Mengembangkan Dana Mulai dari Rp100 Ribu, Cuan Hingga 21%

Beberapa bulan terakhir ini, tema obrolan di grup WA alumni menjadi sedikit lebih visioner. Pembahasan tema ekonomi yang berbau pendanaan sering menjadi topik yang cukup sering direspon teman-teman. Memang sudah saatnya melirik penghasilan pasif dengan memutar sisa uang bulanan agar tidak menguap begitu saja.

Bagaimanapun ketika uang hanya kita tabung saja di bank, maka akan termakan laju inflasi yang tanpa kita sadari. Belum lagi terpotong biaya administrasi bulanan yang kalau dikalkulasikan dalam setahun maka nominalnya lumayan. Melakukan pengembangan dana merupakan salah satu cara praktis pada masa sekarang, ada banyak jenisnya dengan berbagai fitur dan sistem bagi hasil yang menarik.

Baru-baru ini Saya mencoba untuk memberanikan diri mendaftar menjadi seorang Lender, atau menjadi seorang yang memberikan dana kepada peminjam. Saya memilih sebuah Financial Technology (Fintech) yang tentu saja sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga Saya bebas dari rasa khawatir terhadap dana yang Saya pinjamkan.

Fintech yang Saya pilih berjenis Peer to Peer (P2P) Lending. P2P Lending adalah penyelenggara layanan jasa keuangan untuk mempertemukan Pemberi Pinjaman (lender) dengan Penerima Pinjaman (borrower) dalam rangka melakukan perjanjian pinjam meminjam melalui sistem elektronik dengan menggunakan jaringan internet. – Wikipedia.

Bagi pemilik dana kecil seperti Saya ini, maka pemilihan P2P Lending dengan sistem crowdfunding atau patungan, adalah langkah terbaik agar dana yang kecil dari banyak orang bisa terkumpul untuk mendanai sebuah proyek. Cara ini akan membuat Lender atau peminjam mendapatkan imbal hasil dari dana yang dipinjamkan.

Akseleran adalah fintech yang Saya pilih karena menggabungkan sistem P2P Lending dan crowdfunding. Akseleran sudah berizin dan diawasi oleh OJK dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Nilai TKB Total Akseleran juga tinggi yang artinya terjadinya risiko kredit macet dari peminjam semakin kecil dan ini menunjukkan upaya Akseleran dalam memitigasi risiko sangat baik yakni di angka 99,82% per 23 September 2020. TKB (Tingkat Keberhasilan) Total merupakan angka perbandingan nilai kredit bermasalah (Non Performing Loan / NPL) terhadap total nilai pinjaman yang berhasil disalurkan. Nilai TKB Total pada website Akseleran diperbaharui setiap 24 jam sekali pada pukul 00.00 WIB.

fintek p2p akseleran
nilai TKB90 adalah 98,76%, sedangkan TKB Total 99,82%, bagus sekali

Setelah Saya melihat dua hal di atas, maka Saya segera melakukan pendaftaran akun di Akseleran. Saya menggunakan aplikasi di smartphone agar bisa sambil rebahan. Oh ya, aplikasi Akseleran tersedia di Google Play Store (Android) atau Apple App Store (iOS). Sebelumnya siapkan KTP, NPWP (jika punya), dan rekening pribadi.

Jika Anda ingin mendapatkan saldo gratis sebesar Rp100.000 dari Akseleran, maka silahkan gunakan kode referral di bawah ini :

AKSLGHOZALI371499

Silahkan gunakan kode tersebut saat melakukan registrasi di Akseleran. Jangan lupa untuk membagikan kode tersebut kepada rekan-rekan Anda agar rekan Anda juga mendapatkan saldo gratis sebesar Rp100.000 dari Akseleran.

Selanjutnya setelah mengisi kode referral dan biodata diri, maka Anda akan dipersilahkan untuk menAndatangani dokumen sebagai bentuk kerjasama dengan Akseleran. Santai saja, tAnda tangannya pakai metode digital melalui platform PrivyID. Ikuti saja langkahnya sampai selesai, mudah dan jelas bagi pemula sekalipun.

Jika dirasa saldo gratis dari kode referral Saya di atas sebesar Rp100.000 masih kurang, maka Anda bisa melakukan top-up melalui ATM, internet banking, dan mobile banking.

Sekarang saatnya mencari kampanye pinjaman yang sedang berjalan di Akseleran. Salah satu keunggulan dari Akseleran adalah munculnya credit scoring system. Hal ini memudahkan Saya sebagai pemula untuk menentukan di proyek mana Saya akan Mengembangkan Dana yang Saya miliki.

fintek p2p akseleran
Panduan rating terhadap suku bunga di Aksesleran.

Rating A++ memberikan suku bunga yang kecil namun dengan risiko yang kecil, lalu semakin ratingnya ke bawah maka suku bunga semakin besar dan risiko yang semakin besar juga.

Lalu ada juga label proteksi asuransi dan agunan. Dua informasi ini sangat membantu Saya untuk menghilangkan rasa khawatir ketika akan memberikan pinjaman pada sebuah kampanye pinjaman. Pokoknya kalau masih pemula seperti Saya, cari yang memiliki dua label tersebut.

fintek p2p akseleran
Perhatikan yang saya lingkari hijau.

Lalu Saya akhirnya memilih melakukan pendanaan di Usaha Jasa Branding, Event & Loyalty Reward Organizer. Dikarenakan rating yang B++, memiliki proteksi asuransi, dan memiliki agunan yang melebihi nilai proyek.

fintek p2p akseleran
Di bagian ini, terdapat deskripsi mengenai agunan pada kampanye agunan

Setelah Saya memilih kampanye pinjaman tersebut dan memberikan pinjaman, maka secara otomatis akan mendapatkan notifikasi baik di aplikasi Akseleran maupun di email. Notifikasi tersebut berupa detail pemberian pinjaman terhadap kampanye yang dipilih.

fintek p2p akseleran
Ada email pemberitahuan mengenai pinjaman yang telah kita berikan.

[UPDATE] Jika kampanye pinjaman yang akan ikuti sudah mencapai target pengumpulan dana, maka Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa kampanye tersebut sedang dalam tahap finalisasi.

fintek p2p akseleran
Ketika kampanye pendanaan telah mencapai goal, maka kita akan mendapatkan notifikasi mengenai proses finalisasi.

Saya memilih tenor 2 bulan, jadi mari kita tunggu 2 bulan lagi untuk memanen pendanaan pinjaman yang Saya lakukan. 2 bulan bukanlah waktu yang lama, terlebih ketika kita juga melakukan pendanaan pinjaman pada kampanye pinjaman yang lainnya.

Saran Saya, lakukan pendanaan pinjaman pada beberapa kampanye pinjaman dengan variasi rating dan tenor. Sehingga secara tidak langsung Anda akan bisa mendapatkan pengalaman pendanaan pinjaman dan bagi-hasil sekaligus.

Melakukan pendanaan dengan modal kecil bukanlah sebuah hal yang rumit bukan? Bahkan Anda bisa memulainya dengan modal awal Rp100.000. Jika Anda menggunakan kode referral AKSLGHOZALI371499 maka Anda akan mendapatkan saldo awal Rp100.000 secara gratis.

Nah lho, kapan lagi bisa melakukan kegiatan pendanaan pinjaman dengan modal gratis. Ayo segerakan niat untuk mendapatkan bagi-hasil di masa mendatang. Mau sampai kapan itu uang bulanan dihabiskan untuk belanja hal yang tidak dibutuhkan?

Jika ada pertanyaan seputar pendanaan pinjaman melalui Akseleran, silahkan tinggalkan komentar di bawah, atau bisa melalui email Saya di ghozaliq88@gmail.com atau bisa juga menghubungi CS Akseleran langsung di nomor telepon (021) 5091-6006 atau bisa via email cs@akseleran.co.id

Bersama Akseleran Maju Lebih Cepat!

Ambil hanya informasi, tinggalkan hanya komentar. Silahkan berbijak hati untuk mengisi kolom komentar. Salam