Photo by Alexandra Maria: https://www.pexels.com/photo/woman-at-shoe-store-318236/

Bukanlah hal yang mudah ketika Anda memutuskan untuk membangun usaha sendiri. Modal usaha pasti akan menjadi hal penting yang perlu Anda pikirkan. Berapa modal usaha yang Anda butuhkan? Apakah Anda memiliki modal usaha yang cukup atau tidak? Apabila tidak, bagaimana caranya Anda bisa mengumpulkan modal usaha tersebut? 

Setelah itu, keberadaan bank digital tentu akan menjadi proses berikutnya yang Anda pikirkan untuk memudahkan semua transaksi yang akan Anda lakukan.

Walaupun sebagian orang mengatakan usaha tidak membutuhkan modal, tapi percayalah bisnis Anda bisa berkembang dengan adanya modal yang cukup. Ada berbagai cara bisa Anda lakukan untuk mendapatkan modal, salah satunya dengan memanfaatkan layanan pinjaman yang terdapat pada bank digital.

Selain ketersediaan modal, pengelolaan modal juga sangat penting untuk dilakukan. Pasalnya, ada banyak pelaku usaha yang gulung tikar karena salah dalam melakukan pengelolaan modal. Anda bisa memanfaatkan bank digital untuk melakukan pengelolaan modal agar lebih mudah untuk melakukan kontrol.

Tips Kelola Modal Usaha untuk Pemula dengan Memanfaatkan Bank Digital

Bisnis Anda akan semakin lancar jika melakukan pengelolaan modal usaha dengan tepat. Alokasi dana yang Anda lakukan harus tepat sesuai dengan pos-posnya. Berbagai transaksi ini akan lebih mudah jika Anda melakukannya dengan menggunakan bank digital.

Sebelumnya Anda perlu mengetahui, apa itu digital banking? Secara harfiah, digital banking merupakan segala kegiatan perbankan yang seluruhnya dilakukan secara digital atau melalui internet. Sehingga Anda bisa melakukan transaksi atau mutasi hanya dengan menggunakan aplikasi saja.

Baca Juga :  Ingin Jadi Reseller Sukses? Pelajari Dulu Syarat Menjadi Reseller Berikut ini!

Sebagai pemula, Anda perlu mempertimbangkan beberapa tips untuk mengelola modal usaha dengan memanfaatkan bank digital, antara lain :

  1. Memisahkan Rekening untuk Usaha

Besar kecilnya usaha tidak bisa menjadi alasan bagi Anda untuk menunda memisahkan rekening usaha dengan keuangan pribadi. Cara ini perlu Anda lakukan untuk memudahkan Anda dalam mencatat pengeluaran dan pemasukan usaha yang lebih terperinci.

Selain itu, juga akan membantu Anda dalam mengelola arus kas secara akurat. Anda perlu membuat rekening khusus untuk menampung kas usaha, sehingga apabila terjadi masalah keuangan, maka uang pribadi tidak akan bercampur dengan modal usaha.

  1. Membuat Pos Khusus Pengeluaran

Tidak hanya membuat rekening terpisah, Anda juga perlu membuat akun pengeluaran sendiri. Buatlah rencana, berapa persen pengeluaran bisnis Anda dari modal tersebut. Buatlah target keuntungan yang ingin Anda capai dari aktivitas usaha tersebut.Selain itu, Anda juga perlu mencadangkan kas untuk situasi darurat.

  1. Buatlah Catatan Pembukuan yang Baik

Pembuatan catatan pembukuan menjadi aktivitas yang tak kalah penting. Hal ini akan membantu Anda dalam pengelolaan dan mengatur modal usaha. Pencatatan transaksi secara rinci harus dibuat berdasarkan bukti transaksi. Pasalnya, catatan pengeluaran transaksi yang tanpa disertai dengan bukti pasti akan menimbulkan masalah di kemudian hari. Anda perlu membuat catatan pengeluaran dari jumlah terkecil sampai terbesar.

  1. Fokus pada Satu Bisnis

Hasil kerja keras Anda akan menjadi lebih maksimal jika bisa fokus pada satu bisnis yang sedang Anda tekuni. Tidak perlu menambah usaha lain jika target bisnis Anda belum tercapai. Kondisi keuangan yang tidak stabil akan mempengaruhi keadaan modal usaha Anda. Fokus yang terbagi akan membuat bisnis Anda tidak berjalan dan mencapai hasil maksimal.

  1. Hindari Berhutang
Baca Juga :  Langkah dan Cara Beli Bitcoin dengan PayPal yang Mudah

Jerat hutang akan membuat bisnis Anda tidak bisa berumur panjang. Sebagai pemula, Anda tidak perlu berhutang jika tidak diperlukan. Jangan sampai penghasilan yang belum memadai membuat Anda menunggak hutang. Anda bisa mengembangkan usaha dengan modal yang ada. Apabila dirasa cukup, Anda baru bisa melakukan penambahan modal melalui pinjaman.

  1. Carilah Mentor

Pelaku yang masih pemula penting sekali untuk memiliki mentor yang bisa memberikan kritik, bantuan maupun saran yang terkait dengan bisnisnya. Anda perlu mencari mentor yang berpengalaman untuk membimbing Anda dalam melakukan aktivitas bisnis. Tujuannya untuk meminimalisir kekurangan dan kesalahan selama menjalankan aktivitas bisnis.

  1. Mengontrol Arus Keuangan

Arus keuangan, khususnya pendapatan yang semakin lancar akan mempermudah terpenuhinya semua kewajiban perusahaan. Apabila tidak lancar, berarti ada yang salah dengan cara Anda dalam mengelola keuangan maupun mengatur modal usaha. Apalagi untuk pelaku bisnis pemula, penting sekali untuk membuat anggaran secara terperinci.

Kelola Keuangan Usaha Anda di Aplikasi  digibank by DBS

Photo by Katie Harp: https://www.pexels.com/photo/getting-paid-money-and-red-wallet-12591341/

Meskipun masih sebagai pemula, Anda perlu melakukan pengelolaan keuangan secara benar. Cara tersebut bisa Anda lakukan dengan menyimpannya di Aplikasi digibank by DBS. Bisnis yang berkembang pesat, tentu berawal dari pengelolaan keuangan yang baik. Bank digital digibank by DBS memberikan layanan lengkap untuk memenuhi kebutuhan penggunanya.

Seluruh uang yang hasilkan dari aktivitas bisnis bisa Anda simpan atau putar kembali dengan memanfaatkan berbagai ragam jenis investasi. Anda akan mendapatkan peluang cuan tinggi dengan memanfaatkan fitur pengelolaan keuangan yang membuat Anda menjadi level up. Sampai di sini, Anda tentu semakin memahami apa itu digital banking?

Baca Juga :  Investasi Yang Bisa Ditinggal Tidur Tanpa Was-Was YA Deposito Di Aplikasi digibank by DBS

Berikut ini beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS, antara lain :

  • Layanan transaksi lengkap, mudah dan aman.
  • Tersedia layanan investasi dan asuransi
  • Tersedia produk kartu kredit, dan pinjaman

Menarik sekali bukan, berbagai keunggulan yang diberikan digibank by DBS? Bank digital yang lengkap dengan fiturnya untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Segera gunakan digibank by DBS untuk mendapatkan kemudahan pengelolaan keuangan serta untuk mengamankan aset Anda. Selengkapnya untuk keunggulan Aplikasi digibank by DBS, silakan cek di link berikut https://www.dbs.id/digibank/id/id/default.page

0 Shares:

Ambil hanya informasi, tinggalkan hanya komentar. Silahkan berbijak hati untuk mengisi kolom komentar. Salam

You May Also Like
Read More

4 Manfaat Kaldu Jamur

Pernahkah Anda mendengar tentang nama kaldu jamur? Belakangan ini, kaldu jamur sempat menjadi trend karena rasanya yang enak…