12 Tips Sederhana Fotografi

66
views

Tips ringan yang biasa saya gunakan ketika mengambil foto, semoga bisa menjadikan inspirasi bagi anda. Mungkin kebanyakan dari tips ringan ini pernah anda coba, atau bahkan tidak menutup kemungkinan anda memiliki tips yang lebih banyak dari tips saya ini :D.

Tapi kembali lagi ke tujuan saya yang hanya berbagi, semoga bermanfaat πŸ˜€

  • 1. Jika dalam kamera anda ada fitur live view, Β gunakanlah karena akan lebih mudah mengatur komposisi dan deep of filed serta fokus pada objek yang sedang anda incar.
kamera pocket memiliki kelebihan berupa live view yang cepat
Danbo di live view lebih mudah dalam mengatur komposisi
  • 2. Gunakanlah filter CPL, sangat berguna untuk menghilangkan refleksi, membirukan langit dan mengurangi hamburan, serta fungsi lainnya adalah melindungi lensa anda.

tanpa filter CPL : biru langit, kontras awan, refleksi
Dengan Filter CPL : Biru langit banget, kontras awan, releksi hilang, daun tambah hijau
  • 3. Carilah kamera dengan sensor yang besar, walapun megapiksel juga cukup berpengaruh terhadap hasil cetak. Kualitas lebih ditentukan oleh ukuran dan kualitas sensor.
  • 4. Saat akan memotret di luar ruangan, carilah waktu di pagi dan sore hari karena sinar matahari tidak terlalu keras, jika mendung atau ternaungi sesuatu juga bisa jadi pilihan ketika memotret di siang hari. Cahaya siang hari cukup keras sehingga bisa membentuk bayangan yang kuat.
  • 5. Autofokus memang memudahkan anda untuk mencari titik fokus yang pas, namun ketika pada kondisi kurang cahaya dan kamera anda kesusahan mencari fokus, maka rubahlah ke manual fokus agar lebih cepat walau memerlukan kejelian mata anda dalam melihat melalui viewfinder.
  • 6. Gunakan fitur metering pada kamera anda, sangat membantu ketika anda akan mebuat foto siluet maupun mengambil foto dengan cara bracketing. Bacalah buku manual anda tentang fitur metering ini.
Baca Juga :  Cara Menambahkan Presets Ke Lightroom Android
Metering dengan mode spot, membuat siluet lebih menarik
  • 7. Pastikan semua sudah siap ketika anda akan keluar memotret; baterai, kartu memori, filter, aksesoris lain yang akan anda perlukan nanti di lapangan.
peralatan wajib lengkap dan jangan ada yang belum siap
  • 8. Selalu perhatikan pengaturan dalam setiap sesi foto anda agar tidak kehilangan momen berharga. Seperti ukuran file, setingan exposure, flash dll
ISO 3200 siang hari itu rasanya ingin lompat ke sungai
  • 9. Formatlah memory card anda secara berkala, karena kartu memori anda masih menggunakan sytem FAT32 yang tidak diijinkan mengisi pada sektor yang pernah diisi sebelumnya. Formatlah menggunakan kamera anda, lebih cepat dan menurut saya memang lebih aman.
Selalu segerakan backup foto anda
  • 10. Jika anda kurang puas terhadap hasil JPG dari kamera, tidak ada salahnya mencoba format RAW. Memang ukurannya lebih besar dan memerlukan pengeditan selanjutnya, namun menyimpan lebih banyak data dan informasi dari tiap jepretan anda.
JPG dann RAW itu pasangan yang serasi
  • 11. Sebisa mungkin gunakanlah ISO terendah agar noise tidak muncul secara rombongan. Bagi kamera mahal, noise bukanlah masalah sekarang πŸ˜€
  • 12. Sering-seringlah memotret, lebih baik habiskan jam anda dengan memotret daripada hanya membaca tips dan tutorial memotret πŸ˜€
Seringlah memotret bahkan ketika menanti lampu merah di Tugu Yogyakarta

Semoga bisa membantu dalam pandangan anda ketika melakukan penekanan tombol rana,

Salam jepret πŸ˜€

Ambil hanya informasi, tinggalkan hanya komentar. Silahkan berbijak hati untuk mengisi kolom komentar. Salam