Cleaning Sensor Sony Alpha 230

145
views

PERHATIAN

Berikut ini saya tidak betanggung jawab atas kerusakan peralatan anda karena mengikuti langkah saya. Resiko anda tanggung sendiri dan anda sudah paham mengenai hal-hal yang berhubungan dengan hal tersebut.

Pernahkah anda memotret dan kemudian melihat gambar anda selalu ada noda atau bercak dengan ukuran dan posisi yang sama secara terus menerus pada frame digital anda?
Bisa jadi itu adalah jamur atau debu yang menempel baik di lensa atau di sensor kamera anda. Kali ini saya merasakan hal yang serupa, yaitu ketika saya membeli sony alpha 230 dalam kondisi bekas yang saya lupa tidak mengecek kondisi sensor dan lensanya, padahal itu siang hari dan entah kenapa saya bisa lupa. Tergiur harga murahnya mungkin sehingga saya lupa jika barang dalam kondisi bekas harus diperiksa secara lebih ekstra.

Singkat cerita saja sebegitunya saya bawa pulang ke kos, kemudian saya jepret-jepret saja karena memang sudah lama tidak punya kamera, hahhaa.
Saya tersadar saat saya melihat hasil jepretannya di layar laptop. Ada beberapa titik berpola yang terlihat seperti debu dan jamur. Lekas saya lepas lensanya untuk melihat kondisinya secara lebih detail. Terlihat pada sensor kamera ada beberapa guratan yang terlihat seperti jaring tipis, itulah jamur yang sangat terlihat ketika kita menggunakan bukaan kecil. Pada lensa saya menemukan debu mikro dan memang saya kekurangan alat untuk membongkar lensa tersebut.

Hasil browsing pada google membawa saya ke beberapa halaman dimana banyak orang yang mengalami kejadian serupa, di mana mereka mendapati jamur pada lensanya namun tidak mendapati uang di dompetnya untuk biasa servis :D.

Baca Juga :  Mandi Kerikil Lebih Menegangkan Daripada Mandi Bola
Cleaning setnya

Tak berapa lama saya akhirnya nekat memutuskan untuk membersihkan sendiri dengan pertimbangan lebih murah dan cepat tanpa harus ngantri. Sepaket alat pembersih kamera merek KOKAI saya beli dengan isi sebagai berikut :

    • Blower untuk meniup debu.
    • Sapu untuk mempersihkan debu.
    • cairan pembersih.
    • kain perca yang saya tidak tahu namanya tapi biasa digunakan untuk membersihkan benda berbahan kaca atau gelatin.
    • cotton bud.
    • tissu lensa.
    • kantung untuk membawa semua peralatan di atas.
P1100944
Unboxing kokai clenaing set, wkekwewe

Satu hal yang sangat mendasari saya melakukan ini adalah bahwa saya mengetahui pada kamera Sony Alpha 230 ini melapisi bagian depan sensornya dengan hot mirror, sehingga bila terkena goresan maka yang tergores adalah hot mirror tersebut. Kamera lain setahu saya juga menggunakan lapisan lagi di atas sensornya. Namun tidak menutup kemungkinan juga bagi jamur untuk tumbuh diantara sensor dan hot mirror ini.

P1100946
Lensanya gak masuk fokus

nah setelah semua peralatan siap, maka saya melakukan hal-hal berikut ini pada Sony Alpha 230 :

  1. Mengisi materai sampai penuh, karena apabila baterai tidak penuh, maka mode cleaning dari kamera tidak akan bisa diaktifkan.
  2. Mengaktifkan mode cleaning dari pengaturan kamera untuk mengangkat cermin diagonal di depan lensa.
  3. Lepas lensa dan carilah tempat yang tidak banyak debu beterbangan.
  4. Selalu usahakan sensor anda menghadap ke bawah atau LCD kamera menghadap ke atas.
  5. Bersihkan debu yang ada di dalam kamera dengan menggunakan blower dengan tetap kamera menghadap ke bawah. Jangan sampai ujung blower masuk ke dalam bodi kamera, untuk menghindari ujung blower tersebut membentur sesuatu di dalam bodi kamera.
  6. Setelah di blower sampai puas, cobalah mengambil gambar, siapa tahu memang hanya debu saja yang menempel.
Baca Juga :  10 Tips Lengkap Memilih Tenda Gunung
P1100947
Penampakan sensor yang jamuran

Jika dengan cara di atas tetap belum bisa membersihkan sensor, maka silahkan coba cara kedua, namun lakukanlah dengan berhati-hati dan pengetahuan anda mengenai bagian dalam kamera haruslah cukup.
Baiklah segera setelah menggunakan cara di atas belum bisa, maka gunakanlah cara berikut :

  1. Setelah di blower, maka siapkanlah peralatan berupa cotton bud dan cairan pembersih.
  2. Tekuk bagian ujung cotton bud membentuk L, agar selaras dengan permukaan sensor.
  3. Semprot atau oleskan cairan pembersih pada ujung cotton bud tersebut.
  4. Sapukan ujung cotton bud tersebut dalam satu garis tanpa putus hingga menyapu seluruh area permukaan sensor.
  5. Jangan terlalu kuat dan terlalu lemah menekannya, anda akan bisa merasakan tekanan seperti apa yang pas untuk mengusapkan ujung cotton bud tersebut.
  6. Setelah selesai satu kali oleh, diamkan dengan tetap menghadap ke bawah dan semprot kembali dengan blower agar cepat kering dan menyingkirkan debu-debunya.
  7. Cobalah kembali mengambil gambar, lihatlah hasilnya, jika belum, ulangi lagi, jika sampai 3-4 kali tetap tida ada perubahan, maka kemungkinan terdapat jamur yang menempel diantara hot mirror dan sensor anda.
  8. Jika no 7 terjadi, maka lebih baik anda bawa ke tempat service, ya daripada sensor anda mengalami kerusakan, kan sayang.
P1100949
Kosong kosong kosong, wehwehweh

salam bersih-bersih.

tetap lakukan dengan resiko sendiri dan hati-hati ya, jangan lupa berdoa.

Ambil hanya informasi, tinggalkan hanya komentar. Silahkan berbijak hati untuk mengisi kolom komentar. Salam