10 Cara Agar Foto Tetap Tajam di Situasi Minim Cahaya

2 detik pakai monopod

Cahaya merupakan hal terpenting dalam fotografi. Kelebihan cahaya tidaklah bagus, begitu juga ketika kekurangan cahaya. Seringkali ketika memotret malam hari atau pada kondisi kurang cahaya kita sering kerepotan mulai dari pencarian fokus hingga kecepatan rana yang berada di bawah kemampuan kita menjaga kamera tetap stabil.

Biasanya ketika memtoret konser yang diperlukan kecepatan cukup dan tentu saja tanpa flash. Memotret pemandangan pada sore atau pagi dimana cahaya belum muncul sepenuhnya, membuat kecepatan rana dinaikan lebih lambat dari 1 detik tentunya.

Menurut pengalaman saya, kendala –kendala semacam itu bisa diatas dengan beberapa cara di bawah ini :

Namanya tripod, sahabat baik para landscaper
  1. Tripod lah jawaban utamanya, kaki tiga ini bisa menahan kamera lebih stabil dalam waktu yang lama. Repot merupakan alasan klasik orang malas membawa benda ajaib ini.
  2. Monopod, kaki satu pengganti tripod yang lebih ringkas dan lebih kecil, biasa saya gunakan ketika memotret acara konser. Kaki tripod biasanya tersandung orang, maka dengan menggunakan monopod ini akan lebih aman. Walau dengan menggunakan monopod ini biasanya saya hanya bisa stabil sekitar 1-3 detik saja.
  3. Tripod dan monopod tidak ada? Gunakanlah benda di sekitar anda, seperti pagar, kursi, tas, dan benda lainnya yang menurut anda bisa membantu kamera anda tetap stabil.
  4. Jika ketiga benda di atas tidak ada, maka peganglah dengan kedua tangan mendekat pada dada anda, tahan nafas, lebarkan jarak kedua kaki anda atau senderkan tubuh anda pada tembok agar tetap stabil.
  5. Gunakan timer, atau shutter release untuk mengurangi guncangan mikro pada kamera anda.
  6. Aktifkan fitur Image Stabilizer pada kamera atau lensa anda, sangat membantu menurut saya fitur ini.
  7. Gunakan bukaan terlebar pada kamera anda agar cahaya yang masuk lebih banyak sehingga kecepatan rana bisa ditingkatkan.
  8. Pada beberapa kamera ada fitur mirror lock-up untuk mengunci cermin sensor ke atas, sehingga ketika sensor hendak mengambil gambar, tidak ada goncangan mikro dari cermin tersebut saat bergerak ke atas.
  9. Cara terakhir yang paling praktis digunakan adalah dengan menaikkan ISO ke yang lebih tinggi, imbasnya adalah munculnya noise.
  10. Ingin mengurangi noise yang muncul? Bisa anda gunakan fitur Noise Reduction pada kamera atau anda bisa mengolahnya kemudian pada computer.
Baca Juga :  cara membuat foto panorama dengan Adobe lightroom 6
Memakai batupod agar tetap sharp



Salam landscaper 😀