Tips Berlibur Nyaman ke Jogja dari Jakarta

Yogyakarta adalah salah satu destinasi wisata favorit, bagi wisatawan lokal hingga mancanegara. Alasannya ada cukup banyak objek wisata menarik yang ada di kawasan tersebut, yang dapat Anda kunjungi. Baik berupa wisata budaya, wisata alam, wisata kuliner, dan yang lainnya. Ingin berlibur ke Jogja secara nyaman, maka berikut adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan. 

Tema dan objek wisata mana yang akan dikunjungi    

Untuk menyusun liburan secara nyaman, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah, memilih tema liburan yang disesuaikan dengan objek wisata yang akan dikunjungi. Misalnya Anda ingin berlibur santai dan mengunjungi beberapa tempat wisata budaya sekaligus. Ada baiknya jika Anda mengunjungi kawasan Malioboro. Di kawasan tersebut terdapat beberapa objek wisata sejarah, budaya bahkan wisata kuliner menarik yang dapat Anda kunjungi. Tidak hanya itu objek wisata belanja juga dapat Anda temukan secara mudah di kawasan tersebut. 

Anda bisa seharian berkunjung ke puluhan pantai pasir putih yang lokasinya saling berdekatan di Wonosari, Yogyakarta

Walaupun objek wisata yang ada di kawasan Jogja ini banyak, tidak ada salahnya jika kali ini Anda memusatkan liburan pada 1 lokasi wisata saja. Dengan demikian, Anda dapat menjelajahi berbagai objek wisata yang ada di kawasan tersebut secara leluasa dan maksimal.      

Memilih lokasi hotel secara tepat 

Dengan memusatkan wisata di 1 lokasi, maka Anda juga dapat memilih salah satu dari beberapa penginapan terdekat dengan objek wisata tersebut. Misalnya saja Anda akan berlibur ke kawasan Malioboro, maka Anda dapat mencari salah satu dari beberapa penginapan yang ada di kawasan Malioboro tersebut. Tersedia beberapa pilihan hotel, mulai dari hotel berbintang hingga hotel melati, atau bahkan homestay. Pilih salah satu yang dinilai paling tepat nyaman dan tentunya sesuai budget. 

Baca Juga :  Membuat Pewangi Ruangan Sederhana Dari Sabun
Tengah kota adalah lokasi yang ideal untuk bisa merasakan atmosfer jogja ketika malam.

Naik kereta api 

Berikutnya adalah pilih transportasi yang nyaman untuk berangkat dari Jakarta ke Yogyakarta. Agar suasana berlibur terasa lebih santai, coba naik kereta Argo Dwipangga. Ini adalah kereta penumpang kelas eksekutif yang melayani rute dari Solo Balapan dan Stasiun Gambir Jakarta. Kereta api yang satu ini hanya melayani 1 kali rute keberangkatan, dari stasiun Gambir Jakarta, kereta ini akan berangkat pada pukul 09.00, dengan beberapa kali persinggahan termasuk salah satunya Yogyakarta. 

Karena pemandangan dari jendela kereta di jalur selatan itu menenangkan

Termasuk kelas eksekutif, maka Anda tidak perlu khawatir masalah fasilitas yang akan Anda rasakan ketika menaiki kereta tersebut. Beberapa fasilitas seperti stop kontak, AC, TV LCD, meja lipat, selimut, bantal dan yang lainnya tersedia secara lengkap. Selain itu, budget yang perlu Anda rogoh untuk menaiki kereta jenis tersebut terbilang tidak terlalu mahal. 

Booking online 

Untuk mempermudah Anda memperoleh fasilitas yang nyaman, tidak ada salahnya jika Anda melakukan booking online.  Saat ini sudah cukup banyak penyedia jasa booking tiket online, yang melayani pembelian berbagai macam jenis tiket, baik itu tiket kereta, tiket hotel, dan jenis tiket lainnya, termasuk tiket objek wisata. 

Anda yang ingin traveling ke Jogja secara nyaman, tidak ada salahnya jika menggunakan fasilitas tersebut. Akan lebih baik jika Anda melakukan reservasi atau booking sejak jauh-jauh hari, minimal 1 bulan sebelum keberangkatan. Keuntungannya selain memperoleh fasilitas hotel atau kereta api yang lebih nyaman, juga harga tiket yang lebih murah.  

Baca Juga :  7 Tips Belanja Online Hemat Untuk Ramadan Ekstra di Tokopedia

Bawa pakaian secukupnya 

Yang harus Anda perhatikan berikutnya adalah, ketika bepergian ke luar kota seperti Jogja, sebaiknya membawa pakaian seperlunya saja. Dalam hal ini perhatikan dengan baik, berapa lama Anda akan melakukan kegiatan wisata tersebut, misalnya untuk 3 hari, atau bahkan lebih. Maka persiapkan pakaian secukupnya, misalnya untuk 3 hari. 

Usahakan cukup, jangan kurang, jangan lebih. Satu tas backpack ini bisa cukup untuk 3 hari. Ideal

Bawa tas seperlunya, dan secukupnya. Untuk pakaian dan perlengkapan lainnya sebaiknya disimpan dalam 1 tas berukuran sedang atau besar. Sedangkan untuk ponsel, dompet, atau perlengkapan lainnya yang sering Anda gunakan selama perjalanan, sebaiknya simpan di tas berukuran kecil, yang dapat Anda buka kapan saja.  

Kuliner 

Untuk masalah kuliner, ada baiknya jika sebelum pergi ke Jogja, cari aneka kuliner yang dianggap menarik, dan ingin dicicipi. Walaupun memang aneka kuliner pasti akan mudah Anda temukan di sekitar penginapan. Namun mencari tahu aneka kuliner menarik, tentunya akan memberikan pengalaman menarik, pada liburan kali ini. 

Takoyaki di jalan Gejayan, Yogyakarta ini sangat menggoda untuk dinikmati di sore hari setelah berkeliling Yogyakarta.

Dengan mempersiapkan segala sesuatunya secara rinci, termasuk melakukan booking online, pastinya membuat kegiatan berlibur Anda kali ini juga akan terasa menyenangkan. 

Ambil hanya informasi, tinggalkan hanya komentar. Silahkan berbijak hati untuk mengisi kolom komentar. Salam