Sebagai orang tua, saya harus membiasakan memberi contoh yang baik kepada anak saya. Salah satunya adalah tentang bagaimana menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sebagaimana kita tahu bahwa kelak gigi susu pada usia anak-anak akan tanggal dan tergantikan dengan gigi permanen. Namun menjaga kesehatan gigi susu juga akan turut menjaga kesehatan gusi juga, yang mempengaruhi pertumbuhan gigi permanen.

Membiasakan gosok gigi kepada anak sebenarnya adalah hal yang mudah, kuncinya adalah pada kehadiran orang tua ketika mendampingi anak gosok gigi. Namun kehadiran saja tidaklah cukup, Anda bisa mengikuti 5 tips yang biasa saya lakukan ketika membiasakan gosok gigi kepada anak. Apa saja 5 tips tersebut? Mari kita simak di bawah ini.

Gosok Gigi Bersama

Selain menjadi quality time bersama anak, kebersamaan ketika menggosok gigi juga menghadirkan rasa nyaman pada anak karena merasakan adanya perhatian dari kita selaku orang tua dan melatih kedisiplinan waktu. Waktu gosok gigi bersama bisa dilakukan pada saat setelah sarapan dan sebelum tidur, waktu tersebut adalah waktu paling ideal karena merupakan prime time di dalam sebuah keluarga.

Gosok Gigi di Depan Cermin

Cermin memudahkan kita untuk melihat cara anak gosok gigi, sehingga bisa memantau bagian mana saja yang belum dibersihkan. Selain itu, dengan cermin anak juga lebih mudah untuk mencontoh cara kita dalam menggosok gigi. Cermin juga melatih anak untuk mengekspresikan raut wajahnya, sehingga bisa membiasakan anak agar lebih percaya diri ketika harus berbicara di depan umum. Pastikan memberikan pencahayaan yang baik di depan cermin agar lebih baik.

Baca Juga :  Langkah dan Cara Beli Bitcoin dengan PayPal yang Mudah

Biarkan Anak Memilih Sikat Gigi dan Pasta Gigi Sendiri

Ajarkan anak membuat keputusan sendiri, salah satunya adalah ketika memilih sikat gigi dan pasta gigi ketika kita ajak ke supermarket. Biarkanlah ia bergerak naik turun, menengok ke kiri dan kanan, hingga membandingkan 2 jenis sikat gigi di tangan kanan dan kirinya. Cara seperti ini melatih anak untuk berpikir terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan. Memang sepertinya seperti hal yang sepele, namun anak akan merasakan kebebasan dan merasa dihargai.

Ajak Anak Bercerita

Gosok gigi adalah kegiatan yang bisa selingi dengan kegiatan bercerita. Anda bisa bercerita tentang hal apa pun kepada anak ketika sedang gosok gigi. Pilih saja cerita pendek tentang fabel, atau fakta-fakta sains ringan yang menstimulasi rasa ingin tahu anak. Sebisa mungkin untuk memberikan pesan-pesan kehidupan kepada anak ketika momen ini, seperti pesan untuk membantu orang tua, selalu bersyukur, menghormati guru, bersikap santun. Selain itu, mengajak anak bercerita juga bisa menambah kosa kata anak yang membuat anak lebih mudah untuk mengungkapkan hal-hal yang ada di pikirannya.

Puji Kebersihan Gigi Anak

Memberikan anak pujian menggambarkan sebuah penghargaan atas apa yang telah dilakukan oleh anak. Anak akan merasa bahagia karena hasil kerjanya diperhatikan dan dihargai oleh orang tuanya, membuat anak untuk selalu bersemangat menggosok gigi bersama. Kelak anak kita juga akan memiliki kebiasaan untuk memuji hasil kerja orang lain.

Baca Juga :  4 Manfaat Kaldu Jamur

Jadi, dalam membiasakan gosok gigi kepada anak bukanlah hal yang sulit bukan? Sebagai orang tua kita harus memberikan segala yang terbaik untuk anak kita, termasuk waktu dan perhatian yang akan diingat selalu oleh anak kita hingga kelak mereka tumbuh dewasa. Gosok gigi rutin membiasakan kedisiplinan akan kebersihan untuk diri sendiri. Kita tidak akan selamanya mendampingi anak kita, kita hanya mampu untuk meninggalkan kebiasaan baik yang bisa dicontoh anak kita untuk kehidupannya.

Tetaplah semangat dalam menjadi orang tua yang baik untuk buah hati Anda. Salam

0 Shares:

Ambil hanya informasi, tinggalkan hanya komentar. Silahkan berbijak hati untuk mengisi kolom komentar. Salam

You May Also Like