You are currently viewing Tipe-tipe Bunga Tabungan dan Cara Perhitungannya

Tipe-tipe Bunga Tabungan dan Cara Perhitungannya

  • Post author:
  • Post category:Life Style
  • Post comments:0 Comments
  • Post last modified:June 14, 2022
  • Reading time:5 mins read
sumber : https://www.freepik.com/free-photo/snapshot-brunette-woman-stylish-beige-jacket-white-tshirt-smiles-holds-smartphone-brick-wall-background_23928702.htm

Sebagai seorang nasabah dalam sebuah bank, mengetahui bunga tabungan merupakan salah satu hal penting untuk diketahui. Sebab, selain kegiatan menabung dilakukan untuk mendapatkan dana darurat ketika dibutuhkan secara mendadak. Dengan memahami jenis serta perhitungan yang tepat, Anda dapat memperkirakan keuntungan yang bisa didapat.

Bunga tabungan sendiri didefinisikan sebagai bentuk keuntungan yang diberikan oleh bank kepada seorang nasabah yang telah melakukan simpanan modal dalam kurun waktu tertentu. Hal ini dilakukan sebagai bentuk imbal jasa atas dana yang dimasukkan dalam sebuah program.

Namun, nilai yang diberikan tiap tahunnya mengalami perbedaan. Pada jenis tertinggi, Anda bisa mendapatkan hingga 1% dari modal yang diberikan. Keuntungan ini tentu memberikan banyak manfaat kepada Anda.

Selain itu, melakukan penabungan dalam sebuah bank juga akan membuat uang Anda menjadi lebih aman. Pasalnya, ruang dan sistem keamanan yang dimiliki lebih canggih dengan penjagaan ketat. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir terhadap hal buruk yang mungkin saja terjadi.

Tipe Tipe Bunga Tabungan

Berdasarkan jenis dan tipenya, bunga tabungan dibagi menjadi dua bentuk. Diantaranya bunga tabungan konvensional dan bunga tabungan deposito. Namun, penetapan persentasenya memiliki jumlah berbeda pada masing-masing bank.

Penjelasan terkait tipe dari bunga yang diberikan bank kepada nasabah. Dapat Anda simak secara rinci dalam pembahasan berikut ini :

1. Bunga Tabungan Konvensional

Tipe pertama dari bunga tabungan adalah konvensional. Jenis ini memiliki nilai tidak terlalu besar dibanding tipe lainnya. Biasanya pemberian bunga berlaku 1% pada tiap tahunnya. Meskipun sedikit, namun Anda tetap dapat menikmati keuntungan dari persentase yang didapat.

Baca Juga :  5 Tempat Kuliner Andalan di Jember, Sajikan Gudeg Pecel sampai Olahan Seafood

Pemberian bunga dilakukan oleh pihak bank sebagai ucapan rasa terimakasih kepada nasabah. Dimana berkat pemberian modal yang dilakukan oleh nasabah. Perusahaan berhasil memutar perekonomian menjadi lebih baik lagi.

2. Bunga Tabungan Deposito

Berikutnya terdapat bunga tabungan deposito yang juga menjadi produk dari tabungan sebuah bank. Deposito dinilai memberikan keuntungan nyata lebih besar dibandingkan jenis tabungan lain pada perusahaan bank.

Deposito sendiri merupakan jenis tabungan yang banyak dipilih oleh nasabah sebab keuntungan yang didapat sangat besar. Proses pengolahan dana juga dilakukan dalam jangka panjang, umumnya per 3 tahun sekali.

Namun, meskipun melakukan tabungan deposito Anda tetap bisa mengambil dana apabila dibutuhkan dalam waktu mendesak. Anda juga dapat mencairkan deposito dalam bentuk mata uang rupiah maupun mata uang asing.

Melakungan tabungan ini, Anda bisa mendapatkan bunga tabungan mulai dari 4% hingga 5%. Namun, untuk berhasil mendapatkan keuntungan besar tersebut Anda harus menyimpan uang dalam waktu yang telah disepakati di awal.

Cara Perhitungan Bunga Tabungan

Memantapkan hasil yang bisa diperoleh. Maka mengetahui cara perhitungan yang tepat akan memudahkan Anda dalam melakukan analisa. Beberapa cara perhitungan yang dapat Anda pilih sebagai berikut ini :

1. Perhitungan Sesuai Saldo Harian

Tips perhitungan ini dapat Anda lakukan untuk menganalisis keuntungan yang bisa didapatkan. Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu memastikan saldo harian, persentase bunga, dan jumlah hari yang akan dihitung untuk mendapatkan bunga tabungan sudah diketahui.

Baca Juga :  Pengajuan KTA Online Bisa untuk Beli Gorden Baru, Lho!

Contoh :

Saldo harian = Rp15 juta

Persentase bunga = 1,5%

Total hari = 1

Rumus perhitungan bunga tabungan = Saldo per hari x Persentase Bunga x Total hari/365

Maka, nilainya dari saldo harian sebesar Rp15 juta x 1,5% x 1/365 = Rp225.000 ribu.

2. Perhitungan Sesuai Saldo Terendah

Perhitungan saldo terendah dapat dilakukan dari data setiap bulannya saat Anda memasukkan dana ke dalam bank. Misalkan pada beberapa kali menabung, total terendah yang Anda masukkan adalah Rp11 juta. Bunga per bulan yang dijanjikan sebesar 1,5%. Dan total keseluruhan hari pada 1 bulan penuh.

Rumus perhitungan bunga tabungan = Saldo paling rendah x (Suku Bunga x Total hari dalam 1 bulan) / 365 hari

Maka, nilainya dari saldo harian sebesar Rp11 juta x (1,5% x 30) / 365 = Rp13.561 ribu.

3. Perhitungan Sesuai Saldo Rata-rata

Melakukan hitungan rata-rata dilakukan apabila Anda melakukan penabungan beberapa kali dalam 1 bulan.

Contoh :

Dana yang ditabungkan dilakukan sebanyak 3 kali dalam 1 bulan dengan total :

Rp60 juta pada 5 Februari, Rp30 juta pada 15 Februari, dan Rp5 juta pada 23 Februari.

Maka perhitungannya menjadi :

Saldo total = saldo yang masuk x jarak hari

= (60 x 1) + (30 x 10) + (5 x 8)

= 400

Rata-rata saldo = 400/28 hari = 14.285.714

Sedangkan perhitungan bunga tabungan

= Saldo rata-rata x ( suku bunga x jumlah hari per bulan) / 365

= 14.285.714 x (1,5% x 28) / 365

= Rp16.438

Sehingga, bunga tabungan dari rata-rata pemasukkan modal sebesar Rp16.438

Buka Rekening Bersama digibank by DBS

sumber : https://www.freepik.com/free-photo/beautiful-asian-woman-long-black-hair-portrait-white-sweater-with-happiness-smile-positive-thinking_25118399.htm

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mendapatkan bunga dari modal yang ditabung. Maka Anda harus buka rekening terlebih dahulu. Salah satu yang sangat direkomendasikan adalah digibank by DBS sebab mampu memberikan Anda beberapa keuntungan sebagai berikut :

Baca Juga :  Mengembangkan Dana Mulai dari Rp100 Ribu, Cuan Hingga 21%

1. Proses Pembuatan Tanpa Harus ke Bank

Keuntungan pertama dari buka rekening bersama digibank by DBS yaitu Anda dapat melakukan pembukaan secara online. Sehingga, meminimalisir waktu untuk berjalan ke kantor bank. Bisa dilakukan dari Aplikasi digibank by DBS.

2. Verifikasi Mudah Dilakukan

Kedua, proses verifikasi dapat dilakukan dengan mudah dengan menyiapkan e-KTP. Sebab, saat ini proses verifikasi bisa melalui face biometric sehingga lebih praktis hanya dari satu genggaman.

3. Gratis Biaya Transfer dan Tarik Tunai

Anda juga bisa memiliki akses gratis transfer maupun tarik tunai dari digibank by DBS. Caranya cukup miliki rata-rata saldo minimal Rp1 juta per bulan.

Memiliki banyak keuntungan, tentu akan memudahkan Anda dalam proses pembuatan hingga transaksi yang dilakukan. Sehingga, tidak perlu menunggu lama sebab saat ini digibank by DBS bisa dilakukan lebih mudah dan prosesnya cepat. Dapatkan bunga tabungan tertinggi bersama digibank by DBS.

ghozaliq

Blogger di bawah garis amatir asal Banjarnegara yang punya sampingan sebagai fotografer 360. Belajar menulis semenjak belajar fotografi khususnya bidang Landscape. Menyukai aktivitas luar ruangan dan warung sederhana di pinggir jalan. Mari menghitung bintang daripada menghitung denyut nadi.

Ambil hanya informasi, tinggalkan hanya komentar. Silahkan berbijak hati untuk mengisi kolom komentar. Salam