10 Tips Memotret Dengan Kamera Smartpone, Handphone atau Tablet

Camera 360
suatu senja di waduk sermo, kulon progo, DIY

Handphone atau tablet adalah alat yang selalu kita bawa kemanapun,  selain fungsi utamanya sebagai alat komunikasi, alat ini juga memiliki fungsi lainnya yang tidak bisa lepas dari kegiatan sehari-hari kita. semisal audio dan video player, GPS, recorder, calendar, dan yang terutama adalah kamera.

Dahulu saat awal kamera handphone keluar, masih beresolusi 320 x 240 (CIF), kemudian meningkat menjadi 640 x 480 (VGA), 1 MegaPixel, dan peningkatan jumlah pixel pada sensor kamera pada handphone tersebut. Peningkatan selanjutnya adalah mulai penambahan flash dan juga material lensa yang lebih baik.

Namun kualitas dari jepretan kamera perangkat ini tetaplah terbatas, selain dari kualitas sensor dan optiknya, cara kita menggunakannya juga kurang maksimal.

2011-09-03 18.02.49 (Copy)
Asal jepret didepan rumah, dapat “motion” kendaraan yang lewat

Berikut ini adalah 10 tips yang mungkin bisa anda gunakan untuk meningkatkan hasil dari kualitas foto yang berasal dari perangkat ini, apapun merk handphone anda, apapun kualitas jepretan kamera anda silahkan:

foto foto berikut saya ambil menggunakan kamera handphone bermerek dan bertipe SAMSUNG GT-S5660 Galaxy Gio

1. Jangan pergunakan zoom, mendekatlah ke obyek yang akan kita foto

Secara kontruksi perangkat keras, kamera handphone tidak memiliki kontruksi untuk memaju mundurkan lensa, dan juga cenderung memperkecil obyek foto. Usahakanlah agar anda memotret dari jarak yang cukup sehingga keseluruhan obyek bisa memenuhi frame tanpa harus menggunakan zoom. Zoom pada kamera handphone atau tablet akan menurunkan resolusi foto anda secara keseluruhan dan membuat foto tidak tajam. sehingga akan mengurangi kualitas dari keseluruhan foto.

Camera 360
Ngejar pelangi sama aja percuma, cukup berdiri saja tanpa zoom

 

2. Pastikan objek yang akan anda ambil fotonya mendapatkan cahaya yang cukup

Kamera handphone tidak memiliki kesesensitifa seperti mata kita yang bisa melihat di keremangan. Kamera handphone tidak memilki pengaturan ISO secara manual dalam rentang yang lebar. Usahakan selalu agar cahaya yang menerangi obyek foto mencukupi, hasil foto pada luar ruangan (outdoor) cenderung lebih bagus dibanding dalam ruangan (indoor). Jika tersedia flash dalam handphone anda, gunakanlah flash tersebut saat memotret dalam ruangan ataupun kurang cahaya. gunakan flash saat memotret indoor. Kemampuan flash pada handphone paling hanya mampu menerangi sekitar 2-3 meter, jadi jangan berharap lebih dengan kemampuan flash pada handphone anda tersebut..

Baca Juga :  Cara memotret macro dengan murah meriah mudah
2011-07-28 02.41.10 (Copy)
dibantu oleh cahaya api, camping di perkebunan teh promasan, ungaran, semarang, jawa tengah
Camera 360
malam hari memotret kontrakan lama yang kini telah berganti nama 😀
IMG_20121227_202133 (Copy)
suguhan saat berkunjung ke rumah teman, cahaya redup membuat foto terlihat lebih hangat

 

3. Peganglah handphone anda dalam keadaan se-stabil mungkin.

Karena kamera handphone tidak memiliki pengatur kecepatan shutter, sehingga jarak waktu antara jari anda menekan tombol untuk mengambil gambar dengan saat sensor kamera handphone anda mengambil gambar akan sangat berpengaruh pada goncangan pada handphone anda. Semakin stabil kamera semakin jernihlah foto kita dari blur. Jadi usahakanlah supaya tangan kita diam dan tenang saat mengambil foto. Jika perlu, manfaatkan benda yang lebih stabil sebagai sandaran, misalnya pohon atau tembok sehingga membantu kestabilan tangan. untuk menambah kestabilan handphone anda, pakailah mode timmer, tindakan tersebut sangat berguna untuk mengurangi goyangan pada handphone anda ketika anda menekan tombol shutter pada handphone anda

Camera 360
dari lantai 5, pegang dengan erat agar tidak goyang dan tidak jatuh 😀

 

4. Pahamilah tentang komposisi dalam sebuah foto

Pemahaman anda tentang komposisi yang baik dan bagus akan membantu anda untuk dapat memotret dengan lebih baik. Namun jangan terpaku, seperti kata para fotografer tenar bahwa dalam aturan pertama dalam fotografi adalah tidak ada aturan,  yang ada adalah selera.

IMG_20120304_143501 (Copy)
letakkan objek (manusia) di pinggir, agar komposisi semakin menarik. berada di titik 0 meter pendakian gunung leuser dan gunung looser
2012-02-12 11.55.46 (Copy)
posisi objek (manusia) berada di pojok kanan bawah, sepertiga dari luasan gambar. berada di ekosistem taman nasional gunung leuser, aceh

 

5. Ambilah gambar dari sudut pandang yang tidak biasa

Foto yang diambil dari handphone biasanya hanya terlihat bahwa itu diambil dari ketinggian sebahu dan sebatas mata saja. Foto yang diambil dari sudut yang biasa-biasa saja maka hasilnya juga akan biasa-biasa saja. Cobalah memotret dari sudut yang tidak biasa, misalnya dari bawah obyek seperti contoh di bawah. atau juga bisa dari atas.

Baca Juga :  cara membuat foto panorama dengan Adobe lightroom 6
2011-12-30 10.25.26 (Copy)
sedikit bergerak turun untuk mendapatkan sudut pandang yang berbeda

 

6. Pilih resolusi tertinggi di kamera handphone anda

Resolusi tertinggi pada kamera handphone anda, berarti foto yang dihasilkan memiliki detail lebih banyak dan bisa dicetak dalam ukuran yang lebih besar. Jika kamera handphone ada memberikan pilihan resolusi, pilihlah resolusi yang tertinggi. Resolusi tinggi juga berarti ukuran file yang lebih besar, ini menjadi pertimbangan bagi pemilik kamera handphone dengan kapasitas memory terbatas atau misalnya foto akan dikirim maka akan membutuhkan waktu transfer lebih lama. tetapi dalam masa sekarang ruang penyimpanan pada handphone sudah mencapai 1 gigabyte lebih rata-rata.

C360_2012-05-19-12-32-06 (Copy)
ukuran resolusi terbesar untuk mendapatkan detail foto. berada di danau laut tawar, aceh tengah, aceh

7. Pastikan lensa pada kamera handphone anda selalu bersih dan terhindar dari goresan.

Sebaik apapun teknik ketika kita memotret dan sebagus apapun obyek yang telah kita foto tapi jika lensa kita kotor maka hasilnya pastilah kurang maksimal bahkan jelek. Handphone kita sering berada di kantong dalam waktu yang lama, maka kotoran kelamaan akan menempel di lensa kamera, oleh karena itu secara berkala bersihkan lensa dari kotoran. Gunakan kain lembut untuk membersihkan, tak perlu cairan apapun. Jika terkena minyak, gunakan cairan pembersih LCD atau kacamata.

2013-02-02 16.58.02 (Copy)
area lembab, berdebu, serta berliat seperti ini rentan membuat lensa kamera anda kotor, jagalah dengan hati hati. dalam pendakian gunung merbabu, jawa tengah

 

8. Pahami waktu jeda shutter

Setiap kamera pasti memiliki apa yang disebut shutter lag, yakni waktu jeda antara saat kita memencet tombol shutter dan saat kamera mulai mengambil foto. kamera handphone juga memiliki hal ini, bahkan seringkali ada meiliki jeda yang cukup lama, Kenali waktu jeda ini dengan baik supaya tangan kita tetap tenang sesaat setelah kita menekan shutter.

Baca Juga :  20 Original Kevin Wang Picture Style
IMG_20130308_175619 (Copy)
gambar shake, akibat goyang serta posisi tangan dan kaki yang kurang ergonomis
Camera 360
duduk maupun jongkok membuat tangan anda lebih tenang, terutama dalam menikmati senja seperti ini

 

8. Hindarilah mengedit foto dari handphone secara langsung

Aplikasi editor foto di Handphone memiliki beberapa fitur pengolahan foto bawaan yang cukup menarik (dan lucu-lucu), namun biasanya memiliki kelemahan seperti penurunan resolusi saat disimpan dalam media penyimpanan. Namun jika anda cukup tahan godaan tersebut dan rela untuk merasakan kerepotan  ketika mengolah foto tesebut  di komputer, maka hasilnya akan jauh lebih bagus dan kita akan memiliki keleluasaan kreatif yang lebih besar nantinya ketika mengolah foto di komputer.

CameraZOOM-20120416175846677 (Copy)
hindari mengedit langsung dari handphone anda, kecuali aplikasi tersebut mensupport high resolution dan effect yang ciamik

 

9. Ambillah foto sesering mungkin

jangan takut kamera pada handphone anda rusak, karena sekali kita memotret dan hasilnya kurang memuaskan, maka tinggal kita menghapus foto tersebut. kita mengambil foto tersebut juga tanpa ongkos dan tak perlul harus mencetak dalam lembaran kertas dahulu sebelum kita mampu menikmati hasilnya. bersyukurlah kita dapat menikmati kenyamanan pada zaman teknologi seperti ini. Karena itu, jangan sungkan dan ragu, potretlah sebanyak dan sesering mungkin, semakin banyak kita memotret semakin banyak pula hasil yang bagus.

Camera 360
masa tempat indah seperti ini tidak anda abadikan?? apalagi dengan sepeda kesayangan 😀
IMG_20130312_181655 (Copy)
senja syahdu seperti ini juga amat sangat berharga untuk dapat anda lewatkan 😀

10. Pastikan Anda tetap melakukan backup foto secara berkala, karena kita tidak tahu kapan sistem operasi smartphone kita akan mengalami kerusakan

jadi, walaupun anda memakai kamera handphone, jangan berkecil hati, maksimalkan penggunaanya dan anda akan mendapatkan foto yang maksimal dengan perangkat yang seadanya. 
salam jepret 😀

 

2 COMMENTS

  1. Terima Kasih atas tipsnya saya jadi banyak tau cara yang baik menggunakan kamera HP saya.

    Kalau Tips menggunakan fisheye ada gak?

    Terima kasih

Leave a Reply