cara membuat foto panorama dengan Adobe Phosothop CS

55
views

Pernahkan anda merasa terbatas dengan kemampuan lensa anda yang kurang bisa menangkap gambar secara lebih lebar? Gunakanlah teknik foto panorama untuk mewujudkan kenginginan anda tersebut.

Saran saya, jangan gunakan mode panorama otomatis pada kamera anda, karena biasanya hasil resolusi akhir yang rendah. Ambilah foto panorama secara manual pada jenis kamera apapun, bahkan pada kamera ponsel anda. Pada postingan selanjutnya akan saya jabarkan teknik yang baik dalam pengambilan foto panorama secara manual.

Pada postingan kali ini, saya akan menjabarkan cara sederhana mengolah foto yang telah anda ambil untuk dijadikan satu file foto panorama. Pastikan kesemua foto tersebut memiliki daerah yang bertampalan.

Pada postingan sebelumnya saya menggunakan Software bawaan Canon, yaitu Canon photostitch. Kali ini saya akan menggunakan software photoshop CS. Setahu saya, fitur ini telah ada semenjak photoshop CS yang pertama, untuk photoshop CS kebawah saya tidak mengetahui secara pasti.

  1. Bukalah photoshop CS, kemudian pilihlah File -> automate -> photomerge

1. GhozaliQ_PanelPhotoshop

2. Pilihlah foto yang akan anda olah, pastikan memiliki bagian yang bertampalan.

2. GhozaliQ_MemilihFoto

3.  pada bagian Layout, biarkan saja auto bila anda ingin software yang membacanya dari kumpulan foto anda. Perhatikan juga bagian bawah, ada Geometric Distortion Corection. Fungsi ini berkaitan dengan distorsi geometrik pada lensa anda, jika anda uncheck maka hasilnya akan seperti pada poin nomor 4, jika anda check  maka akan seperti poin nomor 5. Lalu piilihlah OK

Baca Juga :  14 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemula Ketika Memotret Landscape

3. GhozaliQ_PanelPemilihan

4. jika anda uncheck maka hasilnya akan seperti ini,

4. GhozaliQ_HasilDistorstionCorecion

5. Jika anda check  maka akan seperti ini

5. GhozaliQ_HasilTanpaDistortion

6. lakukan Cropping untuk menghaluskan hasil foto panorama tersebut.

6. GhozaliQ_CropManual

7. Maka hasil akhirnya akan seperti in, lakukan Save As pada file tersebut.

7. GhozaliQ_HasilPanorama

Bagaimana? sederhana dan cepat kan? silahkan mencobanya, untuk melihat beberapa foto hasil panorama saya, silahkan lihat pada postingan dengan kategori panorama.

Semoga bermanfaaat…

Salam jepret.

Ambil hanya informasi, tinggalkan hanya komentar. Silahkan berbijak hati untuk mengisi kolom komentar. Salam