Semakin bertambah usia maka semakin berkurang juga kepadatan tulang kita, hal tersebut membuat pengeroposan tulang yang biasa kita kenal dengan sebutan osteoporosis. Secara medis, osteoporosis dapat kita hindari dengan memberikan nutrisi, gizi, vitamin, dan juga mineral yang diperlukan oleh tulang kita.

Pada masa kecil, saya masih ingat pesan dari guru olahraga saya. Beliau menyampaikan agar seringlah beraktivitas di bawah sinar matahari pagi, agar tubuh kita mendapatkan vitamin D dari sinar matahari. Salah satu fungsi vitamin D adalah agar proses penyerapan kalsium dalam berjalan dengan baik.

Untuk bisa mendapatkan kalsium, ada beberapa makanan yang bisa kita konsumsi setiap hari. Makanan ini tentu saja mudah kita dapatkan di sekitar kita. Apa sajakah makanan itu? Mari kita simak makanan untuk cegah tulang keropos berikut ini :

1. Susu

Masih ingat kan ya kalau semasa kecil disarankan minum susu pada pagi dan malam hari menjelang tidur. Susu adalah sumber kalsium terbaik dari alam. Selain susu, produk olahan susu juga bisa kita konsumsi, seperti keju, roti susu, es krim susu, dan lainnya. Minum susu bisa dilakukan oleh anak kecil, dewasa, bahkan oleh orang tua untuk memberikan asupan kalsium terbaik untuk tulang.

2. Ikan

Dari segala jenis ikan, ada 2 jenis ikan yang mudah kita temui dan juga memiliki nutrisi yang baik untuk tulang, yaitu ikan sarden dan ikan salmon. Kandungan Omega-3 dan vitamin D sangat baik untuk pertumbuhan dan menghindari pengurangan kepadatan tulang. Jika jauh dari laut, maka ikan air tawar juga bisa dikonsumsi. Selain itu, ikan juga mengandung protein yang baik untuk masa pertumbuhan.

Baca Juga :  Mau Terjun ke Dunia Trading Kripto? Indodax atau Luno?

3. Sayuran Hijau

Selain mengandung zat besi, sayuran hijau juga mengandung vitamin B kompleks yang baik untuk menjaga kondisi tulang agar kuat dan mempertahankan kepadatan tulang. Mengonsumsi sayuran hijau secara rutin dan bervariasi sangat disarankan untuk mencegah osteoporosis. Perlu diperhatikan juga bilamana memasak sayuran hijau agar tidak terlalu lama dan juga jangan dihangatkan untuk disajikan kembali. Masaklah sayuran hijau secara tepat agar kandungan nutrisi tidak berkurang atau bahkan hilang

4. Kacang Kedelai

Kita sangat dekat dengan kacang kedelai maupun makanan olahan dari kacang kedelai. Contohnya adalah tempe, tahu, dan juga susu kedelai. Pada beberapa balita, susu kedelai bisa dijadikan sebagai alternatif bagi mereka yang alergi dengan protein hewani. Pada kacang kedelai terdapat kandungan Vitamin B, Vitamin C, vitamin D, dan vitamin E.

5. Gandum

Selain mengandung vitamin yang dibutuhkan oleh tulang, gandum juga memiliki zat kalium. Zat kalium juga termasuk zat yang penting untuk membuat tulang menjadi kuat. Produk hasil olahan gandum bisa dengan mudah ditemui di sekitar kita. Seperti roti, mi instan, dan oat.

_____________________

Selain mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi dan memiliki nutrisi yang baik untuk tulang. Juga wajib diperhatikan mengenai aktivitas fisik, seperti berjemur, berolahraga, ataupun juga gerakan fisik ringan. Gerakan fisik akan membuat metabolisme tubuh berjalan dengan baik di mana penyerapan kalsium dan vitamin lainnya bisa diserap secara maksimal.

Baca Juga :  Pengajuan KTA Online Bisa untuk Beli Gorden Baru, Lho!

Mari sayangi tulang mu saat ini, bagaimana pun juga tulang adalah bagian tubuh yang sangat penting dan harus kita jaga agar masa tua kita terhindar dari osteoporosis. Walaupun sudah ada tindakan medis untuk mengobati osteoporosis, namun akan terasa lebih bijak jika kita mencegah osteoporosis sejak ini.

Mari kita hidup sehat agar bisa tetap menebarkan manfaat bagi orang di sekitar kita.

0 Shares:

Ambil hanya informasi, tinggalkan hanya komentar. Silahkan berbijak hati untuk mengisi kolom komentar. Salam

You May Also Like