu saja, lalu akan muncul beberapa pilihan yang bisa kita pilih dengan beragam maskapai penerbangan dan kelas hotel. Jika anda masih merasa ada yang kurang cocok, maka anda bisa merubahnya, baik tiket pesawat ataupun hotelnya. Sederhana dan menghemat waktu, itu respon saya saat menggunakan fitur Tiket + Hotel dari Traveloka ini.

Ternyata saat halaman hendak melakukan pembayaran, bila dibandingkan dengan pemesanan Tiket dan Hotel secara terpisah, maka pemesanan satu paket antara Tiket + Hotel akan terasa lebih murah. Sudah murah, menghemat waktu, eh lebih murah juga ternyata. Selisih dari harga normalnya bisa digunakan untuk membawakan saya oleh-oleh dari Jakarta ntar, ahahaha.

Untuk urusan bayar membayar, pilihan metodenya ada banyak, mau transfer ATM atau via internet banking dan semacamnya ada. Jadi kita tinggal menyesuaikan saja hendak menggunakan metode pembayaran yang mana.

Saudara saya adalah orang yang kuranglah cocok bepergian pada cuaca yang terik, maklumlah karena kebiasaan berada di ruang berpendingin udara. Oleh karena itu saya membagi dua jenis rencana berwisata dengan dua jenis waktu. Dimana lokasi wisata alam di Kabupaten Semarang pada siang hari, sedangkan wisata buatan di Kota Semarang pada malam hari.

Baca Juga :  Memandang Waduk Sermo dari Kalibiru, Kulonprogo Sesaat Dahulu

Pada hari pertama, saya akan membawanya merasakan hawa sejuk di Kawasan Candi Gedong Songo. Sudah pasti bagi orang kota sangatlah bahagia bisa merasakan udara pegunungan dengan view serta cerita masa lalu Gedong Songo. Kalau dirasa capek jalan kaki dan ingin memanjakan diri, mungkin nanti bisa menyewa kuda untuk berkeliling Kawasan Candi Gedong Songo. Selain untuk menghemat tenaga selama di Semarang, tentu saja bisa membantu perekonomian masyarakat sekitar.

Malam harinya, setelah dirasa bahwa suhu udara di Semarang telah ramah untuk kulit, maka saatnya berkeliling di Kawasan Kota Lama Semarang. Di Kawasan Kota Lama Semarang ini walaupun masih ada beberapa bangunan kosong, namun menengok di beberapa titik akan cocok untuk berfoto dengan kosep jadul. Duduk santai di Taman Sri Gunting juga menjadi pilihan yang cocok untuk bersantai sembari berfoto-foto di samping Gereja Blenduk.

Hari Kedua, saya akan mengajak saudara saya berkunjung ke tempat yang penuh air segar, yaitu ke Curug Lawe dan Curug Benowo. Terletak di selatan Kota Semarang, mungkin tidak sampai satu jam untuk bisa mencapai lokasi wisata air terjun ini dari pusat Kota Semarang. Penggunaan sepeda motor adalah pilihan paling tepat karea saat hampir memasuki tiket masuk, jalan akan menyempit dan udara semakin sejuk.

Di Curug Lawe dan Curug Benowo, kita harus berjalan sekitar 60 menit dari area parkir. Saya tidak begitu paham berapa jaraknya, namun ketika berkunjung beberapa kali, rentang waktu yang saya perlukan adalah 45-60 menit. Salah satu hal yang menyenangkan ketika berkunjung ke air terjun ini adalah diharuskannya kita berjalan di dalam hutan dengan keasrian yang masih sangat asri untuk ukuran hutan di Pulau Jawa. Pada banyak titik, kita diharuskan untuk mencelupkan kaki ke dalam air yang jernih dan segar. Silahkan disimak foto panorama 360 berikut ini, agar Anda bisa ikut merasakan betapa segarnya air terjun Benowo ini, silahkan ditunggu hingga semua data yang diperlukan termuat dengan sempurna

Baca Juga :  Sabang, Titik awal dimana keindahan Indonesia dimulai (part 2 of 2)

Bukanlah hal yang rumit juga untuk bisa berwisata di Semarang. Anda bisa ke Kota Semarang ataupun ke Kabupaten Semarang. Hendak berwisata ke alam, tempat bersejarah, jelajah kuliner ataupun tempat kekinian, semua bisa. Asalkan anda memiliki smartphone dan aplikasi Traveloka, maka anda bisa mengatur perjalanan anda ke Semarang dengan ideal, mulai dari tiket, hotel, hingga pencarian paket wisata traveloka di Semarang.

Silahkan dicoba sendiri fitur Tiket + Hotel dari Traveloka ini, mudah serta menghemat waktu, terlebih juga akan mendapatkan harga yang lebih murah, dan tentu saja didukung dengan beragam metode pembayaran yang sesuai dengan keinginan anda.

Salam.

Ambil hanya informasi, tinggalkan hanya komentar. Silahkan berbijak hati untuk mengisi kolom komentar. Salam