Di Manakah Lokasi NOL Kilometer Indonesia yang Sebenarnya?

Anda pasti sudah sering menyanyikan lagu dengan lirik sebagai berikut

Dari sabang sampai merauke
Berjajar pulau-pulau
Sambung memnyambung menjadi satu
Itulah Indonesia
Indonesia tanah airku
Aku berjanji padamu
Menjunjung tanah airku
Tanah airku Indonesia

iya, lagu tersebut berjudul “Dari Sabang Sampai Merauke” ciptaan R. Suharjo. Lagu Nasional yang sering kita nyanyikan saat masih berada di bangku sekolah. Saya dulu juga pernah menyanyikan lagu ini mungkin lebih dari 10 kali dalam sehari ketika mengikuti Pelatihan di AAU Yogyakarta. πŸ˜€

Lagu di atas saya atur supaya terputar otomatis ketika Anda menggunakan browser yang mendukung. Jadi mari kita simak artikel berikut ini dengan mendengarkan salah satu lagu nasional tersebut dengan irama yang bisa membawa Anda santai dan membayangkan seperti apakah NOL Kilometer Indonesia.

Berasal dari rasa penasaran saya atas komentar Mas Sitam yang dua kali meninggalkan komentar yang mengandung kata Pulau Rondo. Komentar pertama ditinggalkan pada artikel Ebook Pulo Aceh, sedangkan komentar kedua ditinggalkan pada akun Instagram saya yang saat itu mengunggah foto di Mercusuar Wilian Torrent.

lokasi titik nol kilometer indonesia
komentar pertama dari Mas Sitam pada artikel Ebook Pulo Aceh

 

lokasi titik nol kilometer indonesia
Masi Sitam nongol kembali di media sosial yang lain, wkwkkw

Maka akhirnya terkuaklah kenapa Mas Sitam menyebutkan Pulau Rondo sebanyak dua kali pada materi yang satu tema. Ternyata, saat Mas Sitam membaca buku 100 Kilometer Keliling Indonesia, pada halaman 39 disebutkan ada sebuah paragraf yang menuliskan kalimat sebagai berikut :

“Jika dilihat di peta, pulau seluas 4Β² km ini berada di paling ujung barat Indonesia.”

Kata “pulau seluas 4Β² km” sebagai kata ganti dari Pulau Rondo. Bisa Anda lihat pada gambar berikut ini. sudah saya lingkari agar lebih mudah untuk ditemukan.

lokasi titik nol kilometer indonesia
via wasap, saya dikirimi tulisan yang menjadi acuan Mas Sitam untuk meninggalkan dua komentar sebelumnya :D. Resolusi masih sama, silahkan klik untuk memperbesar

lokasi titik nol kilometer indonesia
Buku 100 hari Keliling Indonesia yang dimiliki Mas Sitam, sumber foto saya ambil dari artikel hunting buku pada blog Mas Sitam

BERDASARKAN LOKASI PADA GARIS BUJUR

Sekarang mari kita lihat sejenak melalui peta atau sejenisnya. Paling mudah saat ini adalah menggunakan Google Earth, sehingga akanlah mudah mendapatkan informasi koordinat masing-masing lokasi yang masih diperdebatkan.

Akan ada 3 lokasi yang saya ambil titik koordinatnya, namun hanya secara garis bujurnya saja. Mengapa Saya hanya akan menggunakan hanya garis bujur saja, tidak menyertakan garis lintang dalam artikel ini?. Penentuan barat dan timur dalam sistem koordinat mengandalkan garis bujur saja. Jika ada tambahan dalam menentukan utara dan selatan, barulah kita menyertekan juga garis lintang.

Format penulisan garis bujur yang akan saya gunakan adalah dd mm ss (derajat menit detik). Contohnya adalah 95Β° 06′ 44′ BT, maka ketika dibaca akan menjadi 95 derajat 6 menit 44 detik bujur timur.

Baiklah, mari kita buat kesepakatan satuan jarak dengan garis bujur. Saya ambil gampangnya saja ya, sehingga tidak terlalu banyak angka di belakang tanda koma.
1Β° bujur = 111 km
1 menit bujur = 1.85 km
1 detik bujur = 30,8 meter

Baca Juga :  Tegal, dari hujan hingga kepanasan

Maaf, belum bisa saya tuliskan secara rinci perhitungan angka tersebut dalam artikel ini, karena untuk artikel ini hanya saya gunakan sebagai gambaran umum, tidak mengacu ke nominal angka dari hasil perhitungan yang akan digunakan.

Dengan menggunakan data dari Google Earth, maka didapatkan lokasi berdasarkan garis bujur sebagai berikut ini. Perlu diperhatikan, ini pengukuran kasar, tidak bisa dipertanggung jawabkan secara ilmiah, hanya sebagai gambaran kasar saja.

Titik yang saya ambil berjumlah 3 titik,  yaitu Pulau Breueh, Pulau Rondo dan Tugu NOL Kilomter di Pulau Weh

 Tabel 1. Informasi Lokasi 3 titik dengan koordinat berdasarkan bujurnya

 Nomor Nama Lokasi  Koordinat Berdasarkan Bujur
1  Pulau Breueh  95Β° 00′ 39″ BT
2  Pulau Rondo  95Β° 06′ 44″ BT
 3  Tugu NOL Kilomter di Pulau Weh  95Β° 13′ 00″ BT

 

Urutan dalam tabel tersebut sudah saya sesuaikan dengan lokasi yang paling barat. Semakin kecil angkanya, maka lokasi tersebut semakin ke barat. Jadi sudah bisa Anda simpulkan mana yang paling barat, namun artikel ini belum selesai sampai di sini. Mari coba kita hitung jarak di antaranya dengan menggunakan perhitungan yang sudah saya jelaskan sedikit di atas.

 Tabel 2. Matriks jarak ke 3 Lokasi Dalam Satuan Bujur

Jarak Dalam Satuan Bujur Pulau Breueh  Pulau Rondo Tugu NOL Kilomter di Pulau Weh
Pulau Breueh  0Β° 00′ 00″  0Β° 06′ 05″  0Β° 12′ 21″
 Pulau Rondo  0Β° 06′ 05″  0Β° 00′ 00″  0Β° 6′ 16″
Tugu NOL Kilomter di Pulau Weh  0Β° 12′ 21″   0Β° 6′ 16″  0Β° 00′ 00″

 

Kemdian, bila informasi tersebut saya konversikan ke dalam jarak meter. Perhitungan saya lakukan dengan melihat kembali ke kesepakatan konversi satuan di atas.

 Tabel 3. Matriks jarak ke 3 Lokasi Dalam satuan Meter

Jarak Dalam Satuan Meter Pulau Breueh  Pulau Rondo Tugu NOL Kilomter di Pulau Weh
Pulau Breueh  0 m 11.254 m 22.846 m
 Pulau Rondo 11.254 m 0 m 11.593 m
Tugu NOL Kilomter di Pulau Weh 22.846 m 11.593 m 0 m

 

Bisa kita dapatkan informasi bahwa Pulau Breueh 11.254 meter lebih barat daripada Pulau Rondo. Sedangkan Pulau Rondo 11.593 meter lebih barat daripada Tugu NOL Kilometer di Pulau Weh. Jadi dapat kita simpulkan bahwa Pulau Breueh adalah yang terbarat berdasarkan garis bujur.

Baca Juga :  Pulau Breuh, Pulau terbarat di Indonesia [seri pulau Aceh #2]

Untuk lebih mudah untuk dimengerti, maka kita lihat hasil screenshoot saya berikut ini.

lokasi titik nol kilometer indonesia
Berdasarkan citras satelit, maka bisa terlihat dengan jelas mana yang paling barat.

Sebenarnya, hanya dengan melihat peta atau citra satelit saja sudah jelas, namun rasanya masih kurang greget kalau tidak menggunakan perhitungan seperti di atas. Hehehe

lokasi titik nol kilometer indonesia
Jarak dari Pulau Rondo ke Tugu NOL Kilometer saja sekitar 29 kilometer

 

BERDASARKAN LOKASI DENGAN NEGARA TETANGGA

Lokasi terbarat berdasarkan garis bujur telah dimenangkan oleh Pulau Breueh dengan angka , namun bila kita kaitkan dengan jarak terhadap negara perbatasan terdekat, yaitu Pulau Great Nicobar yang masuk ke dalam Negara India, maka Pulau Rondo memiliki jarak terpendek bila dibandingkan dengan Pulau Breueh.

lokasi titik nol kilometer indonesia
Ini perhitungan ngawur ya, jangan ditiru πŸ˜€

Bila anda perhatikan gambar di atas, garis merah menunjukkan jarak antara Pulau Great Nicobar dengan Pulau Breueh, sedangkah garis kuning menujukkan jarak antara Pulau Great Nicobar dengan Pulau Rondo. Garis merah memiliki panjang 172 Kilometer, sedangkan garis kuning hanya 158 Kilometer. Jadi bisa kita simpulkan bahwa dari sudut pandang lokasi terdekat ke negara tetanga, yaitu Negara India; Maka Pulau Rondo bisa kita jadikan sebagai Pulau terbarat yang berbatasan dengan Negara India.

 Menurut beberapa gambar mengenai Pulau Rondo yang saya jumpai di internet, bahwa di Pulau Rondo terdapat sebuah tugu atau monumen sederhana yang dijadikan sebagai penanda bahwa pulau tersebut adalah wilayah NKRI. Di Pulau Rondo juga ada TNI yang tinggal dan berjaga dengan segenap jiwa dan raga untuk NKRI

Saya belum pernah mengunjungi Pulau Rondo, jadi saya tidak banyak memiliki data dan informasi mengenai Pulau Rondo. Saya juga tidak berniat untuk mencantumkan foto dari website lain, lebih baik Anda mencari gambarnya sendiri bilamana Anda penasaran.

LOKASI BERDASAKAN HUKUM DI INDONESIA

Bagi Anda yang merasa bingung antara Sabang dengan Pulau Weh, akan saya bantu untuk lebih memahaminya. Sabang secara administrasi adalah salah satu kota yang berada di dalam wilayah Provinsi Aceh. Kota Sabang berlokasi di Pulau Weh, jadi secara mudah untuk mengingatnya, Sabang adalah nama administrasinya, sedangkan Weh adalah nama pulaunya.

Ingat ya, Kota Sabang dan Pulau Weh itu bisa dikatakan sama saja bila kita hendak berbicara mengenai NOL Kilometer Indonesia. Walaupun di sekitaran Pulau Weh masih banyak pulau-pulau kecil lainnya yang masuk ke dalam administrasi Kota Sabang.

lokasi titik nol kilometer indonesia
Pulau Klah, Pulau Rondo, Pulau Rubiah dan Pulau Seulako adalah 4 pulau yang berada di utara Pulau Weh.

Saya ragu menyebutnya sebagai hukum, karena saya belum tahu peraturan atau undang-undang mana yang mengesahkan bahwa Pulau Weh adalah Titik NOL Kilometer Indonesia. Bila ada yang tahu, mohon saya dberi informasi tersebut.

Baca Juga :  Sabang, Titik awal dimana keindahan Indonesia dimulai (part 1 of 2)

Bukti yang menunjukkan bahwa Pulau Weh adalah titik NOL Kilometer Indonesia adalah adanya monumen yang kini sudah jauh lebih baik untuk diabadikan ketika mengunjunginya. Dahulu saat saya ke sana (2012) kondisinya bisa dikatakan memprihatinkan. Sekarang sudah lebih menarik dan banyak warung, sudah ada perhatian lebih terhadap monumen terbarat ini.

lokasi titik nol kilometer indonesia
Tahun 2012 masih seperti ini, masih cukup sepi dan kata anak muda sekarang itu “gak instagramable”

 

lokasi titik nol kilometer indonesia
Terima kasih Ad**a fenen, berkat Anda, kami bisa menegaskan bahwa kami sedang berada di depan Tugu NOL Kilometer Indonesia. πŸ˜€

 

Saya bingung, hendak menyebutnya monumen atau tugu. Intinya adalah pada bangunan tersebut teradapat prasasti pengesahan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia yang menjabat saat itu, yaitu Bapak H. Try Sutrisno pada tanggal 9 September 1997. Ada juga pengesahan oleh Bapak Prof. Dr. B. J. Habibie yang menjabat menjadi Menteri Negera Riset dan Teknologi.

lokasi titik nol kilometer indonesia
Di bagian bawah tugu, ada ruangan yang menampilkan prasasti pengesahan oleh Wakil Presiden Indonesia tahun 1997.

 

lokasi titik nol kilometer indonesia
Bila menaiki tangga untuk menuju ke atas tugu, ada prasasti yang lainnya. namun beberapa sudah terlihat ada yang tercoret-coret

Hal yang lebih menguatkan lagi adalah diterbitkannya sertifikat sebagai bukti telah berkunjung ke Titik NOL Kilometer Indonesia kepada pengunjung. Sertifikat ini bisa didapatkan melalui Kantor Dinas Pariwisata Kota Sabang yang terletak di pusat Kota Sabang.

lokasi titik nol kilometer indonesia
Walaupun gak bisa buat melamar kerja, namun cukuplah menarik bila dipasang di ruang tamu.

Di Kantor Dinas Pariwisata Kota Sabang, kita juga bisa mendapatkan brosur tentang pariwisata di Pulau Weh. Cukuplah bila dijadikan panduan untuk berkunjung ke beberapa lokasi walaupun menurut saya masih kurang lengkap dari bebera aspek.

lokasi titik nol kilometer indonesia
Di brosur yang saya dapatkan dari Dinas Pariwisata Kota Sabang, malahan Pulau Rondo berada dekat sekali dengan Pulau Rubiah. πŸ˜€

 

lokasi titik nol kilometer indonesia
Kalau di buku yang satunya, Pulau Rondo tidak terlihat, namun negara tetangga malah terlihat, Duh gusti…. sebagai orang geografi saya menjadi prihatin ;(

Saya juga pernah membuat Ephotobook dan Video mengenai perjalanan kami saat berada di Sabang selama 3 hari 2 malam. Silahkan untuk menuju artikel [Ebook] Sabang – Pulau weh – Aceh dan artikel [Video] Perjalanan Sabang – Pulau Weh – Brongkos 13

KESIMPULAN

Jadi tinggal kita ambil kesimpulan saja bagaimana cara menandang lokasi dari penentuan NOL Kilometer Indonesia ini.

Bila berdasarkan hukum, tentu saja Pulau Weh adalah yang terbarat. Selain sudah ada lagunya, juga sudah ada monumen dan prasasti pengesahan oleh mantan Wakil Presiden RI yaitu Bapak H. Try Sutrisno.

Bila berdasarkan lokasi pada garis bujur, tentu saja Pulau Breueh adalah Pulau terbarat di Indonesia. Karena sebelah baratnya sudah tidak ada pulau lain lagi.

Bila berdasarkan jarak dengan perbatasan dengan negara tetangga, menggunakan perhitungan jarak lurus ke Pulau Great Nicobar, maka Pulau Rondo adalah yang terbarat berbatasan dengan negara India.

 

Apakah Anda memiliki pendapat lain? Mari kita diskusikan πŸ˜€

 

Tambahan saja, setelah melihat citra satelit di atas terus ada yang meninggalkan komentar kalau bumi itu datar. Bagi yang meningkalkan komentar bahwa bumi itu datar maka komentar tersebut akan saya hapus, ahahaha >.<

16 COMMENTS

  1. Huahuahua panjang banget. Kalau orang awam kayak aku emang bingung, mas πŸ˜€
    Tapi aku setuju dengan simpulan terakhir kalau membaca tulisan di atas dengan rinci.
    Terpecahkan sudah penasarannya ahahahah.

    • iya, tiap orang biaa punya pendapat yang berbeda-beda…
      kalau mau yang ada bukti otentik berupa sertfikat ya ke Sabang aja πŸ˜€

  2. Wih, analisisnya mantap. Kalau saya lebih cenderung memandangnya Pulau Breueh ya, soalnya secara letak astronomis ya pulau itu yang paling barat. Cuma Sabang ditetapkan sebagai titik nol menurut saya (bisa saja salah), mungkin karena ia satuan administrasi setingkat kota yang letaknya paling barat–di Pulau Breueh itu ada penghuninya nggak sih, Mas? Mana pun yang nanti jadi paling barat, saya belum pernah ke semuanya, huhu. Semoga suatu hari nanti bisa ke Sabang, hehe.

  3. Baca dari awal, dikesimpulan baru paham bahwa titik nol km itu dilihat dari berbagai sudut pandang. Hmm, mungkin penentuan Sabang sebagai nol km, alasan tambahannya saat itu seperti komentar Gara diatas. Mungkin.

    • Bisa jadi seperti itu juga Mba, di Sabang itu sinyal operator sudah 3G saat tahun 2012 saya ke sana πŸ˜€
      Memang status kotamadya tersebut juga membuat perkembangan di sana juga berorientasi terhadap pariwisata.

  4. Sebentar aku gak bahas tentang titik nol nya ya. Tapi pulau Klah, Rondo, Rubiah, seulako dan Great Nicobar ini pulaunya berpenghuni ? Kalo kesana (Rondo) ada penginapan gak ya? Btw, bisa dong dari Sabang nyebrang ke India ( pulau great nicobar) seperti dari Batam ke Singapore dan Dumai ke Melaka gitu..?

    • Great Nicobar (India) itu berpenghuni setahu saya,
      Sedangkan pulau yang disebutkan lainnya tidak berpenghuni (setahu saya saat ke Sabang), kecuali Rubiah yang memang ada sebuah resort.

      Penyebrangan bebas sepertinya tidak tersedia karena memang bukan jalur utama pelayaran. Mungkin juga beresiko karena kita bisa diindikasi melewati batas perairan negara tetangga.

Leave a Reply