6 Tips Spesifik Dari Semalt : Membuat Situs Anda Tetap Mobile-Friendly

Dalam 20 tahun terakhir, perangkat mobile telah menggantikan keberadaan komputer desktop untuk aktivitas browsing konten internet dengan kecepatan tinggi. Untuk alasan ini, kebanyakan mesin pencari seperti Google telah beralih ke Search Engine Optimization (SEO) sebagai salah satu metode untuk menentukan peringkat dalam kueri penelusuran mereka. Banyak bisnis yang memiliki keuntungan ketika menggunakan pendekatan ini sebagai sarana pemasaran digital untuk meningkatkan visibilitas mereknya terhadap konsumen di seluruh dunia. Namun, menerapkan konsep tersebut untuk pelaku bisnis dan pengembangan web bukanlah tugas yang mudah.

Faktor-faktor berikut, yang didefinisikan oleh Ivan Konovalov, Customer Success Manager Semalt Digital Services, akan meningkatkan SEO Anda pada perangkat mobile:

  • Terlalu banyak intrusive interstitials seperti Pop-Up;
  • Font Kecil ( disarankan adalah 16 pt.);
  • Flash (Tidak didukung pada kebanyakan mobile browser, bisa terkena pinalti karena dianggap sebagai konten tersembunyi);
  • Kesalahan Teknis dan Bugs;
  • Jumlah kata berlebihan hingga lebih dari 700 Kata;
  • Terlalu kecilnya ukuran elemen untuk disentuh seperti Tombol dan Kotak Centang;
  • Menempatkan Kata Kunci di dalam Tautan Eksternal dari Situs Lain;
  • Link Internal yang berlebihan.

Faktor di atas mungkin buruk untuk SEO pada perangkat mobile, dan akan menyeret situs web Anda ke peringkat bawah jika tidak disesuaikan dengan benar. Namun, beberapa perubahan pada tampilan ponsel Anda akan meningkatkan SEO Anda. Modifikasi berikut diperlukan untuk membuat tampilan perangkat mobile Anda lebih nyaman untuk pengguna:

  1. Meningkatkan kecepatan situs Anda.

Google lebih memilih kecepatan waktu muat pada perangkat mobile yang cepat, karena mempengaruhi kesan pengguna dan penggunaan situs web. SearchMetrics, dalam studi Mobile Rangkin Factos, menujukkan bahwa waktu muat 1,10 detik dapat membuat peringkat situs naik sebesar 10, namun jika waktu muat turun menjadi 1.17 detik pada perangkat seluler, maka dapat membawa posisi ke peringkat 35 lebih bawah. Kecepatan situs adalah salah satu faktor teknis yang harus Anda tingkatkan pada halaman mobile Anda.

Baca Juga :  Cara Mudah Embed Lagu Dari Soundcloud Di Wordpress

  1. Gunakan AMP (Accelerated Mobile Pages).

AMP memiliki kode HTML dan CSS, yang berarti mudah memuat cache dan merender pada mobile browser. Kecepatan AMP 30 kali lebih cepat dan memiliki kemampuan untuk meningkatkan konversi dan click through rates.

  1. Gunakan daftar sekitar sembilan item.

Jumlah kategori akan sesuai dan tepat ketika melakukan scrolling pada keseluruhan halaman web. Hal ini merupakan salah satu faktor dari pengalaman pengguna pada alogaritma Google untuk menyaring banyak situs.

  1. Gunakan gambar secara selektif.

Menggunakan gambar adalah cara yang paling tepat untuk menyampaikan pesan Anda ke pembaca dengan cara yang mudah. Namun, terlalu banyak gambar juga bisa memperburuk rangking situs anda. Gunakanlah sekitar empat gambar yang memiliki resolusi tinggi dengan ukuran file yang minimal dan thumbnails cache untuk mempercepat memuat halaman. Penyesuaian ini akan menyelamatkan kecepatan situs Anda dari penurunan rangking.

  1. Kata kunci.

Pencarian kata kunci adalah salah satu teknik dasar SEO yang harus Anda gunakan dalam konten Anda. Menempatkan kata kunci dan frasa terkait dalam tubuh artikel Anda akan membuat situs mobile Anda memiliki faktor konten yang bermanfaat untuk rangking situs anda.

  1. Integrasi pemasaran di media sosial akan lebih efektif.

Media sosial memiliki kekuatan untuk menjangkau jutaan pengguna yang menyukai konten secara online. Lebih dari 77% dari semua konten online melewati pengguna melalui saluran media Sosial seperti WhatsApp dan Facebook Messenger. Lalu lintas desktop sebesar 26% sedangkan mobile hanya 16%. Data ini menujukkan bahwa lalu lintas mobile harus dioptimalkan untuk konten pada sebuah brand, sedangkan lalu lintas desktop untuk pengisian keranjang belanja dan pembelian.

Baca Juga :  Manfaat Bantal Leher Dalam Perjalanan