Yogyakarta selalu menjadi opsi yang tepat sebagai tempat untuk melepas lelah dari kesibukan kerja. Provinsi yang terletak di tengah Pulau Jawa ini mempunyai banyak destinasi atau tempat menarik yang bisa dikunjungi. Ada destinasi wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, wisata rekreasi, dan lain sebagainya. Selain mempunyai banyak destinasi favorit, akses untuk menuju daerah ini juga sangat mudah. Kamu bisa menggunakan pesawat terbang, bus, kendaraan pribadi, atau kereta api.

Bagi kamu yang berdomisili di Pulau Jawa, kamu bisa menggunakan moda transportasi kereta api untuk bisa sampai ke Kota Pelajar tersebut. Tidak hanya aman dan nyaman, waktu tempuh yang lebih pasti juga menjadi alasan banyak orang menggunakan transportasi ini. Untuk mendapatkan tiket, kamu bisa beli tiket kereta api murah lewat aplikasi smartphone. Jadi tidak perlu repot-repot lagi ke stasiun kereta untuk membeli tiket kereta.

Tebing Breksi


Sesampainya di Yogyakarta, kamu harus bijak dalam merancang rencana liburan. Sebab, saking banyaknya tempat wisata di Yogyakarta, waktu dua atau tiga hari rasanya tidak cukup untuk mengunjungi semua destinasi tersebut. Nah, supaya lebih mudah, berikut ini beberapa referensi pilihan destinasi wisata kekinian dan instagramable di Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi.

Tebing Breksi termasuk destinasi wisata unik di Yogyakarta. Tebing ini mempunyai ukiran cantik yang dibuat oleh para seniman lokal. Kecantikan ukiran tersebut menjadi daya tarik utama tempat ini. Di sana kamu bisa foto-foto dengan latar ukiran tersebut. Selain itu, di sekitar tempat ini juga terdapat beberapa candi-candi kecil yang juga bisa kamu kunjungi.

Sebelum menjadi destinasi wisata, pada sekitar tahun 80-an, masyarakat sekitar menambang bahan bangunan di sini. Banyak masyarakat yang mencari nafkah di tempat ini. Namun, semenjak ada temuan abu vulkanik, kegiatan pertambangan diberhentikan. Sejak saat itu tempat ini menjadi cagar budaya yang harus dijaga dan dilestarikan.

Baca Juga :  5 Cara Mempersiapkan Dana Pensiun, Buka Rekening Online Aja!

Wisata Kalibiru

Wisata Kalibiru cukup populer di Yogyakarta. Banyak wisatawan lokal dan wisatawan dari luar kota berkunjung ke tempat ini. Kebanyakan wisatawan yang datang ke tempat ini adalah untuk berfoto. Sebab, mereka bisa berfoto dengan latar jurang dan keindahan Kota Yogyakarta.

Selain untuk berfoto, destinasi ini juga menawarkan berbagai fasilitas lain, seperti flying fox, sepeda, dan lain sebagainya. Kamu bisa datang ke tempat ini setiap hari dari pukul 08.00 – 16.00 WIB. Saat masuk ke tempat ini, kamu akan dikenai biaya sebesar Rp 10.000.

Bukit Kali Kuning

Bukit Kali Kuning menjadi wisata berikutnya yang kental dengan nuansa perbukitan. Destinasi ini juga termasuk yang populer di Yogyakarta. Pemandangannya yang indah dan hijau menjadi daya tarik tempat ini. Di sini kamu bisa duduk-duduk santai, berkemah, atau berfoto dengan latar Gunung Merapi.

Menurut kabar yang beredar, dulunya di tempat ini terdapat sungai yang dialiri lahar saat terjadinya peristiwa meletusnya Gunung Merapi. Nah, beberapa waktu setelah kejadian tersebut, area di sekitar tempat ini ditumbuhi dengan berbagai jenis tanaman yang rindang. Barulah kemudian orang menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata.

Hutan Mangrove Kulon Progo

Hutan Mangrove Kulon Progo terletak di Dusun Pasir Mendit, Kulon Progo. Pada awalnya, destinasi ini merupakan kawasan konservasi yang kemudian dikembangkan menjadi tempat wisata dan edukasi. Di sini kamu bisa menikmati kesegaran dan pemandangan hutan mangrove. Di samping itu, di tempat ini juga terdapat beberapa spot menarik untuk berfoto.

Salah satu spot foto yang banyak diminati pengunjung adalah replikasi Menara Eiffel. Bangunan setinggi 10 meter ini memiliki tampilan yang sangat mirip dengan ikon Kota Paris tersebut. Selain itu, ada pula spot foto kupu-kupu, spot sepeda ontel, dan lain sebagainya,

Baca Juga :  Mobile Banking: Pengertian, Cara Kerja dan Fungsinya

Gua Jomblang

Jika kamu pecinta fotografi, destinasi yang satu ini wajib untuk kamu datangi. Destinasi ini diberi nama Gua Jomblang. Gua yang berlokasi di Semanu, Gunung Kidul ini terletak di dalam lembah dan mempunyai mulut gua yang apabila terkena cahaya matahari akan memantulkan cahaya yang luar biasa cantik. Nah, di momen ini kamu akan menghasilkan gambar atau foto yang sangat menarik.

Gara-gara fenomena ini, Gua Jomblang sering dijuluki sebagai cahaya dari surga. Banyak wisatawan yang datang ke sini untuk mendapatkan momen tersebut dan mengabadikannya dalam bentuk foto. Saking banyaknya, pengunjung yang datang ke sini harus melakukan reservasi terlebih dahulu. Kamu bisa datang ke tempat ini dari pukul 09.00 – 14.00 WIB. Harga tiket masuk ke tempat ini Rp 500.000 per orang.

———————–


Demikian beberapa pilihan destinasi wisata kekinian dan instagramable di Yogyakarta. Tidak hanya sebatas liburan, kamu juga bisa mengabadikan momen terbaik kamu di tempat tersebut dengan latar yang menarik. Selain destinasi di atas, masih banyak tempat lain yang bisa kamu datangi saat liburan di Yogyakarta, seperti Teras Kaca Pantai Nguluran, Pinus Pengger Dlingo, Taman Pelangi, dan yang lainnya.

0 Shares:

Ambil hanya informasi, tinggalkan hanya komentar. Silahkan berbijak hati untuk mengisi kolom komentar. Salam

You May Also Like
Read More

4 Manfaat Kaldu Jamur

Pernahkah Anda mendengar tentang nama kaldu jamur? Belakangan ini, kaldu jamur sempat menjadi trend karena rasanya yang enak…