https://www.pexels.com/photo/person-holding-vehicle-steering-wheel-inside-car-163945/

Kredit mobil dapat menjadi salah satu cara bagi yang ingin memiliki sebuah mobil. Sebelum melakukan kredit mobil, sebaiknya Anda pahami dulu apa saja syarat kredit mobil melalui Multifinance.

Multifinance sendiri ialah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang peminjaman dana kepada debitur untuk pengadaan barang atau jasa. Perusahaan atau lembaga ini bukan seperti lembaga keuangan bank, namun kegiatannya tetap diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Jadi, jika Anda mengajukan syarat kredit mobil melalui Multifinance tersebut tidak perlu khawatir, karena lembaga ini telah memenuhi perusahaan pembiayaan kepada konsumen. Lalu, bagaimana cara mengajukan kredit mobil melalui perusahaan tersebut?

Ingin Mengajukan Kredit Mobil Mudah? Begini Tata Caranya

Sebelum mengajukan kredit mobil, ada beberapa cara yang perlu Anda perhatikan. Anda bisa menyimak ulasan berikut ini:

1.    Memilih Mobil yang Sesuai Kemampuan

https://www.pexels.com/photo/mercedes-benz-steering-wheel-4002393/

Langkah pertama ketika mengajukan kredit mobil, Anda harus memilih jenis mobil yang sesuai dengan kemampuan. Walaupun pihak pemberi kredit tidak mengajukan syarat ini secara tertulis, namun hal ini jangan sampai Anda hiraukan.

Syarat memilih mobil sesuai kemampuan merupakan hal yang paling penting sebelum melakukan kredit. Hindarilah memilih mobil dengan harga yang sangat tinggi, karena hal tersebut dapat mempengaruhi kondisi manajemen keuangan Anda nantinya.

2.    Mempunyai Rekening Sehat

Jika Anda telah memilih mobil sesuai kemampuan, sebaiknya Anda memiliki rekening sehat apabila berniat melakukan pengajuan syarat kredit mobil. Fu terlihat dari transaksi keuangan yang tidak mencurigakan atau tagihan kartu kredit yang belum lunas.

Baca Juga :  Asah Bakat si Kecil Yuk, Ini Daftar Kursus Hobi dengan Biaya Mahal

3.    Memilih Leasing Terpercaya

Jika Anda telah menentukan jenis mobil yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Selanjutnya, pilihlah leasing terpercaya.

Setelah itu, Anda juga harus mempertimbangkan bagaimana prosedur dan juga persyaratan yang mereka ajukan. Alangkah, lebih baik jika Anda membuat perbandingan harga antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Tujuannya, supaya Anda memperoleh harga wajar dan jika beruntung bisa dapat banyak bonus.

4.    Menyiapkan Beberapa Dokumen Pribadi

Cara selanjutnya ketika mengajukan syarat kredit mobil ialah menyiapkan beberapa dokumen pribadi yang perusahaan butuhkan.

Dokumen pribadi yang perlu Anda siapkan misalnya, kartu identitas (KTP/SIM/Passport) dengan fotokopinya, slip gaji, kartu keluarga dengan fotokopinya, bukti pajak bumi dan bangunan atau rekening listrik, NPWP, tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir, keterangan izin praktik (bagi wiraswasta), dan akta pendirian perusahaan dan SIUP (bagi perusahaan) beserta fotocopy.

5.    Memilih Asuransi yang Akan Anda Gunakan

Selanjutnya, pilihlah jenis asuransi yang akan Anda gunakan. Kami sarankan memilih asuransi pada masa yang sama atau sesuai dengan waktu cicilan mobil Anda nantinya.

Untuk memilih jenis asuransi, Anda dapat berkonsultasi dengan dealer atau tempat Anda membeli mobil. Jenis asuransi mobil sendiri terbagi ke dalam dua jenis, yaitu All Risk dan Total Loss Only. Pilihlah jenis asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan.

6.    Proses Survei dan Dokumen

Jika semua syarat dan dokumen lengkapnya telah Anda isi, maka pemberi kredit atau lembaga biasanya akan melakukan survei.

Baca Juga :  7 Tips Membeli Kasur Secara Online

Lama persetujuan kredit sendiri biasanya bervariasi. Bisa dalam waktu hitungan jam, atau minggu. Hal tersebut tergantung dari bagaimana kelengkapan dokumen dan juga profil keuangan Anda di lembaga keuangan, tepatnya Bank Indonesia. Apabila profil keuangan Anda dianggap aman, maka syarat kredit mobil akan berlanjut ke tahap selanjutnya.

7.    Konfirmasi Kredit

Setelah proses survei telah selesai, pada tahap selanjutnya, Anda akan mendapatkan konfirmasi kredit dari bank atau leasing. Mereka akan memberikan informasi terkait status pengajuan mobil Anda.

Jika pengajuan kredit mobil diterima oleh bank, maka Anda harus membaca dan menandatangani kontrak kredit dengan uang muka atau down payment yang wajib Anda bayarkan, dengan ketentuan beserta jumlah cicilan yang nantinya harus Anda bayar.

8.    Melunasi Uang Muka

Tahap terakhir cara kredit mobil ialah melunasi uang muka atau biasa disebut dengan down payment. Untuk jenis mobil pribadi, biasanya pihak pemberi kredit akan mengajukan uang muka mulai dari 20% sampai 30 % dari total harga mobil keseluruhan.

Semakin besar uang muka yang Anda bayarkan, maka cicilannya akan semakin ringan. Untuk mendapatkan perhitungan secara detail, Anda dapat menanyakan langsung kepada pihak leasing. Jadi, besaran DP yang terbayarkan akan mempengaruhi terhadap nominal cicilan yang Anda bayarkan.

Keuntungan Mengajukan Kredit Mobil Melalui Maybank Finance

Jika Anda telah mengetahui bagaimana cara menentukan kredit melalui Maybank Finance, inilah keuntungan yang dapat Anda peroleh:

Baca Juga :  Investasi Yang Bisa Ditinggal Tidur Tanpa Was-Was YA Deposito Di Aplikasi digibank by DBS

Proses Pengajuan Kredit Lebih Cepat dan Mudah

Jika Anda ingin melakukan proses pengajuan kredit, maka Maybank Finance akan mengajukannya lebih cepat dan juga mudah. Anda hanya membutuhkan waktu 1 hari saja, jika semua dokumen nya telah mereka terima.

Namun, dengan kemudahan dan juga proses pengajuan kreditnya yang cepat tersebut, tentunya ada biaya tambahan yang perlu Anda perhatikan. Walaupun demikian, debitur dapat memperoleh pelayanan proses kredit yang cepat dan mudah.

Demikianlah bagaimana syarat kredit mobil melalui Maybank Finance yang dapat Anda lakukan. Suatu hal yang pasti ketika akan mengambil kredit mobil, jangan mengambil dengan terburu-buru. Apalagi bank juga biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memverifikasi data Anda. Tujuannya, supaya resiko peminjamannya lebih rendah.

Referensi:

https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/persyaratan-kredit-mobil

https://otomotif.tempo.co/read/1408553/kredit-mobil-baru-patuhi-4-syarat-wajib-ini

https://oto.detik.com/tips-and-tricks/d-5267340/beli-mobil-dengan-kredit-ini-4-syarat-wajib-supaya-pengajuan-diterima

https://lifepal.co.id/media/kredit-mobil-baru/

0 Shares:

Ambil hanya informasi, tinggalkan hanya komentar. Silahkan berbijak hati untuk mengisi kolom komentar. Salam

You May Also Like