You are currently viewing Mobile Banking: Pengertian, Cara Kerja dan Fungsinya

Mobile Banking: Pengertian, Cara Kerja dan Fungsinya

  • Post author:
  • Post category:Life Style
  • Post comments:0 Comments
  • Post last modified:May 29, 2022
  • Reading time:4 mins read
Sumber: https://www.istockphoto.com/id/foto/tampan-tersenyum-pemuda-asia-sms-pesan-di-smartphone-gm1191327294-338041018

Sekarang ini, mungkin intensitas pergi ke bank jauh lebih berkurang dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya. Hal ini wajar saja terjadi karena hampir seluruh kebutuhan perbankan dapat diakses dengan menggunakan mobile banking atau M Banking.
Dengan adanya layanan ini, kamu tidak perlu pergi ke bank untuk melakukan pembuatan rekening, mutasi transaksi atau untuk sekedar transfer uang. MBanking sendiri adalah layanan atau fitur yang dibuat oleh bank agar nasabah dapat melakukan transaksi keuangan dari handphone.

Cara Kerja Mobile Banking

Sumber: https://www.istockphoto.com/id/foto/wanita-cantik-asia-muda-menggunakan-smartphone-berdiri-di-latar-belakang-kuning-gm1329813300-413424757

Setelah mengenal aplikasi M Banking, mungkin kamu juga penasaran, sebenarnya seperti apa cara kerja yang dimiliki oleh aplikasi ini sehingga mampu memberi kemudahan yang sangat luar biasa untuk nasabahnya. 

Pada dasarnya, mobile banking mempunyai cara kerja yang mirip dengan layanan lain yang disediakan oleh bank. Namun, layanan ini diberikan pada nasabah dengan bentuk yang jauh lebih praktis karena dapat diakses dari smartphone. 

Agar bisa mengakses M Banking, nasabah membutuhkan user ID serta password setiap ingin melakukan transaksi menggunakan aplikasi ini. 

Fungsi Mobile Banking

Dengan adanya kemajuan digital, pelanggan di era sekarang semakin ingin layanan yang praktis dan cepat. Berikut sejumlah fungsi dari M Banking, antara lain:

  1. Nasabah dapat mengecek saldo serta riwayat transaksi perbankan. Dengan menggunakan mobile banking, nasabah bisa dengan mudah mengecek serta melihat riwayat transaksi dimana saja dan kapan saja. 
  2. Membayar transaksi keuangan dari satu orang ke orang lain tanpa harus beranjak dari tempat duduk.
  3. Memberi laporan serta ringkasan aktivitas keuangan yang sesuai dengan permintaan nasabah. 
  4. Memberi layanan pembayaran tagihan seperti membayar paket internet, listrik, TV kabel, asuransi dan lainnya. 
Baca Juga :  Tipe-tipe Bunga Tabungan dan Cara Perhitungannya

Pilihan Mobile Banking Terpercaya

Bila sekarang ini kamu sedang mencari aplikasi MBanking terpercaya, PermataMobile X dapat dijadikan sebagai pilihan. PermataMobile X merupakan MBanking yang dimiliki oleh PermataBank. 

PermataMobile X mempunyai ratusan fitur yang bisa memenuhi berbagai macam kebutuhan perbankan nasabah serta memudahkan transaksi. Sebagai salah satu aplikasi M Banking yang banyak dijadikan sebagai rujukan, berikut berbagai kelebihan yang dimiliki PermataMobile X, antara lain:

  1. Canggih

PermataMobile X dilengkapi hingga ratusan fitur perbankan yang akan memudahkan transaksi finansial penggunanya. 

  1. Pengecekan Mutasi Dapat Dilakukan dengan Mudah

Selain canggih, aplikasi mobile banking ini juga dapat digunakan untuk melakukan mutasi transaksi di semua jenis akun sampai 12 bulan terakhir. 

  1. Begitu Praktis

Ingin mengecek akun yang kamu miliki? Kamu dapat mengecek akun dengan mudah menggunakan satu aplikasi saja. Bayangkan, mulai dari membuka rekening tabungan, mengecek mutasi, transfer, pembayaran kartu kredit bahkan mengajukan KTA, seluruh hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan satu aplikasi saja. 

Selain memiliki sejumlah kelebihan di atas, ada berbagai macam hal yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan aplikasi mobile banking ini, seperti:

  1. Mengecek mutasi rekening dalam kurun waktu 12 bulan terakhir ini
  2. Membayar berbagai macam tagihan bulanan mulai dari langganan internet, tagihan telepon, hingga tagihan listrik
  3. Melakukan pengisian e-wallet, token listrik serta pulsa 
  4. Nasabah juga diberikan kemudahan untuk melakukan pembuatan kartu kredit, rekening tabungan, bahkan nasabah dapat melakukan pengajuan KTA secara online dan tidak perlu lagi pergi ke kantor cabang
  5. Melakukan transaksi investasi mulai dari pembelian reksadana, menjual reksadana yang dimiliki hingga switching
  6. Melakukan pembayaran di merchant dengan menggunakan fitur QR Pay. Dengan menggunakan fitur mobile banking ini, nasabah atau pengguna PermataMobile X hanya perlu melakukan scan barcode. Tentu dengan adanya fasilitas yang diberikan PermataMobile X, pembayaran bisa lebih praktis dan tidak perlu melakukan pengisian dompet elektronik
  7. Tarik tunai tanpa kartu. Lupa membawa kartu ATM? Ketika kamu sudah menggunakan PermataMobile X, hal ini bukan menjadi sebuah masalah lagi, karena kamu bisa melakukan tarik tunai di semua  gerai Indomaret dengan adanya fitur Mobile Cash
  8. Mengirim WhatsApp Gift. Ingin mengirim angpao imlek atau THR lebaran dengan cara unik? Kamu dapat memanfaatkan fitur WhatsApp Gift dari PermataMobile X. Fitur ini merupakan cara transfer yang juga disertai dengan kartu ucapan ke nomor WhatsApp. Ada berbagai macam kartu ucapan yang menarik dan bisa kamu jadikan pilihan. 
  9. Mengajukan kenaikan limit sementara credit card tanpa perlu ke kantor cabang.
Baca Juga :  Pengajuan KTA Online Bisa untuk Beli Gorden Baru, Lho!

Cara Mendaftar Mobile Banking PermataMobile X

Tertarik dengan aplikasi PermataMobile X? berikut langkah untuk melakukan pendaftaran, yaitu:

  1. Terlebih dahulu, kamu harus mendownload aplikasi PermataMobile X. aplikasi ini dapat kamu download di App Store maupun Google Play Store.
  2. Buka aplikasi mobile banking tersebut kemudian pilih opsi mulai.
  3. Bila sebelumnya kamu sudah mempunyai rekening PermataBank, ketika menemukan pertanyaan “Apakah“kamu punya rekening PermataBank?”, kamu bisa memilih ya.
  4. Namun, bila kamu belum memilikinya, kamu bisa memilih tidak. Nantinya, kamu akan diarahkan ke PermataStore agar bisa melakukan pembukaan rekening terlebih dulu.
  5. Pilih tidak ketika menemukan pertanyaan “Apakah kamu memiliki user ID PermataMobile X?”.
  6. Kamu juga bisa memilih, apakah akan mendaftar dengan menggunakan kartu kredit atau menggunakan nomor rekening.
  7. Ikuti semua petunjuk sampai selesai

Mobile banking memang bisa menjadi aplikasi yang membantu segala kebutuhan perbankan. Namun, pastikan memilih aplikasi yang tepat seperti PermataMobile X agar mendapatkan fitur yang maksimal. Tunggu apalagi? install PermataMobile X sekarang juga! 

ghozaliq

Blogger di bawah garis amatir asal Banjarnegara yang punya sampingan sebagai fotografer 360. Belajar menulis semenjak belajar fotografi khususnya bidang Landscape. Menyukai aktivitas luar ruangan dan warung sederhana di pinggir jalan. Mari menghitung bintang daripada menghitung denyut nadi.

Ambil hanya informasi, tinggalkan hanya komentar. Silahkan berbijak hati untuk mengisi kolom komentar. Salam