[Video] Pengalaman pertama membuat video time lapse

timeleps

semenjak mendapat koneksi dewa beberapa bulan terakhir ini, sering sekali mencari hal hal unik di yutub, mulai dari sekedar jokes, berita, klip, hingga tips tips yang kadang menarik perhatian saya.

jemari ini tersasar menuju sebuah link video yang memberikan sebuah pentunjuk secara jelas mengenai membuat sebuah video time lapse menggunakan gabungan beberapa foto.

sebenarnya ada dua cara yang bisa digunakan dalam membuat video timelapse, yaitu :

  1. merekam video selama mungkin dan memasukkanya pada video editor untuk mempercepat gerakan dalam video tersebut. cara ini merupakan cara termudah untuk mendapatkan efek video timelapse secara sederhana dan cepat.
  2. menggunakan ratusan bahkan ribuan foto untuk digabungkan pada software video editor. efek yang didapatkan dengan cara ini tidak dapat dilakukan dengan cara yang pertama. seperti gerakan blur dari cahaya yang melintas, maupun objek yang hanya tertangkap oleh mode shutterspeed yang panjang.

nah, kali ini saya mencoba untuk membuatnya menggunakan cara kedua. bergegas menuju ke sebuah sudut di kota yang sementara saya tinggali untuk beberapa bulan ini. segera tripod abal abal tertancap, mode “shutterspeed” saya atur sedemikian rupa sehingga gerakan dari lampu mobil yang melintas dapat terekam dengan indah.

setelah sekitar 1 jam saya berada di titik tersebut, dan mendapati ratusan foto. segera saya beranjak menuju ke kamar sederhana saya untuk menggabungkan ratusan foto tersebut menjadi sebuah file video timelapse.

Baca Juga :  Daftar 4 Filter Lensa Wajib Para Fotografer Landscape

bisa dikatakan proses penggabungan ratusan foto ini berlangsung cepat jika hanya mengatur frame per detik. rendering juga bisa dibilang tidaklah terlalu lama untuk ukuran sebuah laptop berlumut seperti milik saya.

berikut ini hasilnya, silahkan di streaming 😀

setelah yang pertama, tentu saja semakin penasaran untuk membuat yang kedua

berikut ini link timelapse kedua yang saya buat 😀

terima kasih telah menyaksikannya 😀

 

12 COMMENTS

    • owh…kalo itu cuman q edit di software editing video mas
      saya render dengan resolusi awal 1920 x 1080 p
      kmudian saya panning di sony vegas, kemudian saya render dengan resolusi 1080 x 720 p

      kalo alat memang ada kok yang slider pake motor otomatis, tapi mahal setau saya 😀

    • berapa ya, saya pake intervalometer kok kak, sepertinya kalau yang video ini itu exifnya itu 15 detik perfoto (saya agak lupa),
      kalau yang video satunya itu 1 detik perfoto

    • sebenarny mudah sekali, di lightroom 5 kan ada fitur slide show, lha pakai itu saja…
      tinggal download preset aja untuk time lapse memakai lightroom.
      googling banyak kok link tutorial dan downloadnya 😀

Comments are closed.