Bayang-bayang masa lalu bisa hadir kepada siapa saja dan juga dari siapa saja. Tak terkecuali dari bayangan mantan yang tiba-tiba saja hadir tanpa diundang, namun sulit untuk pergi.

Putus cinta memang terasa menyakitkan, namun terlarut-larut dalam perasaan hati yang patah malah akan membuat hidupmu semakin kacau. Segera bangkit dan berjalan untuk menjalani hari dan meraih mimpi.

Walaupun sempat merasa dunia seperti akan berakhir ketika dia sudah tidak menjadi milikmu lagi, namun coba ketahui bahwa bukan hanya dirimu yang pernah merasakan patah hati.

Cara melupakan mantan berikut ini sudah terbukti berhasil dan juga ampuh untuk membuat mantan menyesal telah meninggalkan dirimu.

1. Kembali mengenali diri sendiri

Sebaik-baiknya kita mengenal orang, belum tentu kita tahu tentang orang tersebut secara mendalam. Begitu juga ketika kita mengenali diri kita, ada beberapa hal yang mungkin harus kamu kenali lebih dalam. Apa saja kebutuhan dirimu, baik jasmani dan rohani. Apa yang diinginkan oleh dirimu, baik untuk sekarang ataupun masa depan. Apa yang dirasakan oleh dirimu, sakit atau bahagia.

2. Beri waktu untuk luka yang ada

Walaupun luka ketika sembuh akan meninggalkan bekas, namun setidaknya kita sudah tidak merasakan sakit yang sama ketika pertama kali luka tersebut tercipta. Waktu adalah obat terbaik untuk semua luka, tinggal bagaimana kita meracik waktu agar menjadi obat yang tepat untuk luka yang ada

Baca Juga :  Cegah osteoporosis dengan konsumsi 5 makanan ini

3. Tutup semua jalur untuk melihat dirinya lagi

Block semua profil media sosialnya, nomor ponsel, dan juga mungkin foto-fotonya yang mungkin masih tertempel di dinding kamarmu. Jangan sediakan celah pandanganmu untuk secara tak sengaja melihat kembali dirinya, karena itu bisa memicu berbagai kenangan bersamanya, juga bersama luka yang juga ia berikan kepadamu.

4. Sibukkan dirimu dengan mimpimu

Mungkin juga kamu perlu sejenak merebahkan diri di rerumputan yang menghijau, melihat langit untuk kembali apakah ada mimpimu yang sempat tertunda, terlupakan, atau bahkan tenggelam saat ini? Baik mimpi besar ataupun mimpi kecil, semua memiliki hak yang sama untuk bisa kamu wujudkan, semua memiliki peran yang sama dalam berkembangnya dirimu menjadi pribadi yang lebih baik dari hari kemarin.

5. Bepergian ke tempat yang baru

Sesuatu yang baru selalu memberikan pengalaman yang baru, termasuk pergi ke suatu tempat yang sebelumnya belum pernah kamu datangi. Tempat yang baru akan memberikan perspektif baru yang akan memberikanmu sebuah pelajaran hidup yang baru, kembali melatih diri agar bisa lebih bersahabat dengan semesta.

6. Cari hobi baru yang membuatmu lebih produktif

Hobi yang baik bukanlah hobi yang bisa mendatangkan uang, namun adalah hobi yang bisa membuatmu bisa lebih mengaktualisasikan diri untuk lebih baik dari hari kemarin. Hobi bisa mendatangkan sebuah perasaan bahagia dan kepuasan yang bisa kamu gunakan untuk kembali menjadi lebih produktif, lebih aktif, lebih bijak dalam menghadapi beragam masalah dalam kehidupan sehari-harimu.

Baca Juga :  Panduan Pemasaran Fashion : Bagaimana Memulai dari Awal

7. Habiskan waktu bersama keluarga

Keluarga adalah tempat kita berpulang, meletakkan segala beban yang kita pikul, saling berbagi makna kehidupan. Kesedihan dan kebahagiaan kerap kita alami secara bersamaan dalam tempat yang kita sebut rumah. Tidak ada yang lebih baik saat hujan dari pada sebuah secangkir teh hangat di dekat jendela saat kondisi hujan sembari bercerita tentang bagaimana harimu berjalan kepada keluargamu.

8. Sediakan ruang untuk memaafkan

Bagaimanapun, di kemudian hari mungkin semesta akan mempertemukanmu kembali dengan dirinya tanpa sengaja. Dewasalah dan berbiasalah dengan menyediakan ruang maaf untuk segala luka-luka yang sempat ia torehkan. Tak apa hanya sekedar melempar senyum, itu akan membuat harimu lebih baik karena tidak akan membuka luka yang kini telah tertutupi oleh kebijaksanaan dirimu memaafkan dirinya.


Semua perlu waktu dan juga perlu keteguhan hatimu untuk menghadapi hari-hari setelah tidak bersamanya. Tidak perlu risau, tidak perlu juga untuk terlarut-larut dalam kenangan bersamanya. Ingat, mantan bukan pahlawan nasional, jadi tidak perlu di kenang. hehehe

0 Shares:

Ambil hanya informasi, tinggalkan hanya komentar. Silahkan berbijak hati untuk mengisi kolom komentar. Salam

You May Also Like