4 Manfaat Kaldu Jamur

Pernahkah Anda mendengar tentang nama kaldu jamur? Belakangan ini, kaldu jamur sempat menjadi trend karena rasanya yang enak dan bisa digunakan untuk menggantikan MSG. Kabarnya, kaldu jamur ini juga bisa dikonsumsi anak-anak dan tidak menimbulkan beberapa bahaya di kemudian hari. Tetapi, tentu Anda perlu tahu beberapa manfaat dari kaldu jamur yang bisa membuat Anda semakin yakin untuk menggunakannya. Untuk itu, berikut ini adalah 4 manfaat kaldu jamur yang perlu Anda ketahui:

Kaldu jamur sehat. Sumber https://doktersehat.com/kaldu-jamur/

1. Bisa Menurunkan Kolesterol 

Manfaat dari kaldu jamur yang pertama adalah menurunkan kolesterol. Kolesterol adalah sebuah lemak yang memiliki manfaat untuk tubuh. Ia merupakan bagian dari tubuh. Tetapi, kadar kolesterol di dalam tubuh harus dijaga agar tetap dalam batas normal. Bila terlalu tinggi, lemak baik ini akan mengganggu sistem peredaran darah dalam tubuh. 

Apabila Anda sedang mencari bumbu masakan yang baik untuk tubuh dan bisa mengurangi kolesterol, maka kaldu jamur adalah jawabannya. Kaldu jamur diketahui memiliki kandungan beta glukan yang baik untuk jantung. Ia bisa membantu Anda untuk menjaga kesehatan jantung. Biasanya, kandungan beta glukan ini hanya ditemukan dalam beberapa jenis makanan saja, seperti gandum, barley atau biji-bijian. 

2. Memperkuat Imunitas Tubuh 

Tentunya Anda sudah tahu bahwa menjaga imunitas tubuh adalah hal yang sangat penting. Diperlukan beberapa usaha untuk menjaga agar imun tetap terjaga. Imunitas berfungsi untuk menghindarkan Anda dari penyakit. Lalu, bagaimana kaldu jamur ini bisa membuat imunitas tubuh menjadi lebih baik? Kaldu jamur memiliki kandungan alfa mannan dan beta glukan, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. 

Kedua kandungan ini ada dalam kaldu jamur atau kaldu nutritional yeast sehingga bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh. Anda akan menjadi terjaga dari beberapa penyakit jika menggunakan bumbu masakan yang satu ini. Tidak hanya itu, ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa kaldu jamur bisa membuat flu menjadi berkurang sebesar 25%. Hal ini bisa terjadi apabila orang yang terkena flu tersebut mengonsumsi sekitar 1 sendok kaldu jamur setiap harinya. 

3. Menjadi Sumber Serat 

Tidak perlu menjadi seorang yang ahli dalam gizi untuk tahu bahwa serat memang dibutuhkan untuk tubuh. Kaldu jamur bisa menjadi salah satu sumber serat padat untuk tubuh loh. Satu porsi kemasan kaldu jamur biasanya memiliki kandungan serat sebesar 4 gram. Kandungan serat ini sangat baik untuk pencernaan. Anda akan lebih mudah untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh menggunakan kaldu jamur ini. 

Tidak hanya melancarkan pencernaan, serat padat yang terkandung dalam jamur ini juga memiliki fungsi lain. Bagi Anda yang sedang diet, kaldu jamur ini akan membuat Anda merasa lebih kenyang. Alhasil, Anda bisa mengurangi porsi makanan pada satu kali makan. 

4. Mampu Menstabilkan Gula Darah 

Sama seperti kolesterol, kadar gula darah dalam tubuh juga perlu utuk dijaga. Kandungan rendah glisemik yang cukup populer dan bisa Anda gunakan adalah kaldu jamur. Meskipun rasanya tidak lebih manis dibandingkan bumbu lainnya, kaldu jamur memiliki kemampuan untuk membuat orang yang mengonsumsinya menjadi tetap berenergi. Anda akan bisa melakukan aktivitas sehari-hari tanpa gangguan. 

Itu dia beberapa manfaat dari kaldu jamur yang perlu Anda ketahui. Tentunya, masih ada banyak manfaat lainnya yang perlu Anda gali lebih dalam lagi. Menggunakan kaldu jamur bukanlah pilihan yang buruk, justru bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda. Tertarik untuk mencobanya?

Ambil hanya informasi, tinggalkan hanya komentar. Silahkan berbijak hati untuk mengisi kolom komentar. Salam