Berkuda di Cafe Sawah, Desa Wisata Pujon Kidul

Desa Pujon Kidul merupakan sebuah desa wisata yang terletak di Kabupaten Malang. Hamparan sawah menyambut ruang pandang kami saat berjalan dari area parkir. Sejauh mata memandang hanyalah hijau dan biru, sungguh terasa menenangkan mata.

Menyusuri jalanan aspal yang terasa terik

Saya dan rekan-rekan tim #EksplorDeswitaMalang berjalan menyusuri terik dan lalu-lalangnya kendaraan bermotor yang menuju Cafe Sawah. Kami berbelok menuju sebuah bangunan bertingkat dari kayu yang terlihat sedang dalam tahap penyelesaian di bagian halamannya.

Berbelok pada sebuah persimpangan kecil, menuju bangunan kayu bertingkat

Halaman bangunan bertingkat tersebut rupanya dibuat sebuah kolam dengan gazebo yang sedang dibangun. Kami naik ke lantai dua bangunan bertingkat tersebut, kami sudah ditunggu tuan rumah dari Desa Wisata Pujon Kidul. Seusai bersalaman dengan seluruh orang yang ada di lantai dua tersebut, kami dipersilahkan untuk makan siang terlebih dahulu. Rupanya wajah kami benar-benar terlihat seperti orang yang sedang kelaparan.

Lantai 1 adalah kandang kuda, sedangkan lantai 2 adalah sebuah aula pertemuan sederhana

Lauk yang disajikan kepada kami merupakan menu khas pedesaan, mulai dari nasi jagung hingga beragam sayur hasil dari desa Pujon Kidul. Makan siang dengan kondisi perut lapar, hidangan yang menggoyang lidah, serta pemandangan sawah yang aduhai. Nikmat mana lagi yang engkau dustakan?

Ada yang sudah mengambil nasi, ada yang masih memotret, ada juga yang masih teringat masa lalu

Sejenak setelah kami terlihat telah mengosongkan piring kami, ada tawaran untuk menunggang kuda kepada kami. Rupanya di bawah kami, lantai satu merupakan kandang kuda, total ada 3 kandang. Kuda-kuda tersebut niatnya akan dijadikan wahana baru bagi pengunjung Cafe Sawah yang ingin berkeliling dengan menunggang kuda. Helm, pelana, juga pemandu sudah disiapkan agar wisawatan merasa aman ketika menaiki kuda berkeliling Cafe Sawah.

Baca Juga :  Berkeliling Semarang Bersama John Wesley Nababan
Saya penasaran akan berbentuk seperti apakah gazebo di tengah kolam ini.

 

CJ Aji Sukma berpose di atas kuda dengan membawa alat perekam gambar gerak.

Saya sempat membuat foto panorama 360 di dekat stable tersebut, pastikan Anda menggunakan browser yang mendukung ketika membuka artikel ini. Bilamana gawai anda telah memiliki sensor gyroscope maka Anda tinggal menggerakkan gawai anda sesuka hati. Silahkan tunggu sejenak hingga semua data yang diperlukan termuat dengan sempurna, total data tidak sampai 1 mb.

 

Cafe Sawah memiliki cara unik untuk memasang tarif kepada pengunjung yang masuk ke areanya. Bukan dengan menggunakan tiket masuk, namun sebuah voucher yang bisa ditukarkan dengan sajian makanan dan minuman di area tersebut. Pengunjung cukup membayar selisih harga makanan minuman yang dipesannya ketika melebihi harga voucher.

Saat hari libur atau akhir pekan, lokasi ini bisa dikatakan ramai.

Banyak sekali gazebo dan tempat duduk yang tertata rapi di Cafe Sawah. Bunga dan tanaman hias lainnya seakan menjadi nilai tambah untuk menikmati pemandangan yang dihadirkan. Pastikan baterai ponsel anda cukup ketika datang ke Cafe Sawah, karena bisa dipastikan bahwa sekali jepret itu tidaklah cukup.

Banyak lokasi foto yang instagramable banget lah

Waktu paling ideal untuk datang ke lokasi ini adalah saat sore hari atau saat mendung. Hal tersebut tentu saja akan membuat anda lebih nyaman berkeliling tanpa harus kepanasan di sekitaran Cafe Sawah. Banyak sekali spot selfie di Cafe Sawah, berfoto dengan panorama alami maupun artificial tentu saja bisa dilakukan semuanya di tempat ini.

 

Lokasi Cafe Sawah adalah -7.8560870, 112.4550410
Anda juga bisa melihat lokasinya melalui peta yang tersemat berikut ini

Baca Juga :  Virtual Tour 360 Boon Pring Andeman, Desa Wisata Sanankerto

 

Apabila anda ingin memerlukan informasi lebih lanjut jika ingin berkunjung ke Desa Wisata Pujon Kidul, silahkan hubungi kontak berikut ini.

 

Desa Wisata Pujon Kidul
Alamat : Desa Pujon Kidul, Pujon, Pandesari, Malang.
Contact Person : 0812-3258-1056 (Pak Udi)

Foto Keluarga terlebih dahulu, terima kasih sekali atas sambutan hangatnya 🙂

 

Tulisan ini dibuat atas perjalanan bersama tim blogger #EksplorDeswitaMalang pada tanggal 14-16 April 2017 pada 4 Desa Wisata di Kabupaten Malang.

4 COMMENTS

    • Iya, kita datang terakhir, pulang paling awal selama trip ini.
      Mewah owk mereka pas di Pujon, satu orang satu rumah, kwkakkka

      Iya, dekat juga dengan jalur besar sih Mas, jadi orang mau singgah juga gak bakalan nyesel..

  1. Dari semua desa wisata di Malang, Pujon Kidul memang yang paling siap untuk menerima wisatawan. Bahkan, sampai-sampai kami disuruh menginap satu rumah satu orang lho.

Ambil hanya informasi, tinggalkan hanya komentar. Silahkan berbijak hati untuk mengisi kolom komentar. Salam