Memiliki rooftop di rumah tentunya akan menjadikan hunian semakin nyaman. Rooftop adalah ruangan di atap rumah yang bisa digunakan untuk bersantai atau beristirahat baik sendiri maupun bersama keluarga. Itulah mengapa banyak pemilik rumah yang menyulap bangunan atapnya menjadi rooftop. 

Kini makin banyak orang yang ingin memanfaatkan atap rumahnya untuk menjadi rooftop yang asri dan nyaman. Namun keinginan untuk membuat rooftop kerap terkendala lantaran biaya yang harus dikeluarkan cukup menguras kantong. Jika Anda mengalami hal ini, mengajukan pinjaman KTA bisa menjadi solusinya. 

Dengan mengajukan pinjaman KTA dari bank, Anda bisa mendapatkan tambahan modal untuk membuat rooftop. Mungkin Anda sudah tidak sabar untuk mewujudkan rooftop impian keluarga Anda. Namun sebelum itu, Anda perlu tahu tips membuat rooftop yang asri dan nyaman.

Tips Membuat Rooftop Garden di Rumah

Dengan memiliki rooftop di rumah, Anda dan keluarga jadi punya tempat tambahan untuk bersantai. Anda bisa duduk-duduk santai di rooftop sambil ngobrol atau makan bersama menikmati pemandangan dari atas rumah. 

Membuat rooftop tidak harus butuh lahan yang luas. Dengan area yang sempit atau tidak terlalu luas pun Anda juga bisa memiliki rooftop impian. Berikut ini beberapa tips untuk membuat rooftop di rumah. 

  1. Merencanakan Desain Rooftop

Dalam pikiran Anda pastinya sudah banyak ide-ide untuk membuat rooftop menarik sekaligus nyaman. Sebelum membuat rooftop pastikan Anda sudah punya gambaran desain rooftop

Misalnya Anda bisa membuat rooftop dengan konsep taman, bergaya pantai, atau lesehan. Jika ingin membuat rooftop berkonsep taman, Anda perlu banyak menaruh tanaman, bisa itu tanaman di pot bawah ataupun digantung. 

Supaya punya gambaran desain rooftop, Anda bisa mencari referensi di media sosial. Perhatikan, saat merencanakan desain rooftop jangan hanya mengikuti selera Anda. Tetapi Anda harus bisa merencanakan bagaimana ruangan yang ada dapat dimaksimalkan sebaik mungkin. 

  1. Memastikan Luas Ruangan
Baca Juga :  Berbagai Kelebihan Mobil Nissan Terra yang Harus Kamu Tahu

Apabila Anda sudah punya gambaran desain rooftop yang ingin dibuat, selanjutnya Anda perlu menyesuaikannya dengan luas space yang ada. Terlebih dahulu Anda perlu mengukur luas ruang di atap rumah Anda yang akan dijadikan sebagai rooftop

Selanjutnya sesuaikan desain rooftop rencana Anda dengan luas ruangan yang ada. Pastikan agar pembuatan rooftop tidak mengganggu bagian-bagian lain di atap rumah Anda, seperti akses tangga ke atap, kabel listrik, dan sebagainya. 

  1. Merencanakan Tata Letak Rooftop

Tips selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah merencanakan tata letak rooftop yang ingin Anda buat. Dari gambaran desain yang sudah ada, pastikan Anda menata rooftop Anda dengan rapi. Misalnya di mana Anda akan meletakan tanaman, penutup atas, kursi atau sofa, meja, dan sebagainya. 

Supaya rooftop terasa makin nyaman dan tidak membosankan, Anda perlu menata rooftop secara estetik. Pastikan posisi letak tanaman dan barang-barang di rooftop nampak estetik untuk dilihat. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan barang-barang atau hiasan lainnya untuk menambah kesan artistik. 

  1. Memilih Material yang Sesuai

Material yang akan digunakan untuk membuat rooftop juga penting untuk Anda perhatikan. Rooftop rumah Anda akan terkena panas dan hujan, sehingga Anda perlu memilih bahan yang tahan dari kedua kondisi itu. 

Salah satu yang penting Anda pertimbangkan adalah pemilihan decking. Perlu diingat bahwa tidak semua bahan decking cocok untuk dipasang di atap. Misalnya bahan PVC, vinyl, dan decking komposit cenderung rentan masalah dari paparan matahari. Jadi pastikan Anda memilih bahan decking yang cocok untuk pemasangan di atap rumah.

Selain itu, pastikan juga Anda mempertimbangkan material untuk lantai rooftop. Sebaiknya Anda memilih lantai dengan bahan yang tahan dari paparan cuaca panas maupun hujan. Anda juga perlu menyesuaikan lantai dengan konsep rooftop Anda, seperti memakai rumput sintetis, batu alami, atau kayu. 

Baca Juga :  Tipe-tipe Bunga Tabungan dan Cara Perhitungannya

Biaya Pembuatan Rooftop Garden di Rumah

Saat ini mungkin Anda penasaran berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat rooftop di atap rumah. Untuk mengetahui besaran biaya yang dikeluarkan, Anda perlu tahu material apa saja yang dibutuhkan dalam membuat rooftop. Berikut ini gambar estimasi biaya pembuatan rooftop.

  1. Material yang Dibutuhkan

Sebenarnya daftar material yang dibutuhkan akan menyesuaikan dengan rencana konsep rooftop yang ingin Anda buat. Namun umumnya ada tiga bahan yang dibutuhkan, yaitu alas lantai, tanaman, dan dekorasi. 

  • Alas Lantai: Ada beberapa pilihan alas lantai yang bisa digunakan sesuai dengan konsep rooftop Anda. Anda bisa menggunakan lantai kayu, lantai keramik, lantai batu alam, atau rumput sintetis atau alami. 
  • Tanaman: Ada beberapa tanaman yang bisa Anda pilih untuk menambah nuansa asri pada rooftop Anda, Misalnya memakai rumput, tanaman hias, atau pohon kecil. 
  • Dekorasi: Dekorasi untuk mempercantik dan memunculkan kesan estetik rooftop, bisa memakai beberapa jenis barang. Misalnya memakai pot bunga, lampu hias, kerajinan kayu, dan sebagainya. 
  1. Menghitung Biaya Membuat Rooftop

Setelah mencatat daftar material dan barang-barang yang dibutuhkan, selanjutnya Anda tinggal menghitung estimasi biaya yang harus dikeluarkan. Sebagai perumpamaan Anda punya luas ruangan 12 m x 8 m = 82 m2, yang akan digunakan untuk membuat rooftop. Maka berikut ini rincian penghitungannya:

a.Biaya Penutup Lantai

Misalnya Anda ingin membuat rooftop dengan konsep taman atau bergaya Eco Friendly menggunakan lantai decking kayu. Berikut daftar kebutuhannya:

  • Decking kayu merbau ukuran 1,9 x 1,9 x 100 cm = Rp.415.000/m2
  • Biaya bantalan: 25%
  • Biaya pemasangan: Rp145.000/m2

Untuk biaya pengerjaan penutup lantainya adalah sebagai berikut. 

  • Biaya penutup lantai (Rp451.000/m2 x 96): Rp43.296.000
  • Biaya bantalan (25% + Rp43.296.000): Rp10.824.000
  • Biaya pemasangan (Rp145.000 x 96 m2): Rp13.920.000
  • Biaya decking + pemasangan (Rp64.944.000 + Rp13.920.000): Rp78.864.000
Baca Juga :  Perdana Mencoba Layanan Samsat Keliling Banjarnegara

b.Biaya Lainnya

Biaya lainnya disini adalah untuk kebutuhan-kebutuhan lainnya, seperti tanaman hias, dekorasi, perabot, dan lainnya. Berikut ini daftar kebutuhan dan kisaran harganya.

  • Rumput: Rp85.000/m²
  • Tanaman hias =: Rp50.000/pcs
  • Pot mini: Rp17.000/pcs
  • Pohon kecil: Rp120.000/pcs
  • lampu hias: Rp450.000/pcs
  • Kursi: Rp350.000/pcs
  • Meja: Rp400.000/pcs

Untuk total biaya lain-lain yang harus Anda keluarkan adalah sebagai berikut.

  • Rumput (Rp85.000 x 20 m²): Rp1.700.000
  • Tanaman hias (Rp50.00 x 8 pcs): Rp400.000
  • Pot mini (Rp17.000 x 8 pcs): Rp136.000
  • Pohon kecil (Rp120.000 x 4 pcs): Rp480.000
  • Lampu hias (Rp450.000 x 2 pcs): Rp900.000
  • Kursi (Rp350.000 x 2 pcs): Rp700.000
  • Meja (Rp400.000 x 1 pcs): Rp400.000

Dengan acuan hitungan di atas, mulai dari material untuk lantai, pengerjaan, dan biaya lain-lain, maka total biaya yang harus Anda keluarkan sebesar Rp83.580.000. 

Menggunakan Pinjaman KTA untuk Modal Membuat Rooftop

Setelah membaca penjelasan di atas, Anda kini tahu berapa biaya untuk membuat rooftop. Membuat rooftop memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Supaya keinginan Anda memiliki rooftop di rumah bisa terwujud, Anda bisa memanfaatkan pinjaman KTA sebagai tambahan modal. 

Anda bisa mengajukan pinjaman KTA ke bank untuk mendapat tambahan modal membangun rooftop. Salah satu pinjaman KTA bunga rendah yang bisa Anda pilih adalah PermataKTA. Layanan KTA dari PermataBank ini memberikan pinjaman dana dalam jumlah besar hingga Rp300 juta. Pengajuan PermataKTA bisa Anda lakukan melalui aplikasi mobile banking PermataMobile X yang tersedia di Play Store dan juga App Store.

Ada berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan PermataKTA. Selain pinjaman hingga Rp300 juta, sejumlah kelebihan lain yang bisa Anda nikmati di antaranya tenor yang fleksibel hingga 5 tahun, bunga rendah dan kompetitif mulai dari 0.88%, besar angsuran tetap hingga akhir masa pinjaman, pembayaran secara autodebet, serta syarat dan cara pengajuannya yang mudah. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, Anda bisa mengunjungi laman https://www.permatabank.com/id/kta-retail/permatakta.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like