Review dan Pengalaman Memakai Cozmeed Chumbu Step X60 Untuk Pendakian Gunung

 

Sebagai produsen lokal untuk beragam produk untuk kegiatan luar ruangan, Cozmeed (dulunya Cartenz) inovatif sekali dalam mengembangkan produknya. Lihat saja jajaran produknya yang sangat bervariasi antara satu seri dengan seri lainnya. Kali ini saya akan melakukan review dan berbagi pengalaman menggunakan tas carrier Cozmeed Chumbu Step x60 setelah menggunakannya beberapa waktu.

 

Cozmeed Chumbu X60
Cozmeed Chumbu Step X60 dalam bentuk ideal

Gambar di atas saya dapatkan dari website resmi cozmeed. Tampilan ketika tas ini terisi penuh sehingga terlihat dimensi yang sebenarnya.
Tas cozmeed chumbu step x60 ini saya dapatkan dengan harga 560.000 setelah mendapat diskon 20% dari harga semula sebesar 699.000

 

1. Bahan dan Material

Sepengetahuan saya, tas saya ini adalah generasi kedua dari tiga generasi Tas Carrier Cozmeed Chumbu Step X60 yang beredar di pasaran. (1) seri pertama bahannya adalah condura di semua bagian, terasa berat namun kuat dan handal. (2) seri kedua merupakan seri yang saya miliki, bagian bawah berbahan kondura, namun sebagian besar bagian lainnya adalah ripstop (atau ripstock / gak taulah apa nama aslinya, ehhehe) yang terasa halus dan lembut, tujuannya untuk membuat tas ini lebih ringan dan bisa mengahalau kucuran air ringan. (3) seri ketiga ketika saya menemukannya masih mengandalkan bahan condura pada bagian bawahnya, namun kualitas ripstop yang digunakan sedikit kasar dan kaku dibandingkan seri kedua. Saya tidak tahu apakah lebih baik seri kedua ata seri ketika dalam hal penggunaan material ripstop tersebut.

Cozmeed Chumbu X60
Cozmeed Chumbu step X60 dibawa oleh Istri saya saat melakukan pendakian gunung prau via wates

Busa yang digunakan jujur saja, terasa tipis, walau tidak setipis kebanyakan tas carrier merek A****h. Terasa keras juga, sehingga saya sering merasa kesemutan pada bagian pundak ketika membawa beban berlebih. Sempat berfikir untuk melakukan modifikasi berupa penambahan bantalan pada busa bagian pundak tersebut. Busa yang digunakan sudah dilapisi lapisan jaring untuk membantu sirkulasi udara, menambah suspensi, serta menambah daya cengkram ketika digendong.

 

2. Nama

Chumbu merupakan nama sebuah desa yang berada di Tibet. Desa ini memiliki ketinggian 4871 mdpl, lebih tinggi dari puncak cartenz. 😀

 

3. Desain

Unik, itulah pertama kali saya mengetahui tas carrier Cozmeed Chumbu step X60. Ada 3 hal mencolok yang saya menjadi perhatian saya pada tas ini.

Baca Juga :  Bromo, Bukan Sunrise Tujuanku

(1) Coba saja anda lihat ketika tas ini saya jabarkan bagian atasnya. Tanpa tudung sama sekali, seperti bentuk bagian atas dry bag. Sistem menutupnya bisa digulung kemudian di kunci dari samping, atau cukup ditutup saja seperti pada gambar berikut :

Cozmeed Chumbu X60
Bagian atasnya bisa dikunci seperti ini untuk alternatif penguncian

 

Cozmeed Chumbu X60
BIla bagian atas digulung, kemudian dikunci agar tidak terbuka.

(2) Tas bisa dibuka dari depan, mirip seperti koper. Sangat menudahkan untuk mengambil barang tanpa membongkar muat semuanya.

 

(3) Bentuk yang melengkung, tidak berbentuk tabung seperti tas carrier pada umumnya. Bertujuan untuk memudahkan adanya sirkulasi udara pada bagian punggung anda ketika menggendong tas ini. Untuk pembawa matras gulung, bisa disisipkan pada bagian samping, atau bisa beralih ke matras aluminium yang lebih ringan dan bisa dilipat kecil serta lebih ampuh menghalau dingin.

 

4. Bagian Dalam

Terdapat sebuah sekat untuk memasukkan laptop atau dokumen yang cukup besar, lebih besar dari ukuran A4 namun kurang dari A3.

 

5. Bagian Luar

Bagian luar ada 4 bagian yang saya soroti,
(1) pada bagian atas, ada sebuah saku kecil yang bisa anda gunakan untuk memasukkan benda yang tidak lebih besar dari tabung gas kecil.

Cozmeed Chumbu X60
Tanpa tudung, unik dan cukup praktis

(2) terdapat sebuah saku lagi yang pintu masuknya kecil, namun bagian dalamnya seluas kertas A4. cukup untuk memasukkan beragam benda tipis dan lebar pada bagian ini

(3) Sebuah tali yang bisa Anda gunakan untuk memasang trekking pole, sehingga bisa terkunci bagian atas dan bawahnya.

Cozmeed Chumbu X60
Anda bisa memasukan trekking pole pada bagian ini, juga tali temali

(4) 2 buah susunan tali yang beruas, digunakan untuk menempatkan beragam jenis tali bila tidak muat di dalam tas. Bila anda sering melakukan kegiatan wall climbing atau rapling, tas ini cocok sekali.

Cozmeed Chumbu X60
Ruas tali ini berguna untuk membawa beragam macam jenis benda, semisal tali atau botol air yang dicantolkan dengan karabiner

 

6. Rangka yang Digunakan

Terdiri dari 2 buah rangka lembaran besi yang tipis, tidak bisa dilepas. Menurut saya keberadaan rangka ini terkesan kurang dipersiapkan secara baik, karena fungsi utamanya adalah membuat bentuk tas ini melengkung ke belakang, namun karena tekanan balik logam, maka rangka ini malah bisa melengkung ke belakang.

Cozmeed Chumbu X60
Rangka yang sejajar dan paralel, rasanya desainnya kurang tepat untuk menjaga titik pusat beban

 

7. Strap Dada

Posisi strap bagian dada bisa Anda sesuaikan ketinggiannya dengan kenyamanan anda. Terdapat sebuah peluit yang bisa Anda gunakan untuk keadaan darurat, serta ada 2 buat lubang untuk mengaitkan sesuatu dengan bantuan carabiner.

Baca Juga :  Tanam Pohon di Kedah Bersama Mr. Jali dan Polisi Hutan Taman Nasional Gunung Leuser
Cozmeed Chumbu X60
Menyertakan peluit untuk keadaan darurat, bukan untuk jaga parkiran ya!!

 

Cozmeed Chumbu X60
Sangat berguna untuk menopang beban bagian atas dan serasa suspensi sederhana

 

8. Strap Pinggang

Ada 2 buah saku beresleting yang bisa anda gunakan untuk menyimpan sesuatu pada masing-masing sisi. Juga model tarikan tali yang berpusat di belakang, mempermudah ketika pengaturan tingkat kekencangan pada bagian pinggang anda ketika digunakan.

 

Cozmeed Chumbu X60
Ada saku di strap pinggang, juga bentuk strap yang bertumpu pada bagian dalam, memudahkan untuk mengatur seberapa jangkauannya

 

9. Resleting

Berkualitas nomor satu tingkat dunia, yaitu merek YKK. Terasa halus dan tanpa macet di setiap gerakannya. Juga sudah terdapat tali pada kepala resleting untuk mempermudah ketika menariknya, hanya saja tali tersebut perlu penalian ulang agar tidak mudah terlepas.

Cozmeed Chumbu X60
merek YKK, sangat terasa kualitas nomor satunya

 

10. Jumlah Pintu

Seperti disebutkan pada bagian desain, terdapat dua buah pintu. Bagian tas yang ditutup dengan cara dilipat dan bagian depan yang ditutup dengan resleting.

 

 

11. Bagian Atas

Memang tidak menggunakan tudung seperti kebanyakan carrier, namun pada tas carrier Cozmeed Chumbu Step X60 ini masih tetap menyematkan sebuah kantong dengan jaring yang tertutupi resleting.

Cozmeed Chumbu X60
Lumayan luas, juga ada 2 buah kepala resleting

 

12. Lubang Selang Air

Ada lubang yang bisa anda gunakan sebagai tempat keluar selang air apabila anda memasukkan hidropack dalam tas ini. Lubang tersebut ditandai dengan tulisan H2O yang terlihat terang.

 

 

13. Saku Samping

Ada dua buat saku dengan baha jaring yang terdapat pada tas ini. Semuanya disematkan sebuah tali yang bisa diatur diameternya, sehingga memastikan posisinya terkunci rapat. Saku ini bisa dimasuki oleh matras karet gulungan yang tebal asalkan ketika menggulung dengan lubang tengah yang hampir tidak ada.

Cozmeed Chumbu X60
Saku ini menyematkan penjepit elastis yang sangat berguna

 

14. Rain Cover

Terdapat tempat untuk rain cover pada bagian bawah tas ini, dalam paket pembelian kita akan mendapatkannya. Belum ada semacam tempat untuk mengikat rain cover ini agar tidak terlepas, bahannya setahu saya adalah taslan, yang bersifat seperti daun talas ketika terkena air hujan dalam curah kecil. Ada lubang kecil pada bagian bawah rain cover yang saya dapatkan, sehingga bisa mengeluarkan air yang tidak sengaja masuk ke dalam rain cover.

Baca Juga :  Golden Story & Golden Sunrise Saat Pendakian Gunung Sinabung
Cozmeed Chumbu X60
Tempat rain cover berada pada bagian bawah , rain cover sudah termasuk dalam paket pembelian

 

15. Ukuran

Walaupun disebutkan berukuran 60 liter, namun menurut saya tas ini multi ukuran. ketika bagian atasnya anda lipat penuh, maka terasa seperti ukuran 40 liter. Bila anda gunakan hingga bagian atas hingga penuh memang sepertinya bisa mencapat 60 liter, namun konsekuensinya adalah kesulitan menutup bagian atas.

Cozmeed Chumbu X60
Berisi beban maksimum, sampai bagian atas, 60 liter.

 

Cozmeed Chumbu X60
Saya lipat hingga lipatan terendah, memuat sekitar 40 liter

 

16. Garansi

Pihak Cozmeed menyediakan garansi (lupa berapa lama), namun saya kurang paham apa saja yang masuk ke dalam garansi tersebut. Untuk klaim garansi bisa menuju ke gerai resmi Cozmeed yang terdekat di kota anda.

 

 

 

Cozmeed Chumbu X60
Telah menemani saya menyelesaikan 7 puncak di Jawa Tengah

 

KEKURANGAN MENURUT SUDUT PANDANG SAYA

Tas carrier Cozmeed Chumbu Step X60 ini memang memiliki beragam fitur unik yang sangat berguna dalam beragam kondisi kegiatan luar ruangan, namun menurut saya ada saja hal yang kurang dari tas ini. Berikut kekurangannya menurut saya :

  1. Busa terlalu tipis, kurang cocok untuk pendaki yang memiliki daging tipis pada bagian pundak seperti saya.
  2. Material rangka yang terlalu tipis dan memberikan tekanan balik untuk arah lengkungannya.
  3. Tali pada bagian atas tas yang terlalu pendek ketika akan digunakan untuk mengunci gulungan bagian atas bila muatan tas terlalu penuh.
  4. Ketiadaan tempat untuk meletakkan hidropack, harus tercampur menjadi satu di dalam ruang utama.
  5. Kurang cocok untuk pendakian dalam waktu lama karena keterbatasan jumlah barang yang bisa dimasukkan. Hal ini memaksa saya untuk beralih ke ultralight hiking dengan melakukan upgrade beberapa peralatan pendakian saya.

 

Saya merasa mungkin tas Cozmeed Chumbu Step X60 ini lebih cocok untuk light hiking atau backpackeran di kota, sangat terasa praktis dnegan beragam fiturnya. Bila untuk pendakian normal sepertinya karena ukurannya yang hanya 60 liter, rasanya kurang cocok apabila digunakan sebagai tas utama.

Sekian review dari saya setelah menggunakannya dalam beberapa pendakian. Tulisan di atas murni atas pengalaman saya, sehingga akan sangat subyektif dalam penjabarannya. Tanpa ada paksaan maupun sokongan sponsor saya menulis ini untuk membantu anda yang sedang mencari rekomendasi tas ukuran 60 liter atau berniat menimang tas ini.

Salam.

3 COMMENTS

  1. Bolehnih reviewnya, saya sudah lama banget ga nenteng carrier, bakal jadi reverensi lumayan jika anak lanang memerlukannya beberapa waktu ke depan.

Comments are closed.