Akhir tahun 2018 adalah sebuah waktu dimana saya mendengar sebuah kalimat dari majikan saya yang membuat saya sadar pentingnya sebuah mimpi. Beliau bercerita kalau tahun 1997, saat ia masih duduk di bangku SMA, dia memimpikan sebuah pekerjaan dengan kaos dan celana kolor, tidak perlu mandi pagi, tidak perlu berangkat ke kantor, bahkan bisa bekerja sembari sarapan. Sekedar informasi, majikan saya saat itu menjalankan bisnis online berupa tas mewah dan aksesoris premium, serta studio foto yang mana adalah rumah tinggalnya sendiri.

Sesekali saya ikut beliau untuk mengantarkannya belanja ke mall, setelah barang-barang pesanannya didapatkan, beliau kerap mengajak saya sekedar minum kopi di kafe atau makan siang di dalam mall tersebut. Majikan saya selalu membawa laptop tipisnya kemanapun ia pergi, di setiap kesempatan ia selalu membuka laptop tersebut. Jemarinya lincah menyentuh touchpad dan juga menekan keyboard.

Melihat saya yang penasaran dengan yang dikerjakan, beliau pun bercerita kalau saat ini ia sedang membalas email dari kliennya, setelah itu ia membuat dokumen penawaran kepada klien yang lain, tak lupa pula ia mendesain sebuah poster untuk mempromosikan studio foto yang merupakan rumahnya itu. Saya pun segera menyadari, bahwa konsep bekerja beliau ini tidak mengenal tempat, tidak mengenal waktu, bahkan tidak mengenal perangkat yang ia gunakan.

Semenjak saat itu, saya mulai mengenal yang namanya bekerja dari mana saja, atau lebih dikenal dengan istilah work from anywhere. Untuk bekerja dari mana saja, kunci utamanya adalah perangkat dan konektivitas jaringan. 2 hal tersebut yang saat ini tentu saja sudah sangat mudah kita mendapatkannya dalam satu genggaman, yap tepat sekali, itulah smartphone.

Baca Juga :  Moisturizer, Waktu Penggunaan, Fungsi, dan Bahan Alami

Kini, saya sudah bisa merasakan betapa nikmatnya work from anywhere pada beberapa tahun terakhir ini. Hanya bermodalkan smartphone saya saja, saya bisa menghasilkan rupiah dengan mengerjakan pekerjaan dari mana saja.

Menurut saya, ada 5 keuntungan mengapa work from anywhere menjadi sebuah pekerjaan ideal yang seharusnya bisa dicoba oleh siapapun, termasuk Anda saat ini.

Fleksibel

Fleksibel dalam hal ini bisa mencakup banyak hal, namun yang paling nyaman adalah dalam hal waktu. Memiliki keleluasaan dalam waktu adalah hal yang sangat saya inginkan. Kita bisa memilih untuk kapan memulai jam kerja sendiri, tanpa harus terburu-buru melakukan presensi di mesin presensi.

Hemat Biaya

Transportasi menuju tempat kerja dan konsumsi selama di tempat kerja merupakan sebuah biaya rutin yang jika ditotal dalam satu bulan merupakan salah satu pengeluaran yang cukup besar. Anda bisa menghemat dengan bekerja dari rumah saja dan memasak makan siang, atau mungkin memilih berjalan ke taman dekat rumah Anda dengan membawa bekal sendiri. Tentu hal ini akan membuat pengeluaran bulanan menjadi lebih hemat, dan tentunya menjadi lebih sehat.

Produktivitas Meningkat

Saya termasuk orang yang harus bekerja di tempat yang tenang dan tidak panas. Itulah kenapa saya sering merasa lebih nyaman ketika bekerja pada malam hari atau selepas subuh. Ide-ide cemerlang sering muncul pada saat-saat tersebut. Hal-hal semacam itulah yang belum bisa saya dapatkan ketika harus bekerja di kantor dengan beragam kesibukan dan kebisingan yang bisa saja hadir kapan saja.

Baca Juga :  Berbagai Kelebihan Mobil Nissan Terra yang Harus Kamu Tahu

Memiliki Waktu Untuk Belajar Hal Baru

Terkait dengan fleksibiltas waktu yang kita miliki, kita bisa dengan santai mengatur waktu untuk mengikuti beragam e-courses yang sesuai dengan kebutuhan kita. Saya Masih sering ketika selepas menyelesaikan sebuah tugas, membuka sebuah video pelatihan dengan santai sembari ngemil dan minimal kopi.

Peluang Baru Tercipta

Work from anywhere secara otomatis membiasakan Anda untuk berkomunikasi dan berkoordinasi tanpa harus tatap muka. Anda akan terlatih membuka koneksi-koneksi kerja baru yang mungkin belum bisa Anda bayangan. Saya sampai saat ini, masih sering merasakan keajaiban dari peluang-peluang baru yang hadir dalam pekerjaan saya sebagai pembuat konten 360. Mulai dari personal, instansi, hingga perusahaan memberikan saya banyak kesempatan baru untuk mengembangkan ide-ide kreatif saya.

Keamanan Data Pribadi

Tentu saja kita menyadari bahwa dengan bekerja dari mana saja, berarti kita telah siap menggunakan perangkat yang sama setiap hari. Artinya, data yang kita gunakan akan selalu dan tetap di perangkat yang sama. Kita tidak perlu khawatir ketika data kita terhapus atau hilang oleh teman kantor yang sama-sama menggunakan perangkat yang sama dengan kita.

Kesimpulan

Bagi saya, sebagai pembuat konten yang bekerja secara personal dan tidak memiliki kantor untuk menyelesaikan perkejaan saya tersebut, maka work from anywhere merupakan sebuah jawaban dari tuntutan pekerjaan yang harus selesai dan tentu saja membuat kita bisa bekerja dengan tekanan yang lebih nyaman.

Baca Juga :  Jenis Investasi ini Bisa Menjadi Tabungan untuk Hari Tua, Simak Pembahasannya!

Jadi, apakah Anda sudah menerapkan sistem kerja dari mana saja? Atau malah Anda baru berniat untuk memulainya? Selamat mencoba, tinggalkan komentar ya untuk melihat seberapa efektif gaya kerja dari mana saja untuk pekerjaan Anda. Salam

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like