Review ASUS ROG GX800 – Sebuah Mahakarya Dari ASUS

Bagaimanakah ASUS melahirkan sebuah Mahakarya untuk Gamers?

Pertanyaan tersebut terjawab dengan sempurna saat Anda melihat ASUS ROG GX800, produk terbaru ASUS dari brand Republic of Gamers (ROG). Sebuah Notebook yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan para Gamers akan sebuah Notebook yang mampu dengan mudah menaklukan semua game-game kelas berat saat ini, sehingga tidak akan lagi kebimbangan akan memilih performa atau kualitas gambar.

Berikut ini tabel spesifikasi utama dari ASUS ROG GX800

Processor Intel Core i7-7820HK
Graphic Adapter Dual NVIDIA GeForce GTX 1080 SLI 16GB DDR5X
Memory 64 GB, 4 x 16 DDR4-2400
Display 18.4 inch, UHD 4K (3840×2160) G-Sync, IPS
Storage 3x 512GB NVMe PCIe x4 SSD
Operating System Windows 10 64 bit
Keyboard MechTag Mechaninal Keyboard

 

PROCESSOR

ASUS ROG GX800 menggunakan processor Intel Core i7-7820HK dari generasi Kaby Lake. Sebuah quad-core processor dari Intel yang memiliki TDP sebesar 45 Watts dan diproduksi pada 14nm process. Intel Core i7-7820HK memiliki ukuran L3 cache sebesar 8 MB, lebih besar 20% dari processor Intel Core i7-6700HQ yang hanya sebesar 6MB

Clocks speed Intel Core i7-7820HK pada kecepatan standart berjalan pada kecepatan 3.5 GHz, namun begitu dilakukan pengaturan overclock melalui ASUS Gaming Center, maka dengan mudah bisa mencapai kecepatan hingga 4,5 GHz+. Begitu mengerikan kemampuan ASUS ROG GX800 ini, bisa meningkatkan kecepatan processor lebih dari 1 GHz dengan mudah.

 

 

GRAPHIC ADAPTER

ASUS ROG GX800 menggunakan dua buah GPU kelas atas, yaitu NVIDIA GeForce GTX 1080 yang bisa berjalan dalam mode SLI. Mode SLI hanya aktif apabila notebook garang ini terhubung dengan dock liquid-cooling. Anda tidak perlu ragu untuk menjalankan semua game terberat menggunakan resolusi UHD 4K ketika menggunakan ASUS ROG GX800 ini.

 

NVIDIA GeForce GTX 1080 memang didesain untuk memenuhi kebutuhan gamers untuk melahap semua game dalam kualitas tertinggi. Masing-masing GPU dibekali 8 GB GDDR5X-VRAM 256bit. ASUS ROG GX800 membekali dirinya dengan dua buah NVIDIA GeForce GTX 1080, sehingga total akan ada 16GB DDR5X-VRAM bila kita mengaktifkan mode SLI.

Baca Juga :  Selamat Jalan ASUS A45V, Banyak Proses Pembelajaran Bersamamu

 

DISPLAY

ASUS ROG GX800 menyematkan sebuah layar berukuran 18.4 inchi dengan resolusi UHD 4K (3840 x 2160 pixel) yang telah menggunakan teknologi IPS. Bukanlah hal yang mudah untuk menyematkan sebuah layar beresolusi UHD 4K dengan teknologi IPS pada layar notebook berukuran 18.4 inch namun tetap memiliki bentuk yang tipis.

Layar pada ASUS ROG GX800 juga telah dilengkapi dengan fitur G-Sync, sebuah fitur yang dapat menekan tearing dan stuttering pada saat bermain game. Kualitas gambar yang dihadirkan akan lebih akurat dan presisi pada tiap frame yang diproduksi.

 

 

 

STORAGE

Media penyimpanan yang digunakan oleh ASUS ROG GX800 berupa 3x 512GB NVMe PCIe x4 SSD yang telah dikonfigurasi secara RAID 0. Kecepatan transfer data sudah bukanlah hal yang perlu dipikirkan ketika sedang menggunakan notebook ini. Rata-rata kecepatanya untuk read adalah 3566 MB/s dan untuk write adalah 3035 MB/s.

 

DESIGN

Warna hitam dan merah menyala telah ditinggalkan oleh produksi jajaran ASUS ROG seri terbaru. Kini warna pada casing ASUS ROG GX800 didominasi oleh warna Armor Titanium dan Plasma Copper. Kombinasi ini menarik perhatian, yang membuat ASUS ROG GX800 nampak mencolok di antara perangkat-perangkat gaming lainnya yang berwarna hitam dan abu-abu.

Di bagian belakangnya, terdapat sebuah panel untuk memasangkan modul pendingin ke ASUS ROG GX800. Desain pada panel tersebut merupakan sebuah kombinasi yang sempurna antara bentuk yang futuristik dan fungsi yang maksimal. Ventilasi kipas di belakang dan sampingnya yang besar menghadirkan akses tegas dari performa pendinginannya. Di bagian bawahnya, ada sebuah jendela kecil yang bisa digunakan untuk mengintip bagaimana liquid-cooling bekerja di dalam tubuh ASUS ROG GX800.

 

KEYBOARD

ASUS ROG GX800 menghadirkan MechTag mechanical keyboard yang akan menghadirkan sebuah kenyamanan dan ketepatan dalam menekan dan melepaskan tombol pada keyboard. Mechanical Keyboard pada ASUS ROG GX800 telah dibekali dengan LED Backlit yang bisa kita atur warna dan transisinya dari bilik ASUS AURA RGB. Terdapat juga macro button dan juga tombol ROG yang sudah menjadi ciri khas jajaran ROG dari ASUS.

Baca Juga :  Review Sony alpha 230

 

 

KONEKTIVITAS

Tersedia banyak sekali port yang disediakan pada ASUS ROG GX800 sebagai media input dan output. Ada 3 bagian sisi pada notebook ROG GX800 yang didesain untuk mengakomodasi seluruh port tersebut. Penempatan port pada ASUS ROG GX800 ini sangat memanjakan pengguna, karena sebagian besar berada di bagian sisi kiri. Hal tersebut sangat nyaman bagi gamers yang memerlukan ruang gerak dan kenyamanan ketika meggunakan external mouse.

Sisi kiri :  Kensington lock, power, RJ45-LAN, HDMI 2.0, Mini-DisplayPort 1.4, Thunderbolt 3.0, USB 3.1 Type-C, USB 3.0, microphone, headphones
Sisi belakang : connections for the dock liquid-cooling
Sisi kanan : card reader, 2x USB 3.0, Wi-Fi antenna

 

DOCK LIQUID COOLING

ASUS ROG GX800 menggunakan modul pendingin berupa dock liquid-cooling yang dengan mudah dapat dilepas dan dipasangkan. Hal ini akan memberikan anda performa gaming dekstop ketika di rumah ataupun performa ultra-kencang pada saat anda bepergian. Ketika dock liquid-cooling terpasang, maka Anda dapat dengan mudah melaukkan overclock pada ASUS ROG GX800 hingga mencapai performa dektop gaming, bahkan bisa lebih. Tanpa menggunakan dock liquid-cooling tersebut, ASUS ROG GX800 tetap memiliki performa yang luar biasa, sehingga akan dengan mudah melampaui performa laptop gaming lainnya di pasaran saat ini.

Dock liquid-cooling pada ASUS ROG GX800 merupakan sebuah sistem ekslusif ROG Hydro Overclocking yang mampu menghadirkan performa overclock yang superior. Modul pendingin teresebut memompa cairan pendingin ke dalam ASUS ROG GX800 untuk bersirkulasi pada cairan yang panas. Cairan pendingin tersebut kemudian berputar kembali ke modul pendingin, dimana terdapat dua radiator yang siap untuk menghilangkan panas. Sistem yang dipatenkan ini memastikan cairan pendingin bergerak mulus tanpa adanya kebocoran.

Cairan pendingin yang digunakan dalam sistem ROG Hydro Overclocking sudah diformulasikan secara spesial untuk memberikan perlindungan akan korosi teradapa semua material komponen internal, termasuk aluminium, besi, baja, dan tembaga. Tingkat penurunan yang rendah dari inhibitor asam ornagik menghilangkan kebutuhan zat aditif tambahan akan perlindungan erosi dan mengurangi waktu perawatan yang biasanya dibutuhkan untuk pengujian inhibitor serta penambahan zat aditif untuk mempertahankan tingkat konsentrat inhibitor.

Baca Juga :  Review Singkat Kamera Olympus EPL-2

 

Sistem ROG Hydro Overclocking membantu ASUS ROG GX800 dalam mengatasi panas yang terjadi dari hasil overclock. Potensi monster dapat dikeluarkan hinnga 20% lebih tinggi namun tetap dengan stabilitas yang tidak usah diragukan. Pengoperasian tanpa dock pendingin, ROG GX800 tetap mampu mengeluarkan performa yang buas dengan desain dual-thermal yang dimilikinya.

 

PERFORMA

ASUS ROG GX800 menghadirkan performa yang luar biasa pada masing-masing mode. Total ada 3 mode yang bisa kita gunakan ketika menjalankan notebook super ini. Yaitu mode standar, optimized dan extreme.

 

Mode Standart
Pada mode ini hanya menggunakan baterai tanpa mencolokkan charger.

Mode Optimized
Pada mode ini kita mencolokkan charger.

Mode Extreme
Pada mode ini kita mencolokkan charger dan juga dock liquid-cooling.

 

 

 

KESIMPULAN

ASUS ROG GX800 merupakan sebuah mahakarya dari ASUS untuk memenuhi kebutuhan para gamer yang menginginkan kemampuan PC dektop yang mendukung mobilitas tingkat tinggi. ROG GX800 bukan hanya unik, namun benar-benar memberikan sebuah nilai tersendiri dari desain maupun kemampuan monsternya.

 

Selain penggunaan intel I7-7820HK yang bisa dioverclock dari 3.5 GHz hingga 4.5Ghz+, keberadaan dual GPU NVIDIA GeForce GTX 1080 juga semakin memanjakan pengguna melalui layar UHD 4K IPS dengan fitur G-Sync. Penggunaan 3 x 512GB SSD dan juga memory sebesar 64GB DDR4 juga turut memberikan andil besar dalam pencapaian kesempurnaan sebuah notebook gaming ini.

 

Penggunaan dock liquid-cooling merupakan sebuah solusi jenius untuk memenuhi tuntutan kecepatan dan kenyamanan dalam menaklukan bergam game kelas atas dengan pengaturan graphic maksimal.

 

Dengan harga pasaran sekitar Rp. 95.000.000 apakah ASUS ROG GX800 pantas dimiliki?

 

*Tulisan ini diikutkan dalam : ASUS ROG GX800 – Writing Competition mulai dari tanggal 22 Maret 2017 – 30 Maret 2017

Blogger amatir asal Banjarnegara yang ingin jadi macan tapi belum kesampaian. Belajar menulis semenjak belajar fotografi khususnya bidang Landscape. Menyukai aktivitas luar ruangan dan warung sederhana di pinggir jalan. Lebih suka menghitung bintang daripada menghitung denyut nadi.
SHARE

8 COMMENTS

Leave a Reply