Sharing Moment Event IMAJI bersama National Geographic Indonesia

IMG_20140530_205020
Ngumpul bareng sambil sharing 😀

Kegiatan lama yang saya coba angkat kembali untuk bisa saya bagikan kepada para pembaca. Saya bergabung dengan Forum National Geographic Indonesia Regional Yogyakarta pada awal tahun 2014. Beruntung bertemu dengan anggota forum yang langsung mudah akrab dan nyaman untuk bercanda serta bertukar pikiran. Pada akhir bulan mei, Moderator Regional Yogyakarta mendapatkan kabar bahwa akan diadakan kegiatan NGI (National Geografphic Indonesia) di Yogyakarta pada awal Juni. Untuk memperlancar acara tersebut, maka diadakan gathering bersama NGI dari jakarta serta anggota Forum NGI Regional Yogyakarta juga beberapa rekan yang juga memiliki minat di bidang fotografi dan penulisan.

Sore itu saya bergerak menuju sebuah hotel sederhana yang terletak di tengah kota Yogyakarta, berjumpa dengan anggota rekan yang lain saat akan berangkat menuju lokasi acara gathering. Lokasi gathering tersebut berada di bardiman cafe, Seturan, belakang UPN Yogyakarta. Kegiatan di hotel lebih di dominasi obrolan santai sembari menuggu rombongan dari Jakarta siap untuk acara nanti. Akhirnya beberapa anggota forum menuju lokasi kegiatan terlebih dahulu yang sebelumnya memang telah dipesan untuk acara ini.

Singkat kisah, akhirnya semua anggota forum dan para penggiat fotografi telah hadir di lokasi. Mas Bayu selaku pihak dari NGI Jakarta membuka acara dengan memperkenalkan rombonga yang dibawa pada saat itu. Perkenalan singkat seputar NGI dan kegiatannya, serta visi misi dari masing-masing kru yang bekerja di sana dipaparkan secara santai dan tenang. Saya lupa kemudian acara diisi oleh siapa, seingat saya beliau menceritakan tentang kegiatan ketika berburu data dan informasi ketika di lapangan. Diceritakannya tentang betapa kerepotannya ketika harus mengejar deadline untuk esok hari yang harus sudah dikirimkan malam harinya. Setelah dari aspek tulisan menjabarkan kegiatan lapangannya, kemudian giliran pakdhe Oblo yang memaparkan pengalaman dan foto-foto beliau selama meliput bersama NGI di beberapa lokasi. Beliau menceritakan ketika foto yang terkumpul sekitar 3000 file, namun hanya 30an file yang layak masuk ke dapur editor, dan itupun nanti akan diseleksi lagi agar memuat foto yang kuat sebagai pendamping tulisan yang disajikan. Lalu kemudian ada sesi tanya jawab mengenai cara kerja maupun hal lain yang berkaitan dengan liputan NGI yang dijawab oleh ketiga narasumber tadi.

Baca Juga :  Goa Barat, Wisata Alam Susur Gua di Kebumen

Lalu seingat saya ada mas Dion yang memaparkan maksud dan tujuan kunjungan NGI dari Jakarta ke Yogyakarta. Kegiatan hasil ekspansi event IMAJI INDONESIA yang diadakan oleh Fotokita.net menyambangi daerah Yogkarta. Penjelasan mengenai apa dan untuk apa event IMAJI INDONESIA tersebut serta cara untuk mengikutinya tidak lupa beserta hadiahnya. Detail rencana kegiatan memang belum disampaikan, namun sedikit memberikan gambaran kepada panitia yang nanti akan bertugas dan calon peserta yang nampak sudah hadir juga pada malam tersebut.

IMG_20140530_205027
Mas Dion ketutupan deh sama Mas Widhi 😀

Setelah mas Dion membawakan materi tentang event IMAJI INDONESIA, kemnudian saatnya bagi-bagi souvenir kepada mereka yang hadir dalam kegiatan tersebut. Pertama adalah para anggota ditanya siapakah saja yang memiliki akun di Fotokita.net, dan ternyata hanya 2 orang saja yang pernah aktif pada web tersebut :D. Berikutnya berupa quiz yang dilempar kepada para hadirin saat event tersebut. Doorprize yang dibagikan berupa kaos, buku, topi, gantungan kunci, dan stiker.

Kegiatan tersebut secara formal sudah ditutup, namun para anggota masih duduk dan berkumpul untuk saling berbincang sembari menikmati hidangan yang sedari tadi memang disajikan untuk para hadirin. Sepertinya tidak sampai larut juga hingga akhirnya kami patungan untuk membayar bon yang melebihi target karena kita memesan makanan terlalu banyak, hahahaa.

Kegiatan selanjutnya sebagai tindak lanjut event ini adalah berkumpul untuk pemantapan panitia kegiatan lapangan JELAJAH IMAJI INDONESIA yang akan dilaksanakan di desa wisata Karanganyar Kecamatan Borobudur. Seingat saya bahwa H+4 selang kegiatan malam itu, kami berkumpul kembali untuk membahas teknis survey lokasi yang akan dilaksanakan pada hari kamis atau H-2 pelaksanaan kegiatan utama.

Baca Juga :  Ukuran Cetak Foto Lengkap

Selanjutnya adalah kegiatan survey lokasi untuk event IMAJI tersebut,

Comments are closed.