Sering mencari informasi mengenai Reksadana? Coba pilih Reksadana Pendapatan Tetap. Photo by Anna Nekrashevich: https://www.pexels.com/photo/marketing-person-laptop-technology-6801649/

Apabila Anda mencari jenis investasi dengan risiko konservatif-moderat, mungkin investasi Reksadana Pendapatan Tetap adalah pilihan yang patut untuk dipertimbangkan. 

Pasalnya, sekalipun risiko jenis investasi ini terbilang lebih tinggi, namun potensi hasil investasinya pun juga lebih tinggi jika dibandingkan dengan instrumen investasi lain. 

Apa Itu Reksadana Pendapatan Tetap? 

Merupakan jenis Reksadana yang berinvestasi minimal 80 persen di instrumen pendapatan tetap seperti obligasi atau sukuk yang jatuh temponya lebih dari satu tahun. 

Jenis Reksadana satu ini disebut sesuai untuk investor yang memiliki tujuan investasi untuk 1 hingga 3 tahun ke depan. Tak jarang juga investor yang memilih investasi ini sebagai diversifikasi investasi mereka atau menjadi pilihan ketika pasar saham sedang mengalami ketidakpastian.

Keuntungan Investasi Reksadana yang Bisa Didapatkan

Terdapat beberapa keuntungan yang dapat Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih jenis investasi. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan diantaranya:

  • Risiko Lebih Rendah Dibandingkan Reksadana Saham

Dilihat dari sisi risiko, Reksadana jenis ini memiliki risiko yang lebih rendah jika dibandingkan dengan Reksadana Saham. Namun jika dibandingkan, Reksadana pasar uang memiliki risiko yang lebih kecil lagi.

Meskipun begitu, tingkat risiko ini juga menggambarkan potensi keuntungan di masa depan. Semakin tinggi risikonya, semakin tinggi pula potensi keuntungannya.

Untuk investasi Reksadana jenis pendapatan tetap juga memiliki aktiva bersih atau sering disebut NAB yang cenderung lebih stabil dan mengalami kenaikan. 

  • Keuntungan yang Lebih Tinggi dari Pasar Uang
Baca Juga :  Apa Perbedaan Saham dan Kripto? Simak Pembahasannya

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, Reksadana jenis pendapatan tetap memiliki potensi keuntungan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan pasar uang atau deposito. Investasi satu ini juga cocok bagi Anda yang bermaksud untuk berinvestasi jangka menengah atau panjang. 

  • Dapatkan Keuntungan Berlipat dari Capital Gain dan Dividen

Jika Anda berinvestasi pada instrumen yang satu ini, akan berpotensi mendapatkan keuntungan yang berasal dari dua sumber yaitu capital gain yang didapatkan dari keuntungan instrumen itu sendiri dan dividen yang akan dibagikan oleh perusahaan penerbit. 

Capital Gain dan Dividen dari Reksadana Pendapatan Tetap bisa Anda acungi jempol. Foto oleh Pixabay: https://www.pexels.com/id-id/foto/tampilan-dekat-tangan-manusia-327533/

Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan

Selain keuntungan yang kita bahas sebelumnya, terdapat berbagai manfaat dari berinvestasi instrumen ini, yaitu: 

  • Nilai Investasi yang Terjangkau

Anda dapat memulai investasi dengan harga yang sangat terjangkau. Tentu hal ini membuat siapa pun dapat berinvestasi.

  • Fleksibel

Jenis investasi satu ini memiliki fleksibilitas yang tinggi sehingga mampu mengoptimalkan hasil investasi yang sesuai dengan kondisi pasar saat ini.

  • Berpotensi Meningkatkan Keuntungan

Anda bisa mendapatkan keuntungan dari hasil investasi ini seiring dengan perkembangan NAB Reksadana.

  • Dapat Meringankan Dalam Berinvestasi

Investasi ini dikelola oleh pihak yang profesional atau disebut juga dengan manajer investasi yang tentunya memiliki keahlian dan pengalaman yang dapat membantu Anda mencapai target investasi yang diinginkan

  • Efisien

Investasi satu ini tentunya akan lebih efisien secara waktu karena Anda tidak perlu melakukan analisis investasi dan administrasi. Tahap ini tentunya akan dilakukan oleh manajer investasi. Anda hanya perlu memantau kinerjanya melalui laporan perkembangan investasi yang Anda dapatkan.

  • Diversifikasi Investasi
Baca Juga :  Prospek Cerah, 7 Kampus Teknik Sipil Terbaik di Dunia!

Pernah mendengar istilah jangan letakkan semua telur dalam satu keranjang? Ya, istilah ini bermaksud agar Anda tidak menyimpan semua uang Anda hanya dalam satu instrumen investasi saja. 

Hal ini dilakukan untuk meminimalisir risiko buruk yang dapat sewaktu-waktu terjadi. Sehingga jika Anda melakukan diversifikasi investasi, sekalipun salah satu investasi Anda ada yang merugi, Anda masih bisa mendapatkan keuntungan dari investasi lain. 

Jenis Reksadana ini dapat menjadi salah satu pilihan untuk diversifikasi investasi Anda yang tentunya berpotensi menghasilkan keuntungan.

  • Mendapatkan Keuntungan Perpajakan

Perlu Anda ketahui bahwa pengembalian investasi Reksadana tidak termasuk ke dalam objek pajak. Tak hanya itu, manfaat lainnya dari investasi ini adalah Anda bisa mendapatkan insentif pajak kupon obligasi. 

  • Likuiditas Tinggi

Investasi satu ini menjadi salah satu investasi yang bersifat likuiditas tinggi. Likuiditas disini adalah investasi tersebut dapat dicairkan sewaktu-waktu pada hari bursa. Tak hanya itu, Anda juga dapat mengetahui perkembangan NAB beserta data kepemilikannya yang dapat dengan mudah Anda monitor kapan pun dan di mana pun

Pilih Berbagai Jenis Reksadana Pendapatan Tetap Terbaik 

Saatnya mengalokasikan sebagian gaji Anda setiap bulannya dengan berinvestasi lewat Reksadana jenis Pendapatan Tetap bersama DBS Treasures. Selain menyediakan fitur investasi Reksadana berkala, perbankan prioritas DBS Treasures juga menghadirkan berbagai keunggulan lainnya untuk para investornya. 

  • Keseluruhan dana investasi dari para investor akan dikelola secara profesional oleh manajer investasi yang berpengalaman.
  • Anda sebagai investor bisa berkonsultasi secara lebih responsif dengan para ahli finansial terkait investasi yang dilakukan, dengan insight dan analisis pasar yang sudah disesuaikan dengan aspirasi Anda. Sehingga Anda bisa yakin mengambil keputusan.
  • Anda juga bisa menghindari risiko kerugian saat berinvestasi karena DBS Treasures  menyediakan sistem diversifikasi, yang mana Anda dapat menyebar aset lewat berbagai produk investasi yang disediakan. 
  • Segala proses transaksi Reksadana menjadi semakin praktis karena para Anda bisa bertransaksi lewat Aplikasi digibank by DBS. Mulai dari pembelian, penjualan, switching Reksadana hingga proses registrasi SID (Single Investor Identification) 
Baca Juga :  Fitur Kartu Kredit yang Paling Disukai Wanita Karier

Tunggu apa lagi? Saatnya berinvestasi rutin setiap bulannya lewat Reksadana Pendapatan Tetap sekarang juga! Dapatkan informasi selengkapnya tentang investasi Reksadana di DBS Treasures pada tautan berikut https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/apa-itu-reksadana-dan-saham

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like