Mana yang Paling Murah? Airy, Traveloka, atau Tiket.com?

Tiket pesawat kini semakin mudah didapatkan, semudah tiket kereta api. Dukungan perkembangan sistem operasi pada smartphone kini telah membuat segalanya terasa lebih dekat dan lebih mudah. Salah satu hal yang cukup sering saya gunakan adalah fitur untuk melihat harga tiket perjalanan, entah menggunakan pesawat atau kereta api.

Sekarang, kebanyakan orang juga sudah mulai menggunakan pesawat sebagai moda transportasi untuk menuju ke sebuah tempat, selain memang bisa memangkas waktu dengan sangat signifikan, menurut survey juga mengatakan bahwa pesawat adalah transportasi dengan tingkat keamanan tertinggi dibandingkan moda transportasi lainnya. Bisa kita lihat, setiap di bandara pasti selalu terlihat para petugas dan mekanik yang berada di sebuah pesawat, melakukan pengecekan agar setiap komponen berfungsi dengan baik, juga pintu masuk ke ruang check in saja sudah penuh dengan pemeriksaan yang ketat.

Untuk pemesanan tiket pesawat, kini sudah didukung oleh semua aplikasi berbau travel. Sistem yang tersaji juga real time dan menggunakan fitur yang memang semakin memudahkan penggunannya. Seperti pengurutan penerbangan mulai dari harga, durasi, waktu keberangkatan hingga jumlah transit.

Jika semua fitur sudah hampir seimbang dan sama dalam menyajikan data dan informasi kepada pengguna, maka hal yang paling diutamakan selanjutnya bagi konsumen di Indonesia adalah tentang harga. Jika perjalanan anda dibiayai oleh kantor atau negara, tentu saja bukan menjadi hal yang perlu dipikirkan, namun ketika Anda membayar tiket pesawat dengan biaya pribadi makan akan menjadi lain cerita.

Baca Juga :  Mudik 2015 : Rutinitas Peradaban Tahunan

Pernahkah Anda mencoba membuka masing-masing aplikasi pemesanan tiket pesawat lalu mencermati harganya pada tanggal yang Anda inginkan? Apakah harganya beda?

Iya, beda, sekali lagi, beda.

Perbedaannya tidaklah besar sebenarnya, namun ketika kita tambahkan dengan kode voucher diskon atau juga dengan cashback maka lengkaplah sudah kenikmatan hqq dalam mencari tiket pesawat yang murah.

Dalam artikel kali ini saya akan mencoba membuka 3 aplikasi pemesanan tiket pesawat pada smartphone Android. Saya berencana terbang dari Medan ke Yogyakarta pada tanggal 1 November 2017, untuk maskapai penerbangan yang akan digunakan sedang dalam pertimbangan dana yang tersedia.

Aplikasi yang saya gunakan dalam perbandingan ini adalah Airy, Traveloka, dan Tiket.com. Ketiga aplikasi tersebut setahu saya adalah yang paling sering digunakan oleh orang-orang di sekitar saya ketika akan memesan tiket pesawat.

Saya masih menggunakan pencarian standar, belum menggunakan kode voucher diskon, jadi harga berikut ini adalah harga normal tanpa terkena diskon atau promo. Harga yang saya bandingkan juga adalah harga pada pesawat dengan nomor penerbangan yang sama.

#1. Pencarian tiket pesawat pertama, Saya menggunakan aplikasi Airy.

Untuk tiket termurah bisa kita temukan pada maskapai Lion Air dengan harga Rp. 792.000.

Bila melihat ke maskapai lain, Citilink seharga Rp. 868.500, Sriwijaya Air seharga Rp. 965.300, Air Asia seharga Rp. 988.000, Batik Air seharga Rp. 1.171.000, lalu kelas tertinggi yaitu garuda seharga Rp. 2.263.300.

Baca Juga :  SMS tetaplah berkesan

Silahkan dicermati pada screenshoot ini, harga yang saya ambil adalah harga termurah pada masing-masing maskapai pada aplikasi Airy.

Screenshoot dari aplikasi Airy

#2. Pencarian tiket pesawat kedua, Saya menggunakan aplikasi Traveloka.

Untuk tiket termurah, tetap bisa kita temukan pada maskapai Lion Air dengan harga Rp. 817.000.

Bila melihat ke maskapai lain, Citilink seharga Rp. 878.500, Sriwijaya Air seharga Rp. 990.300, Air Asia seharga Rp. 989.000, lalu kelas tertinggi yaitu garuda seharga Rp. 2.510.500.

Silahkan dicermati pada screenshoot ini, harga yang saya ambil adalah harga termurah pada masing-masing maskapai pada aplikasi Traveloka.

Screenshoot dari aplikasi Traveloka

#3. Pencarian tiket pesawat ketiga, Saya menggunakan aplikasi Tiket.com.

Untuk tiket termurah, tetap hanya bisa kita temukan pada maskapai Lion Air dengan harga Rp. 817.000.

Bila melihat ke maskapai lain, Citilink seharga Rp. 878.500, Sriwijaya Air seharga Rp. 990.300, Air Asia seharga Rp. 989.000, Batik Air seharga Rp. 1.171.000, lalu kelas tertinggi yaitu garuda seharga Rp. 2.510.500.

Silahkan dicermati pada screenshoot ini, harga yang saya ambil adalah harga termurah pada masing-masing maskapai pada aplikasi Tiket.com.

Screenshoot dari aplikasi Tiket.com

*****

Sekarang bisa kita bandingkan, harga termurah non promo dan non voucher diskon. Walaupun pada beberapa maskapai penerbangan tidak begitu seberapa selisihnya, namun pada beberapa maskapai selisihnya lumayan, bisa untuk menambah kuota internet untuk update story di media sosial kita.

Sejauh pengamatan saya sampai saat ini, Airy yang paling sering memberikan notifikasi mengenai diskon terbaru. Satu hal yang saya suka dari diskon yang diterapkan oleh Airy adalah jelas dan tidak ribet, serta nominal diskonnya lumayan besar dibandingkan aplikasi lain. Selain itu harganya juga paling murah.

Baca Juga :  7 Aplikasi Android Gratis GPS Navigator dengan Peta Indonesia Offline

Jadi, pastikan anda menggunakan aplikasi yang memberikan kemudahan serta harga yang kompetitif untuk rencana perjalanan Anda.

Semoga artikel di atas bisa bermanfaat bagi para traveler yang ingin mendapatkan harga tiket pesawat murah.

Salam.

6 COMMENTS

  1. Eh serius ini? Aku belum pernah sih pakai Airy. Biasanya memang booking apapun pakai Traveloka. Soalnya ada poinnya kan yang bisa ditukar dengan potongan diskon hehehe. 🙂

  2. Pengalaman sedikit dari saya, saya emang belum pernah sih beli tiket pesawat di Airy, tapi hari ini saya mencoba beli tiket di airy. karena tergiur dengan harga yang murah karena ada potongan diskon Rp.100.000 batas limit hari ini. saya order via aplikasi android. lalu proses bayar ke Indomaret. Sampai di indomaret petugasnya bilang, bahwa tadi malam ada juga yang bayar tiket airy.com, setelah dibayar etiket belum juga dikirim, bahkan statusnya masih menunggu pembayaran. sampai tengah malam di tunggu belum juga dikirim etiketnya. sampai statusnya pun sudah expired. uang sudah terpotong di bank, tapi status expired. telpon ke airy katanya uang akan di refund.

    Ih jadi ngeri aku mau beli di airy, akhirnya di tunda dulu. soalnya kalau yang dibeli sedikit tidak masalah. ini yang mau di beli cukup banyak, gak bisa bayangin aja kalau sampai bermasalah. akhirnya saya putuskan untuk menunda dulu pembelian tiket pesawat saya di airy.

    Nah, saya pulang lagi kerumah dan coba mencari tau. ternyata ada juga beberapa kali saya temukan postingan berupa surat terbuka atas kekecewaan pelanggan dengan kasus yang sama seperti yang saya sampaikan diatas. walaupun saya sendiri belum ngalami, setidaknya saya jangan sampai jadi korban berikutnya.

    Lalu saya inisiatif mencoba menanyakan kepada CS Airy di websitenya tentang nomor PNR bookingan saya. Ternyata eh ternyata Airy tidak berani kasih. Padahal seharusnya biasanya kalau saya beli tiket lewat traveloka atau lewat tiket.com walaupun masih booking tapi sudah kelihatan PNR nya. dan bisa dilacak di situs maskapainya langsung status bookingan kita apa sudah masuk atau belum. tapi ini di airy, mereka tidak mau kasih sama sekali PNR nya. kenapa coba?

    itulah yang membuat saya jadi lebih waspada dan hati hati, karena kalau bermasalah biasanya prosesnya panjang. walaupun sebenarnya saya juga pernah mengalami proses yang berbelit belit di traveloka juga. tapi setidaknya membuat saya lebih berhati hati dan lebih teliti.

Ambil hanya informasi, tinggalkan hanya komentar. Silahkan berbijak hati untuk mengisi kolom komentar. Salam