Memandang Waduk Sermo dari Kalibiru, Kulonprogo Sesaat Dahulu

50
views

Wisata Kalibiru yang berada di Desa Kalibiru, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi D.I. Yogyakarta beberapa waktu terakhir ini menjadi semacam lokasi wisata yang sedang populer. Terlihat sekali ketika mereka berfoto di atas papan kayu ditambah tali pengaman, lalu dengan latar belakang Waduk Sermo. Untuk menaiki papan kayu tersebut dan berfoto di ayasnya, setahu saya dikenakan biaya tambahan selain tiket masuk ke lokasi tersebut.

kalibiru kulonprogo
Waduk Sermo terlihat dari Kalibiru

Saya pertama kali mengunjungi Objek Wisata Kalibiru pada bulan Maret tahun 2013. Masih sangat sepi saat itu, belumlah banyak pengunjung seperti sekarang ini. Saya juga saat itu belum dikarenakan tiket masuk, karena memang tidak ada yang berjaga di loket tiket masuk. Kondisi sekitar saat itu juga masih terlihat beberapa bangunan yang sedang akan dibangun.

Saya bersama Angga, Usnu dan Agus. Siang terik dan juga panas, terasa menyengat di kulit kami. Dedaunan area Kali Biru membuat kami bisa sejenak bernaung dari cuaca siang tersebut. Saat itu memang sepi pengunjung, hanya kami berempat yang ada di area Kalibiru.

kalibiru kulonprogo
Tangga keramik yang terasa licin saat hujan

Berasa menjadi pengunjung spesial saat itu, melangkah dan berfoto tanpa harus terganggu oleh pengunjung lain. Cuaca terik saat itu tidaklah begitu terasa, yang ada memang semilir angin siang itu yang membuat kami terasa mengantuk.

kalibiru kulonprogo
Salah satu titik yang memiliki arah hadap ke timur.

Saat datang ke Kalibiru ini, saya membawa filter CPL yang saya sematkan di depan lensa. Hasil dengan menggunakan filter CPL ini benar-benar sangat menakjubkan ketika digunakan pada saat siang terik seperti ini. Silahkan simak pada artikel Fungsi Filter Lensa CPL agar bisa terlihat jelas kegunaanya untuk kondisi terik seperti ini.

Baca Juga :  Menyisir Sisi Lain Universitas Negeri Semarang

Dari Kalibiru ini kita dengan mudah bisa melihat waduk sermo yang berada di sebelah selatan. Beruntung juga ada banyak titik di Kalibiru yang terbuka ke arah selatan. Kami sempat berhenti di beberapa titik untuk berfoto ala-ala. Mumpung sedang libur dan bisa pergi bersama, maka sayang untuk dilewatkan.

kalibiru kulonprogo
HIjau dimana-mana, lalu saya suka

Dari area utama Kalibiru kami berjalan menuju ke arah timur. Ada jalan setapak yang mengantarkan kami untuk bisa melihat panorama yang lebih luas dan hijau. Di ujung jalan tersebut, ada beberapa gazebo yang sudah tercemari dengan corat-coret manusia berotak lutut. Sungguh disayangkan sekali, semoga saja mereka segera diberi hidayah-Nya.

kalibiru kulonprogo
Gazebo seperti ini diperlukan pemasangan CCTV

Gazebo kecil dengan tempat tersembunyi seperti ini juga sebenarnya rawan untuk disalahgunakan untuk berbuat mesum ketika tempat sedang sepi, sehingga diperlukan banyak pengawasan sebenarnya di lokasi ini. Saat kami datang ke lokasi tersebut semuanya kosong, karena memang hanya kami saja yang berada di tempat itu.

kalibiru kulonprogo
Suasananya cukup sepoi karena terteduhi oleh atap gazebo. Dipotret menggunakan picture style false IR

Pada banyak titik, saya sempat sedikit berandai untuk memotret matahari terbit di lokasi tersebut. Karena memang saat itu menghadap ke timur, namun ada beberapa pohon kecil dan rerumputan sepinggang yang dirasa akan menutupi panorama.

Saat kami berada di kalibiru sebenarnya bisa saja tinggal menaiki panggung pohon agar bisa foto hits kekinian jaman sekarang, namun entah mengapa kami sama sekali tidak tertarik untuk melakukan hal itu.

Panggung kayu sebelah kiri bawah foto, salah satu tempat nge-hits untuk foto kekinian saat ini di Kalibiru

Seusai kami merasa kelaparan dan kehausan, segera kami turun untuk menuju ke waduk sermo guna mencari makan siang dan es teh agar siang itu terasa lebih ramah kepada kami.

Baca Juga :  Bersepeda di Kawasan Taman Nasional Gunung Leuser
kalibiru kulonprogo
Mari pulang, pulang mari

Lokasi Kalibiru bisa anda lihat pada peta berikut ini :

Selain menjual pemandangan khas bukit menoreh dengan waduk sermo di bawahnya, juga ada wahana outbond yang disediakan untuk pengunjung selama ada operator yang bertugas.

Tetap jaga kebersihan dan kesopanan ketika berkunjung ke tempat wisata.

Salam.

7 COMMENTS

  1. Aku ke sana udah agak lama. Waktu itu berangkatnya kesiangan dan sampai sana udah sore, panggung pohon udah nggak terima submission hahaha.

    Mungkin karena bapak-bapak, jadi nggak terlalu berminat sama panggung pohon 😀

  2. Berhubung saya dulu ke Kalibiru saat sedang ramai-ramainya, ditambah dengan kemampuan fotografi yang masih pas-pasan, tidak banyak yang saya dapat. Foto-fotonya juga tidak sebagus yang ada di sini, haha. Mungkin saya juga butuh filter CPL, hehe. Terus ke sana lagi, siapa tahu gambar yang saya jepret bisa lebih baik, haha…
    Tapi mudah-mudahan perubahan dan pengembangan obyek wisata di sana membawa dampak baik bagi semua, ya. Baik bagi penduduk sekitar maupun kelangsungan alamnya, sehingga Kalibiru bisa dinikmati sampai anak cucu, hehe. Amin.

Ambil hanya informasi, tinggalkan hanya komentar. Silahkan berbijak hati untuk mengisi kolom komentar. Salam