5 Langkah Membuat Blog Lebih Terlihat Minimalis dan Indah

Desain sering dianggap sepele oleh para blogger. Seringkali, mereka lebih tertarik untuk fokus pada konten yang baik, karena hal lainnya akan mengikuti.

Padahal, itu tidaklah selalu benar.

Nyatanya, desain, tampilan, dan juga kesan dari sebuah blog akan memainkan peran yang sangat besar dalam bagaimana seseorang berinteraksi dengan tulisan blogger. Jika desain blog anda biasa atau ketinggalan zaman, orang akan berpikir bahwa mereka tidak membutuhkan sesuatu untuk dibaca dari blog anda.

Padahal, paduan antar elemen dalam desain sebuah blog yang menarik akan bisa membuat banyak orang betah membaca blog. Dan ini tentunya akan bisa meningkatkan conversion rate dari pengunjung. Apakah itu dalam bentuk subscribers, followers, share, atau bahkan sales untuk yang memiliki blog sekaligus sebagai tempat usaha.

Salah satunya adalah dengan menggunakan desain blog yang minimalis. Selain lebih ringan untuk dimuat pada koneksi internet yang lambat, desain blog yang minimalis juga akan terasa ringan ketika dibuka menggunakan melalui gawai sekalipun. Hal ini akan berimbas pada user experience yang akan mengurangi bounce rate di blog.

Inilah 5 cara sederhana agar kita bisa meningkatkan penampilan blog minimalis.

Tambahkan White Space dan Kurangi Hal yang Mengganggu

Hal ini dilakukan agar pembaca lebih fokus pada konten dan tidak banyak terganggu dengan hal lainnya. Kita perlu menambahkan sisi atau bagian kosong (white space) kemudian menghilangkan beragam elemen lain yang biasanya ada di side bar.

desain blog minimalis
white is balancer

Dengan begitu, kita bisa mengetahui bagaimana perjalanan pengelihatan pembaca ketika mengunjungi blog. Kita bisa mengarahkan pembaca untuk terus membaca sampai selesai, sebelum akhirnya memberikan pilihan tulisan lain di bagian akhir.

Baca Juga :  6 Tips Spesifik Dari Semalt : Membuat Situs Anda Tetap Mobile-Friendly

Gunakan Foto yang Menarik

Buang-buang waktu dan tenaga. Jangan sampai menggunakan foto yang kurang menarik di dalam blog. Karena pembaca akan merasa tidak nyaman dan akan terganggu dari konten yang ada. Tampilan blog juga tentu akan menjadi kurang profesional.

desain blog minimalis
Bagus dan masih tetap nyambung dengan tema artikel di blog

Pilihlah foto berkualitas baik, tidak pecah, tidak terlalu kecil, dan tidak terlalu besar. Pastikan juga foto yang dipasang relevan dengan blog dan konten yang ada. Untuk menonjolkan kesan minimalis, pilih foto minimalis yang hanya berisi satu objek.

Gunakan Font Sederhana tapi Mudah Dibaca

Minimalis juga berarti menggunakan font yang sederhana. Dalam artian, sebaiknya tidak menggunakan font dengan jenis serif. Menggunakan font dengan tipe sans serif akan bisa membuat tampilan blog menjadi lebih bersih dan minimalis. Ingat, hindari penggunaan font yang memiliki sudut lancip.

desain blog minimalis
Pokoknya font yang tumpul dan cukup tebal memudahkan pembaca

Hanya saja, kita tetap perlu memilih jenis font yang tepat untuk judul dan bagian isi. Selain juga menentukan ukuran yang tepat untuk mudah dibaca pengunjung. Warna teks hitam pada background putih akan membuat lebih nyaman untuk dibaca.

Gunakan Warna Sesedikit Mungkin

Warna memiliki peranan penting untuk memberikan kesan minimalis dalam blog. Warna di dalam blog sendiri biasanya terdiri dari warna dasar, warna header, warna sidebar, warna font, warna link dan lainnya.

desain blog minimalis
less is best

Ini semua perlu disesuaikan dan sebisa mungkin memiliki warna senada dan serasi sehingga mudah dibaca tapi tetap memberikan penampilan cantik pada blog. Jangan terlalu banyak menggabungkan warna, karena nantinya, blog akan terasa ramai sehingga meninggalkan kesan berantakan. Jauh dari kesan minimalis. Cukup 3-4 warna dalam satu halaman.

Baca Juga :  Cara Mudah Embed Lagu Dari Soundcloud Di Wordpress

Konten Konten Singkat Sangat Membantu

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat tampilan blog cukup minimalis adalah dengan membuat konten yang tidak terlalu panjang, alias singkat. Memang, konten yang tidak terlalu panjang sendiri bisa berakibat pada performa rangking konten dan blog kita di mesin pencarian. Tapi, secara tampilan, postingan singkat akan memberikan kesan tegas, rapi, bersih, dan cepat.

desain blog minimalis
Short but meaningfull

Kesan-kesan inilah yang bisa memberikan pengalaman minimalis bagi para pengguna. Misalnya, kita bisa membuat konten blog yang berisikan satu foto, lalu memasukkan beberapa paragraf tulisan saja.

Jika memang membuat konten singkat tidak memungkinkan, tidak masalah. Yang penting semua elemen di atas sudah terpenuhi, maka tampilan blog tetap akan terasa minimalis.

Kesimpulan

Dari 5 hal di atas, tidak semuanya harus diterapkan. Sesuaikan saja dengan kondisi blog anda. Pada banyak kasus, biasanya blogger memiliki kesulitan untuk mendesain tampilan blog sendiri. Untuk mengatasinya bisa dengan mencari referensi dari desain blog lain dari mesin pencari.

Semoga tips di atas bermanfaat, salam blogging.

2 COMMENTS

  1. sepakat dengan 5 hal di atas untuk blog terlihat minimalis, rapi dan adem sama mata.
    Tapi, bagi blognya yang masih numpang seperti saya, harus nrimo temple gratisan yang ada. Bisa desain lebih sih, tapi harus bayar tambahan *emak2 udah mikir rugi duluan 😀 *

    • Ketimbang numpang di wordpress.com, mending wordpress self hosted kok, kecepatan sama fleksibilitasnya beda. Harga juga beda tipis, hahaha
      Sekali content placement balik modal lah untuk hosting dan domain setahun, ahaha
      apa mau nebeng di VPS saya?

Ambil hanya informasi, tinggalkan hanya komentar. Silahkan berbijak hati untuk mengisi kolom komentar. Salam