Mencoba mengabadikan Camping Area Mawar dalam Panorama 360, Pos Pendakian Gunung Ungaran

Pada artikel kali ini saya akan menunjukkan foto panorama 360 yang diambil dengan menggunakan panohead dan kamera DSLR standar. diperlukan teknik sederhana namun teliti di tiap prosesnya. Semoga browser Anda mendukung untuk memutar-mutar foto panorama 360 secara penuh.

Saya baru mengetahui bahwa ternyata sebuah gambar bisa dinikmati secara 360 x 180 derajat pada awal tahun 2014. Saya mendapatkan workshop membuat foto panorama 360 derajat pada acara yang diadakan oleh Lifepatch di Yogyakarta. Saat itu ada seorang mentor, Saya lupa namanya, namun Mentor tersebut berkewarganegaraan Tiongkok. Singkat cerita saya menjadi paham alat yang diperlukan, teknik pengambilan dan juga proses setelah pengambilan tersebut. Baru sekarang inilah saya bisa membuat dan mempublikasikannya pada blog Saya ini.

mawar basecamp panorama 360
mas Widhi sedang jalan-jalan mencari cemilan.

Semua berawal saat mas Widhi, selaku admin dari Landscape Indonesia mengadakan acara camping ceria di Mawar, Basecamp pendakia Gunung Ungaran, Semarang. Saat itu saya sudah meminta tolong kepada mas Widhi untuk membawa panohead miliknya agar bisa saya pinjam, beruntung saya diijinkan untuk menggunakannya dengan kamera nikon d3100 saya dengan lensa kit andalan.

Menggunakan lensa kit dengan panjang fokal 18 mm pada kamera bersensor APSC membuat saya harus mengambil sekitar 64 frame untuk mendapatkan gambar secara 360 x 180 derajat. Proses penjahitan foto-foto terebut agar bisa menjadi panorama juga bukanlah hal yang mudah. Beberapa kali harus diatur kembali titik hubung antar satu foto dengan yang lainnya.

Baca Juga :  [Ebook] Sabang - Pulau weh - Aceh

Setelah beberapa kali mencari referensi, maka jadilah foto panorama 360 tersebut bisa saya embed ke dalam blog saya ini. silahkan menikmati di bawah ini.

Salam jepret

Silahkan menunggu beberapa saat untuk browser Anda memuat foto panorama 360, seharusnya tidaklah terlalu lama, karena hanya berukuran di bawah 1 mb.

 

5 COMMENTS

    • iya mas, editing expsosurenya masih manual, jadi kebacanya itu gambar sepotong, enggak nyambung.

      masih belajar mas, terima kasih 😀

Leave a Reply