Pemerahan Susu Sapi di Agro Wisata Nusa Pelangi, Desa Gubugklakah

Koperasi Nusa Pelangi terletak di Desa Wisata Gubugklakah. Bergerak di bidang agro wisata, koperasi Nusa Pelangi ini fokus di bidang per-sapi-an. Intinya segala macam yang berhubungan dengan susu sapi ada di Nusa Pelangi.

Koperasi Nusa Pelangi nampak dari depan, saat itu masih pagi ­čÖé

Agro Wisata di Nusa Pelangi ini ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan bersama rombongan. Paling ideal untuk datang ke tempat ini adalah saat akhir pekan atau saat libur sekolah. Datanglah saat sore hari, sekitar jam 14.00. Kami datang terlalu pagi saat itu, sehingga kami tidak menjumpai proses pemerahan menggunakan mesin, juga food court yang masih tutup.

Cuma ini satu-satunya sapi di Nusa Pelangi yang tidak bisa diperah.

 

Ada wahana bermain untuk anak juga apabilan telah lelah berkeliling.

Saya datang ke Nusa Pelangi bersama rombongan Bloger Eksplor Desa Wisata Malang. Kegiatan yang pertama kami lakukan adalah melihat para sapi dimandikan serta dibersihkan kandangnya. Pembersihan kandang ini dilakukan rutin setiap beberapa waktu sekali. Kebersihan sapi dan kandang harus dijaga dengan baik agar susu yang dihasilkan steril dari bakteri dan benda asing lainnya.

Kantung susu sapi akan kempis ketika proses pemerahan selesai.

Setelah sapi dimandikan, rupanya bagian susu dari sapi yang akan diperah dibilas menggunakan air hangat terlebih dahulu. Gunanya untuk merangsang agar susu yang dihasilkan lebih banyak, sehingga meningkatkan hasil produksi di tiap sapi yang diperah.

 

Teknik untuk memeras susu sapi menggunakan tangan memang haruslah dari orang yang ahli. Sapi yang sedang diperah juga diharuskan untuk tidak diganggu, seperti memegang sapi tersebut atau lalu-lalang di depan sapi yang sedanag diperah. Pastikan sapi merasa tenang dan rileks ketika sedang proses pemerahan.

Baca Juga :  [Video] Trip Ramayana Sendratari, Prambanan
Mesin untuk memerah sapi secara otomatis, lebih cepat dan lebih higienis.

Sebenarnya pemerahan yang biasa dilakukan di Nusa Pelangi menggunakan mesin, selain lebih praktis, ke-higienis-annya juga bisa dijaga. Biasanya untuk pemerahan menggunakan tangan, susu yang didapatkan tersebut diberikan kepada anak sapi.

Sapi dewasa cukup disandingkan namun tetap diberi tali pengikat.

Kandang sapi dewasa siap perah terpisah dengan kandang anak sapi, masih dalam satu area namun berbeda atap. Untuk kandang anak sapi dibuat bilik untuk setiap anak sapi, sehingga tidak saling mengganggu antara anak sapi dengan anak sapi lainnya.

Anak sapi tidak diikat, namun satu bilik sendirian.

 

Dari kiri, kandang sapi dewasa, kandang anak sapi, gudang pakan sapi.

Di sebalah kandang anak sapi, ada sebuah bangunan tertutup yang digunakan sebagai lumbung makanan sapi. Selain digunakan untuk menyimpang pakan hijau dan konsentrat untuk sapi, juga ada sebuah mesin pencacah. Sehingga pakan hijau yang biasanya berupa pohon jagung utuh tersebut dilunakkan dan dipotong terlebih dahulu sebelum diberikan kepada sapi.

Ruang studio yang berisi perangkat audio visual untuk pengujung.

Di Agro Wisata Nusa Pelangi ini juga tersedia sebuah ruang studio yang biasanya digunakan untuk menerima rombongan wisatawan untuk diberikan sedikit gambaran mengenai per-sapi-an di lokasi ini. Sehingga saat para tamu turun ke kandang sapi, mereka sudah jauh lebih memahami seluk beluk sapi.

 

Untuk wisatawan yang datang, bisa memilih 3 paket yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda ketika datang ke Agro WIsata Nusa Pelangi. Paket tersebut bisa dilihat pada gambar berikut ini :

Silahkan memilih paket yang anda inginkan ketika berkunjung ke agro wisata Nusa Pelangi.

 

Agro Wisata Nusa Pelangi juga memiliki hasil olahan susu yang cocok untuk oleh-oleh atau cemilan saat berada di lokasi. Hasil olahan tersebut antara lain Stick susu, permen susu, krupuk susu, susu Pasteurisasi, Ice Cream dan Yoghurt. Hasil olahan ini dijual di food court yang berada di dekat pintu masuk Agro Wisata Nusa Pelangi.

Baca Juga :  Gedong Songo, Ada Cerita Dibalik Damainya Alam
Suasana food court ketika pagi itu, terlalu pagi sehingga belum ada yang buka.

Bila Anda penasaran dengan sedikit gambaran di Nusa Pelangi, silahkan di simak pada foto panorama 360 berikut ini. Pastikan Anda menggunakan browser yang mendukung untuk memutar foto panorama berikut ini.

 

Jika anda berminat untuk berkunjung atau ingin sekedar mencari informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi kontak sebagai berikut :

 

Instagram : @nusa_pelangi

Facebook : Nusa Pelangi

Contact Person : 087859956722 (Siska) / 081233482080 (Etik)

 

Lokasi Agro WIsata Nusa Pelangi ini berada di -8.0259133, 112.8288183, atau silahkan ikuti peta berikut ini.

Bila anda ingin berkunjung ke Desa Wisata Gubugklakah, Kabupaten Malang. Silahkan hubungi kontak berikut ini untuk sekedar mendapatkan informasi paket yang tersedia atau untuk melakukan pemesanan aktivitas di Desa Wisata Gubug Klakah

 

Desa Wisata Gubugklakah
Alamat : Desa Gubugklakah, Kecamatan Poncokusumo,
Kabupaten Malang, Jawa Timur.
Contact Person  : 087859478177 ( Pak Anshori )

Tulisan ini dibuat atas perjalanan bersama tim blogger #EksplorDeswitaMalang pada tanggal 14-16 April 2017 pada 4 Desa Wisata di Kabupaten Malang.

 

8 COMMENTS

  1. Nah pas disini aku masi penasaran gimana cara kerja memeras dengan mesin plus belum nyoba hasil olahannya :’) apa kita terlalu siang ya, jadi gak sempat lihat proses memerah dg mesin

Comments are closed.