Memperoleh keuntungan reksadana merupakan keinginan setiap investor yang menginvestasikan dananya pada instrumen tersebut. Pasalnya keuntungan ini dapat menjadi sumber penghasilan pasif ketika Anda sudah pensiun. Mungkin saat ini Anda telah melakukan cara lain untuk menopang kehidupan di masa tua nanti, misalnya dengan menabung.

Namun, menabung saja tidak cukup untuk mempertahankan kekayaan. Sebab bunga yang ada di bawah angka inflasi justru membuat tabungan Anda akan menyusut secara perlahan. Jika ingin aman, Anda harus berani mencoba pilihan cerdas lainnya yaitu investasi reksadana.

Jadi apa Anda tertarik untuk berinvestasi reksadana? Apa saja jenis dan keuntungan dari instrumen ini? Simak ini sampai selesai.

Jenis-Jenis Investasi Reksadana

Reksadana adalah salah satu instrumen investasi yang menghimpun dana dari masyarakat pemodal. Selanjutnya dana ini akan diinvestasikan dalam portofolio efek oleh Manajer Investasi. Instrumen investasi reksadana ini sendiri terdiri dari beberapa jenis, yakni:

  • Reksadana pasar uang

Reksadana ini mempunyai 100% kebijakan investasi pada instrumen pasar uang dengan masa jatuh tempo kurang dari satu tahun. Investasi dengan jangka waktu relatif pendek ini merupakan pilihan paling tepat bagi Anda yang mencari instrumen dengan resiko paling rendah. 

  • Reksadana pendapatan tetap

Selanjutnya ada reksadana pendapatan tetap. Sebagian besar alokasi investasi dengan besaran minimal 80% ini akan ditempatkan pada efek yang memberikan pendapatan tetap. Contohnya yaitu obligasi. Jenis ini sesuai untuk Anda yang ingin berinvestasi dengan jangka waktu 1 hingga 3 tahun.

  • Reksadana campuran
Baca Juga :  Mengembangkan Dana Mulai dari Rp100 Ribu, Cuan Hingga 21%

Anda yang ingin berinvestasi dengan jangka waktu 3 sampai 5 tahun bisa memilih jenis reksadana campuran. Jenis reksadana ini punya kebijakan investasi sebesar 79% maksimal yang ditempatkan pada instrumen pasar uang, obligasi dan saham.

  • Reksadana saham

Jika Anda bandingkan dengan 3 jenis reksadana sebelumnya, reksadana saham memiliki risiko paling tinggi dengan keuntungan yang tinggi pula. Reksadana ini memiliki kebijakan investasi minimal 80%. Ini sangat tepat untuk Anda yang punya tujuan keuangan jangka panjang di atas 5 tahun. 

  • Reksadana syariah

Merupakan versi syariah dari empat jenis reksadana di atas. Aturan dan pengelolaan investasi reksadana ini menyesuaikan dengan prinsip dan ketentuan syariah islam.

Keuntungan Investasi Reksadana

Setelah mengetahui jenis-jenisnya, Anda juga harus paham apa saja keuntungan reksadana, agar dapat memilih dengan tepat dan sesuai tujuan. Keuntungan-keuntungan tersebut antara lain: 

  • Modal kecil

Kebanyakan orang beralasan tak ingin berinvestasi karena takut modalnya besar atau tak punya modal padahal kenyataannya tidak seperti itu. Anda bisa memilih instrumen investasi yang modalnya terjangkau mulai dari Rp100,000 seperti halnya reksadana. Jadi tak perlu menunggu modal besar dahulu untuk memulai investasi. 

  • Risiko minim

Investasi reksadana sangat minim risiko sehingga sangat cocok bagi siapa saja, termasuk bila Anda seorang pemula. Hal ini juga sesuai dengan prinsip reksadana yaitu adanya diversifikasi sehingga aset akan tersebar pada banyak instrumen. Adanya diversifikasi ini akan melindungi Anda dari kerugian yang besar. 

  • Fleksibel

Satu hal yang juga harus Anda pertimbangkan ketika memilih reksadana adalah fleksibilitas saat bertransaksi. Artinya, jika reksadana yang Anda pilih fleksibel maka akan memudahkan dalam mengakses perkembangan investasi melalui ponsel. Termasuk juga kemudahan dalam bertransaksi dimana saja dan kapan pun.

  • Mudah
Baca Juga :  Mobile Banking: Pengertian, Cara Kerja dan Fungsinya

Anda harus tahu, kalau investasi reksadana ini sangat mudah. Pasalnya Anda akan mendapatkan bantuan dari manajer investasi yang akan mengelola aset. Para manajer investasi ini akan menempatkan aset pada instrumen yang menguntungkan. 

Dengan kata lain, Anda cukup menyediakan dana saja, selanjutnya percayakan pada manajer investasi. Mereka akan menganalisis pasar serta mencari instrumen terbaik untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan Anda. 

Investasi Reksadana melalui Aplikasi digibank by DBS

Jika tak ingin repot, Anda bisa memilih aplikasi online untuk berinvestasi. Saat ini banyak aplikasi online yang menawarkan berbagai produk investasi menguntungkan. Salah satunya adalah Aplikasi digibank by DBS. Beberapa keunggulan yang akan Anda rasakan jika berinvestasi reksadana pada aplikasi ini antara lain:

  1. Menyediakan jenis produk lebih dari 50

Aplikasi digibank by DBS menyediakan lebih dari 50 produk. Banyaknya pilihan tersebut akan memudahkan dalam pemilihan jenis investasi misalnya reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran atau reksadana saham. Anda bebas memilih jenis mana saja sesuai dengan tujuan investasi.

  1. Memilih produk lebih mudah dengan menggunakan fitur kategori

Banyaknya pilihan produk ini tak serta merta membuat Anda kebingungan. Pasalnya Aplikasi digibank by DBS telah menyediakan fitur kategori. Fitur ini sangat membantu Anda memilih produk dengan tiga kategori. Yaitu, produk dengan kinerja terbaik, produk paling populer serta produk dengan scoring terbaik. 

  1. Nominal investasi reksadana mulai dari Rp100.000
Baca Juga :  Asah Bakat si Kecil Yuk, Ini Daftar Kursus Hobi dengan Biaya Mahal

Kapan lagi Anda bisa berinvestasi dengan modal awal yang terjangkau. Aplikasi digibank by DBS menawarkan produk reksadana dengan investasi awal sebesar Rp100 ribu rupiah saja. Pastinya akan gampang menyediakan dana yang terjangkau ini setiap bulan dengan memotong pendapatan Anda. 

  1. Membeli produk secara berkala dan fleksibel

Apabila Anda khawatir tak dapat membeli setiap bulan, maka tidak salah memilih digibank by DBS. Aplikasi ini menyediakan pembelian produk reksadana secara berkala hingga Anda bisa konsisten setiap bulannya. Tak hanya membeli secara berkala, Anda juga bisa mengubah nominal pembelian kapan pun Anda mau selagi pembelian berkala masih berlangsung. 

  1. Proses transaksi dalam satu aplikasi

Begitu banyak proses transaksi dalam investasi reksadana. Namun dengan menggunakan digibank by DBS Anda bisa melakukan semuanya hanya dalam satu aplikasi. Baik itu registrasi SID (Single Investor Identification), pembelian, penjualan serta pengalihan produk. Tentu saja hal ini lebih praktis karena Anda tak perlu menggunakan platform lainnya. 

Semua keunggulan produk reksadana ini tentunya akan Anda rasakan bila memanfaatkan Aplikasi digibank by DBS. Ketika Anda merasa siap dan ingin segera memperoleh keuntungan reksadana maka jangan menunda lagi. Segera gunakan Aplikasi digibank by DBS, pilih produk yang Anda inginkan dan nikmati semua keunggulan dan keuntungannya. 

0 Shares:

Ambil hanya informasi, tinggalkan hanya komentar. Silahkan berbijak hati untuk mengisi kolom komentar. Salam

You May Also Like