7 Aplikasi Android Gratis GPS Navigator dengan Peta Indonesia Offline

514
views

Pengguna sistem operasi Android sangat dimanjakan dengan ketersediaan beragam aplikasi navigasi yang terdapat di playstore. Berikut akan saya sajikan 6 buah aplikasi GPS Navigasi dengan fitur peta offline, sehingga Anda bisa bernavigasi tanpa koneksi internet untuk merender data peta dari server. Review saya tuliskan berdasarkan pengalaman saya, sehingga masih sangat subyektif sekali, kebijakan dari pembaca sangat dibutuhkan untuk memutuskan aplikasi GPS Navigasi mana yang akan di gunakan.

Bilamana Anda dalam jangkauan koneksi internet dengan paket data berlimpah, mungkin Google Maps atau Waze sudah lebih dari cukup untuk brenavigasi, namun ketika Anda dihadapkan pada defisit kuota internet, belum lagi di daerah terpencil tanpa koneksi internet, maka aplikasi GPS Navigasi offline berikut bisa diandalkan.

Sekilas pengetahuan mengenai koneksi untuk menentukan lokasi dengan smartphone. Smartphone, khususnya sistem operasi Android telah dilengkapi dengan chip GPS yang tertanam di dalam mesinnya. Chip GPS ini berfungsi untuk mengirim dan menangkap sinyal GPS untuk menentukan lokasi secara 3 dimensi.

Pada dasarnya, koneksi internet hanya digunakan untuk mempercepat penentuan lokasi berdasarkan lokasi BTS, dan juga untuk merender peta untuk bernavigasi. Sedangkan aplikasi berikut, cukup mengaktifkan fungsi dari chip GPS tersebut untuk mengetahui lokasi anda, kemudian menempatkannya pada peta yang telah tersimpan di dalam memori smartphone anda, jadi tidak ada lagi merender peta secara online dari server.

Intinya, selama Anda bisa melihat langit, maka selama itu pula Anda bisa mengetahui lokasi anda dan bernavigasi dengan beberapa aplikasi berikut, pastikan baterai smartphone anda dalam keadaan yang sesuai.

 

1. GPS Navigation & Maps Sygic – GRATIS

Dahulu aplikasi ini bebayar, namun sekarang sudah tersedia secara gratis. Versi bebayar hanya untuk yang menginginkan fitur lebih seperti real time report, voice navigation dan beberapa fitur lainnya. Saya sering memakai aplikasi ini untuk bepergian ketika harus berhadapan dengan medan yang cukup jauh dari jangkauan sinyal.

Baca Juga :  2 Cara menyambungkan Layar Android ke Monitor TV

Jujur, saya belum menemukan kekurangan dari aplikasi ini. Hal yang menarik adalah tampilannya yang 3 dimensi, serta layar navigasi yang bisa dibalik, sehingga cocok untuk pengendara mobil ketika malam hari agar terpantul di layar kaca depan mobil. Nama jalan serta pemilihan rute bagus, POI yang muncul juga sangat membantu.

sygic peta indonesia offline

link di playstore untuk GPS Navigation & Maps Sygic

2. HERE WeGo – City Navigation – GRATIS

Setahu saya HERE ini adalah aplikasi besutan dari nokia dulu ketika masih jaman OS symbian, namun entah mengapa ketika saya dulu menggunakan Lumia 920 yang bersistem operasi Windows 10 mobile, aplikasi HERE Maps malah tidak lagi disupport, sekarang saya tidak tahu apakah masih tersedia di Windows Store atau tidak, karena saya sudah beralih ke Android.

Versi Androidnya malah tumbuh pesat dan subur serta lancar untuk penggunannya. Pengaturan mode jaringan offline juga akan membantu Anda menghemat kuota internet. Hanya ada HERE, Peta offline dan sinyal satelit GPS. navigasi yang memunculkan rute yang sesuai dengan kondisi di Indonesia. Petanya sebenarnya masih kalah lengkap dibandingkan dengan Google Maps, namun setidaknya tidak terlalu detail sehingga peluang mblusuk seperti dengan Google maps tidak terlalu parah.
here maps peta indonesia offline

berikut link di playstore untuk HERE WeGo – City Navigation

 

3. MAPS.ME – Map & GPS Navigation – GRATIS

Saya suka dengan aplikasi yang satu ini, sebagai orang yang sering berkenaan dengan peta memeta, MAPS.ME bisa menyimpan dan membaca rute dalam format KML/KMZ. Cocok untuk membuat rute yang akan kita olah kembali untuk kepentingan standar. Sharing lokasi baik melalui email atau sms juga cukup membantu untuk memberitahu lokasi kita kepada orang lain.

Baca Juga :  Cara Menambahkan Presets Ke Lightroom Android

Peta yang dihadirkan sudah cukup detail, berikut dengan nama jalan dan POI yang siap membantu anda bernavigasi di daerah asing, terutama saat malam hari dimana anda akan kesusahan bertanya kepada orang lain.

maps me peta indonesia offline

berikut link di playstore untuk MAPS.ME – Map & GPS Navigation

 

4. Navmii GPS World (Navfree) – GRATIS

Basis peta offline yang digunakan bersumber dari Open Street Map, jadi rasanya sudah cukup detail untuk area perkotaan hingga kotak-kotak gedung itu muncul dalam peta Open Street Map. Fitur andalannya adalah panduan suara dan laporan lalu lintas secara realtime, kemudian adalah ada fitur penilaian gaya berkendara anda.

Cocok untuk para traveler, karena pencarian lokal didukung oleh Trip Advisor dan Foursquare. POI yang muncul juga akan sangat membantu anda untuk mengeksplor suatu tempat sebelum melangkah menuju tempat tersebut.

navmii peta indonesia offline

berikut link di playstore untuk Navmii GPS World (Navfree)

 

5. CoPilot GPS – Navigation – GRATIS

Sebenarnya aplikasi ini sepenuhnya gratis, hanya saja untuk suara navigator dan laporan lalu lintas hanya bisa anda coba selama 7 hari, selebihnya fiturnya bisa anda nikmati. Ada beberapa fitur yang menarik di aplikasi ini, seperti peta 3 dimensi, rekomendasi rute untuk menghindari kemacetan, juga ada laporan cuaca. Aplikasi ini juga bisa menambahkan lokasi favorit dan menyimpan riwayat kunjungan anda pada suatu lokasi.

co pilot peta indonesia offline

berikut link di playstore untuk CoPilot GPS – Navigation

Baca Juga :  10 Alasan Kenapa Saya Menutup Akun Twitter dan Path

 

6. MapFactor GPS Navigation Maps – GRATIS

Aplikasi Mapfactor ini sejujurnya menyamai fitur dari Sygic, hanya saja berbeda antarmuka dan design saja yang menurut saya masih terlalu kaku. Peta 3 dimensi siap memandu anda ketika menuju tempat yang berbukit, sehingga anda siap menghadapi tanjakan di depan anda.

Jarak dan estimasi waktu melalui rute utama dan rute alternatif bisa anda jadikan pertimbangan ketika akan menuju suatu lokasi. Peta yang cukup detail sangat membantu anda berpetualang di tempat yang belum pernah anda kunjungi sebelumnya.

mapfactor peta indonesia offline

berikut link di playstore untuk MapFactor GPS Navigation Maps

 

7. Navitel Navigator GPS & Maps – TRIAL

Aplikasi ini bersifat TRIAL selama 7 hari, namun saya sangat merekomendasikannya untuk digunakan. Fiturnya saya akui sangat lengkap dan berguna baik hanya untuk bernavigasi ataupun untuk pengambilan data lokasi untuk pemetaan standar.

Salah satu nilai plusnya adalah dukungan forum navigasi lokal yang menyediakan peta Indonesia secara detail sekali dan selalu di update serta gratis untuk versi navitel, Anda bisa mengunjungi halaman navigasi.net/goptd.php untuk mendapatkannya.

navitel peta indonesia offline

berikut link di playstore untuk Navitel Navigator GPS & Maps

 

**************

Sekian, semoga bermanfaat untuk perjalanan anda, bilaman ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan kolom komentar.

Salam.

Blogger di bawah garis amatir asal Banjarnegara yang ingin jadi macan tapi belum kesampaian. Belajar menulis semenjak belajar fotografi khususnya bidang Landscape. Menyukai aktivitas luar ruangan dan warung sederhana di pinggir jalan. Mari menghitung bintang daripada menghitung denyut nadi.
SHARE

Ambil hanya informasi, tinggalkan hanya komentar. Silahkan berbijak hati untuk mengisi kolom komentar. Salam