Tentu hati rasanya lebih tenang jika memiliki dana pensiun untuk menjamin masa tua. Di usia tersebut, seseorang sudah tidak lagi produktif sehingga penting untuk mempersiapkan dana pensiun sejak dini. Buka rekening online adalah salah satu langkah ala terbaik untuk menyiapkan tabungan di hari tua.

5 Cara Menyiapkan Dana Pensiun

Dana pensiun termasuk dana yang perlu dipersiapkan untuk bekal di masa depan khususnya ketika sudah tidak bekerja atau menginjak masa tua. Dana pensiun akan menjadi sumber pendapatan untuk memenuhi kebutuhan kamu ketika sudah lansia. Berikut beberapa cara yang dapat kamu coba untuk menyiapkan dana pensiun sejak muda. 

  1. Tentukan waktu pensiun

Dalam menyiapkan dana pensiun, kamu perlu tahu waktu yang tepat untuk pensiun. Hal tersebut dikarenakan besarnya dana yang kamu kumpulkan bergantung dari waktu pensiun. Perkirakan jumlah dana pensiun yang ingin kamu kumpulkan sehingga kamu dapat memprediksi waktu pensiun yang tepat.

Sebelum pensiun, pendapatanmu bisa kamu sisihkan dengan buka rekening online dan menabung secara rutin. Secara bertahap, uang akan terkumpul dan waktu pensiun dapat ditetapkan. 

  1. Buka tabungan

Persiapan dana pensiun memang dilakukan dengan menyisihkan pendapatan kemudian ditabung. Kamu tentunya harus buka rekening online guna memudahkan proses menabung tersebut. 

Dengan cara buka rekening online, kamu bisa menabung dengan menyisihkan gaji untuk dana pensiun menjadi lebih mudah. Setidaknya, tidak ada hambatan buat kamu menabung karena prosesnya cepat.

  1. Aset pensiun
Baca Juga :  5 Tempat Kuliner Andalan di Jember, Sajikan Gudeg Pecel sampai Olahan Seafood

Meski di masa pensiun kamu sudah tidak bekerja, bukan berarti kamu tidak bisa menghasilkan pendapatan. Selain memiliki tabungan dari buka rekening online, kamu juga bisa menambah pendapatan melalui investasi yang telah atau sedang dijalankan. 

Investasi yang kamu miliki dapat menjadi simpanan di hari tua, misalnya beberapa aset penting seperti saham, tanah, ataupun properti. Kamu bisa menginvestasikan aset yang kamu miliki atau menjualnya untuk menambah dana pensiun.

  1. Pilih gaya hidup masa pensiun

Buka rekening online lalu memiliki banyak tabungan tidak menjadi hidup kamu akan sejahtera di masa pensiun. Apabila kamu memilih gaya hidup yang serba mewah atau konsumtif di usia tersebut, tentu tabungan kamu akan cepat habis. Akibatnya, dana pensiun yang tersisa terbatas untuk jangka panjang.

Untuk itu, kamu perlu memutuskan gaya hidup yang tepat ketika tua nanti. Sebaiknya, sesuaikan gaya hidup dengan kemampuan yang dimiliki untuk mengumpulkan dana pensiun tersebut. 

  1. Tingkatkan karir 

Apabila kamu masih muda dan mampu bekerja, sangat tidak disarankan untuk pensiun dini. Alih-alih memilih berhenti bekerja, kamu bisa mengembangkan peluang karir kamu untuk meningkatkan pendapatan. Cara ini akan membuat dana pensiun kamu lebih cepat terkumpul dan lebih banyak. 

Jadi, dengan cara buka rekening online kamu bisa menabung lebih banyak jika pendapatan naik. Namun, perlu dicatat bahwa kamu juga harus mengelola pengeluaran dengan bijak agar tidak boros meski karir cemerlang.

Baca Juga :  Langkah dan Cara Beli Bitcoin dengan PayPal yang Mudah

PermataME, Tabungan Tepat Dana Pensiun Masa Kini

Ingin mempersiapkan dana pensiun dari sekarang tapi bingung pilih tabungan apa? Tenang, pilih saja tabungan PermataME. Buka rekening online PermataME tidak hanya menyediakan tempat mudah untuk menabung, tetapi ada banyak manfaat lainnya berikut ini.

  • Tabungan praktis

Buka rekening online PermataME ini tidaklah sulit karena bisa diakses hanya menggunakan aplikasi PermataMobile X. Berbagai layanan transaksi online juga tersedia dalam aplikasi tersebut sehingga proses transaksi praktis dalam satu genggaman. 

  • Banyak cashback

Tidak hanya cara buka rekening online yang mudah, nasabah PermataME juga berkesempatan memperoleh cashback menarik. Ada cashback 10% buat kamu yang suka jalan-jalan naik ojek online dan cashback 20% untuk kamu yang hobi belanja online. Bahkan, kamu yang suka nonton atau ngopi jadi bisa lebih hemat karena ada cashback 30%. Bisa dibilang, buka rekening online PermataME ini bukan sekadar tabungan biasa karena menawarkan banyak cashback bagi nasabahnya. 

  • Bebas bayar tarik tunai

Mau tarik tunai tapi malas ada biaya adminnya? Tidak perlu khawatir karena kamu bisa bebas tarik tunai secara gratis di seluruh ATM di Indonesia. Mau tarik tunai di ATM luar negeri juga gratis yang berlogo VISA/PLUS. Selain itu, pastikan saldo kamu minimal Rp1 juta sebelum melakukan transaksi. 

  • Kartu debit eksklusif 

Kamu yang buka rekening online PermataME juga akan mendapat hak spesial lainnya, yakni kartu debit eksklusif. Kartu ini disediakan dengan desain yang khusus bagi nasabah.

  • Bebas biaya transfer online

Kamu yang terbiasa transfer online tidak lagi risau dengan biaya admin karena PermataME membebaskan biaya transfer online. Transfer online bebas biaya bisa dilakukan melalui PermataMobile X maupun PermataNet. Selain itu, dapat pula menggunakan ATM atau biaya administrasi lain.

Baca Juga :  Cegah osteoporosis dengan konsumsi 5 makanan ini

Kehadiran PermataME ini tidak hanya bisa membantu kebutuhan kamu untuk mempersiapkan dana pensiun, tetapi juga menunjang gaya hidup masa kini dengan berbagai keuntungan tersebut. Jadi, sudah tepat rasanya memilih buka rekening online dengan PermataME. Sebab, selain banyak manfaat juga aman karena telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

0 Shares:

Ambil hanya informasi, tinggalkan hanya komentar. Silahkan berbijak hati untuk mengisi kolom komentar. Salam

You May Also Like