Panorama Gunung Kemiri, TN Gunung Leuser, Aceh

Mungkin bagi beberapa orang, menggunakan lensa kit alias 18-55mm sebagai lensa default dalam penjualan bersama body DSLR sering dipandang kurang lebar, padahal rentang 18mm termasuk wide atau lebar, sedangkan jika dibawahnya lagi semisalkan 10 mm atau 12 mm itu biasa disebut juga lensa super lebar atau ultra wide.

Tanpa memperhatikan crop factor masing-masing ukuran sensor, untuk mengambil gambar dengan cakupan area yang lebih luas, kita dapat menggunakan mode panorama. Pada kamera pocket atau ponsel sekarang sudah dibekali dengan fitur tersebut, sehingga kita tinggal menggeser kamera kita sesuai dengan arah panorama yang akan kita ambil.

Saya lebih menyukai dengan cara manual, yaitu mengambil beberapa gambar menyamping untuk panorama landscape secara horizontal. Kelebihan dengan cara manual adalah tetap terjaganya resolusi foto asli kita, hanya bagian yang overlap atau tumpang tindih yang akan hilang.

Foto panorama di bawah ini saya ambil tanpa tripot ketika saya berada di Gunung Kemiri, Gayo Lues, Aceh. Saya hanya mengandalkan insting saya bahwa gambar yang saya ambil sudah lurus.

Saya hanya menampilkan foto yang sudah saya kompres untuk mempercepat load halaman ini, jika ingin melihat ukuran aslinya, klik saja pada Β foto tersebut untuk kemudian diarahkan ke link foto ukuran aslinya.

selamat menikmati πŸ˜€

GhozaliQ_pano_kemiri1
sunrise sebelum puncak Gunung Kemiri

 

 

GhozaliQ_pano_kemiri2
sudah agak siang

 

 

GhozaliQ_pano_kemiri4
pemandangan dari puncak menatap arah utara

 

GhozaliQ_pano_kemiri3
pemandangan dari puncak menatap arah selatan

 

Baca Juga :  Kumpulan Photoshop Actions #3 [Landscape colection]

7 COMMENTS

Comments are closed.