Menjalani kehidupan hari tua dengan terjamin tentu merupakan sebuah impian. Hal yang biasa dilakukan sebagian orang yaitu dengan mempersiapkan dana untuk hari tua. Dimana salah satu cara paling tepat untuk dana jangka panjang ini adalah melakukan investasi jenis obligasi.

Karena selain keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Juga dapat menutup peluang munculnya rantai sandwich generation suatu saat nanti. Sebelum mengetahui obligasi lebih jauh, akan dibahas alasan penting mengapa Anda mempersiapkan dana untuk hari tua dengan cara ini.

Alasan Pentingnya Berinvestasi Obligasi

Obligasi merupakan investasi berupa surat utang. Dimana Anda akan memperoleh keuntungan dalam waktu tertentu melalui surat utang tersebut. Namun perlu Anda pahami bahwa obligasi memiliki tiga jenis.

Pertama, obligasi korporasi yang merupakan surat utang yang diterbitkan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun yang lainnya. Kedua, obligasi pemerintah. Surat utang ini diterbitkan oleh pemerintah. Dikenal sebagai SUN atau Surat Utang Negara. 

Terakhir, obligasi ritel yaitu obligasi yang dijual pada perseorangan melalui agen yang telah ditunjuk oleh pemerintah. Setelah memahami definisi obligasi dan jenisnya, berikut akan diuraikan alasan pentingnya melakukan obligasi.

  1. Rendahnya Risiko

Obligasi memiliki risiko yang rendah. Karena telah diatur oleh undang-undang, terutama obligasi pemerintah. Anda akan dijamin tidak memiliki peluang default risk, sehingga uang tetap aman.

  1. Pendapatan tetap berupa kupon

Jika melakukan tabungan biasa, mungkin uang Anda akan tetap dan tidak berkembang. Sedangkan melalui cara ini, Anda akan mendapatkan keuntungan secara berkala atau sering disebut kupon. 

  1. Kesempatan Diperdagangkan
Baca Juga :  Investasi Yang Bisa Ditinggal Tidur Tanpa Was-Was YA Deposito Di Aplikasi digibank by DBS

Setelah memutuskan untuk membeli obligasi, Anda memiliki kesempatan untuk menjual kembali surat utang tersebut jika ada keperluan. Namun tetap dengan syarat yang telah ditentukan.

  1. Peluang Diversifikasi Portofolio

Peluang yang dimaksud adalah, Anda bisa menempatkan dana investasi di beberapa instrumen yang berbeda. Sehingga bisa mengoptimalkan keuntungan dan meminimalkan kerugian.

Karakter Obligasi yang Harus Diketahui

Sebelum menginvestasikan dana Anda pada surat utang, berikut hal-hal penting terkait obligasi yang harus diketahui.

  1. Nilai Nominal Obligasi

Nilai nominal obligasi merupakan nilai pokok dari surat utang yang dibeli dan harus penerbit bayar kepada Anda. Penentuan nilai nominal ini biasanya didasarkan pada kebutuhan penerbit obligasi.

  1. Jangka Waktu Jatuh Tempo

Jangka waktu jatuh tempo yaitu waktu pengembalian uang dari surat utang. Umumnya waktu jatuh tempo obligasi ada pada rentang 1 hingga 10 tahun. 

  1. Coupon Rate

Coupon rate  ini merupakan bunga yang akan Anda dapatkan setiap waktu tertentu dari pembelian surat utang. Adapun waktunya sesuai kesepakatan awal dengan penerbit surat utang.

  1. Kontrak

Ini adalah hal penting yang wajib Anda perhatikan dengan seksama. Karena kontrak akan berisi perjanjian berupa peraturan, kewajiban dan hak yang juga akan melindungi Anda sebagai pemilik obligasi.

  1. Peringkat

Peringkat ini merupakan gambaran risiko obligasi. Semakin tinggi peringkat maka semakin kecil bunga dan peluang resiko yang akan didapat. Peringkat ini biasanya disimbolkan dengan AAA, AA+, AA- dan seterusnya.

Baca Juga :  Ingin Jadi Reseller Sukses? Pelajari Dulu Syarat Menjadi Reseller Berikut ini!

Tips Meraup Keuntungan Obligasi untuk Hari Tua Nanti

Selanjutnya Anda juga harus bisa mengaplikasikan tips berikut agar keuntungan dari obligasi bisa optimal.

  • Planning

Lakukan gambaran terkait tujuan, risiko dan keuntungan yang ingin didapatkan. Agar bisa berinvestasi di obligasi yang sesuai dengan prospek Anda.

  • Seleksi Penerbit

Pastikan penerbit obligasi telah mengantongi izin dan telah terdaftar di OJK. Pelajari penerbit yang akan Anda pilih, mulai dari profil hingga track record nya.

  • Pertimbangkan Diversifikasi 

Anda harus mempertimbangkan diversifikasi agar risiko menjadi lebih kecil.

  • Kondisi Pasar

Lihat kondisi pasar sebelum melakukan pembelian. Pastikan kondisi politik maupun Bank Indonesia sedang dalam kondisi stabil. Karena ini akan berpengaruh terhadap potensi imbal hasil.

  • Pendapatan Kupon

Setiap jangka waktu tertentu Anda akan mendapat kupon dari surat utang. Tabung keuntungan tersebut agar sehingga dana hari tua Anda lebih optimal. 

Saatnya Memilih Investasi Jenis Obligasi untuk Hari Tua

Sekarang, bukan saatnya bingung untuk membeli obligasi. Karena telah hadir DBS Treasures sebagai keputusan tepat untuk mengambil keputusan finansial secara akurat. Perbankan prioritas DBS Treasures dapat diandalkan untuk tabungan jangka panjang untuk hari tua Anda.

Selain itu terdapat sejumlah keunggulan yang pastinya tidak bisa Anda lewatkan yaitu:

  • Kupon Reguler 

Anda akan mendapatkan kupon reguler secara periodik.

  • Potensi Keuntungan Modal

Anda bisa menjual beberapa jenis obligasi kapan pun sebelum jatuh tempo dan dapatkan potensi keuntungan dari kenaikan harga obligasi

  • Kupon Kompetitif
Baca Juga :  4 Keuntungan Investasi Reksadana untuk Masa Depan

Kupon yang kompetitif di atas rata-rata bunga deposito berjangka.

  • Tidak Ada Biaya Tambahan

Hanya spread atau selisih antara harga jual dengan harga beli (bid dan offer).

  • Transaksi 24/7

Tersedia ragam produk obligasi yang dapat diperjualbelikan di Aplikasi digibank by DBS.

Dengan berbagai keunggulannya, Anda bisa mencari tahu lebih lanjut mengenai pembelian obligasi di https://www.dbs.id/id/treasure-id/investasi/structured-product/investing-in-bonds. Sudah siap untuk melakukan investasi jenis obligasi untuk tabungan hari tua nanti? Saatnya investasi dengan DBS Treasures sebagai mitra manajemen kekayaan, sehingga Anda bisa memperoleh potensi keuntungan optimal!

0 Shares:

Ambil hanya informasi, tinggalkan hanya komentar. Silahkan berbijak hati untuk mengisi kolom komentar. Salam

You May Also Like