Photoshop Actions, solusi mudah bermain efek Photoshop

99
views

Anda yang suka bermain adobe photoshop versi berapapun mungkin pernah mendengar kata “actions” dalam photoshop. Actions photoshop merupakan salah satu fitur dalam photoshop yang memungkinkan kita untuk merekam kegiatan kita di dalam photoshop ketika akan membuat suatu efek terhadap suatu file. setelah kita merekam kegiatan tersebut,maka kita dapat menyimpan dan menggunkan kembali photoshop action tersebut pada file gambar yang lain dengan langkah-langkah yang telah kita rekam sebelumnya.

dengan kata lain, ini merupakan salah satu langkah untuk menghemat kerja anda apabila anda menemukan pengolahan gambar masal yang menuntut satu efek secara bersamaan. tentu akan sangat melelahkan apabila kita melakukanya satu demi satu. akan lebih membantu apabila kita menggunakan photoshop actions ini.

bagaimana cara membuat, menyimpan, dan menggunakannya??

 

1. yang pertama bukalah adobe photoshop di komputer anda (jangan buka-bukaan ya ), bila belum ada maka instal dulu photoshopnya…hehehe. setelah anda membuka adobe photoshop, masuk ke menu Windows –> actions, atau dengan menekan Alt + F9  secara bersamaan.

1

2. Setelah jendela actions terbuka, maka tibalah saatnya anda mulai beraksi (udah mulai dari tadi kali)

2

 

3. klik “Create new set” di bagian bawah jendela actions

3

 

4. setelah itu akan muncul jendela untuk memberi nama set anda tersebut, untuk contoh saya menggunakan nama “dicoba” klik OK untuk melanjutkan

4

 

5. kemudian tanpa mengklik bagian yang lain, klik area bawah lagi di jendela actions, kali ini klik “create new action”

Baca Juga :  Mudahnya Belajar Exposure Kamera Secara Online

5

 

6. akan muncul lagi jendela baru untuk memberi nama actions anda. untuk kali ini saya menggunakan nama “action 1”, pastikan juga “set” berada pada set yang anda buat tadi, untuk saya pastikan bernama “dicoba”. kemudian ada opsi function key, ini berfungsi sebagai tombol pemicu untuk mengkatifkan actions ini apabila telah disimpan nantinya, apabila pilihan tombol f2-f12 telah penuh, maka anda dapat menggunakan kombinasi dari “shift” dan “control”.

kemudian klik “record” untuk melanjutkan

6

 

7. disini akan tambah bahwa icon recod “titik merah” akan menyala secara otomatis, ini menandakan bahwa aksi anda di photoshop akan terekam secara otomatis

8. untuk itu, mari kita beraksi dahulu. duplicate layer, bisa anda lakukan salah satunya dengan menekan “Ctrl + J” secara bersamaan

7

 

9. kemudian saya akan menuju ke “image –> Adjusment –> Photo filter”, ini bertujuan untuk memfilter warna pada gambar anda

8

 

10. setelah memalukan beberapa pemilihan warna dan destiny, saya kemudian mengklik “OK” untuk melanjutkan

9

 

11. kemudian untuk aksi yang berikutnya. saya menuju ke “Filter –> blur –> gaussian blur”

10

 

12. menggeser sedikit jarum radius agar blur dalam gambar dapat sedikit dramatis, klik OK untuk melanjutkan

11

 

13. saya merasa efek masih kurang untuk menciptakan hasil yang saya inginkan, kemudian saya menuju ke “Filter –> add noise” untuk menambah noise pada gambar saya

Baca Juga :  Picture Style Canon - R| Download

12

 

14. beberapa pengaturan saya ubah sehingga memunculkan efek yang saya inginkan, klik OK setelah selesai

13

 

15. setelah itu selesai, maka tekan tombol “stop actions” yang berada di sebelah tombol “record actions” yang menyala  (merah berarti proses merekam aktif)

14

 

16. ini perbandingan foto yang sudah saya olah dengan beberapa efek yang saya rekan dengan menggunakan actions

15

 

17. kemudian klik pada pojok atas jendela action, pilih save actions. berfungsi untuk menyimpan file actions anda yang telah anda rekam tadi.

16

 

18. pilih lokasi penyimpanan, fil ini berekstensi *.atn. klik “save” untuk menyimpan

17

 

19. nah untuk menggunakanya lagi, cukup geser dan tarik kedalam photoshop, kemudian klik play. maka actions akan bekerja otomatis dan menghasilkan efek-efek yang telah anda rekam sebelumnya.

berikut hasil contoh pada gambar lain dengan file actions yang saya buat tadi

18

 

bagaimana?? mudah kan?? kalau anda tidak mau repot untuk membuat ini sendiri, ada banyak file-file actions buatan beberapa orang yang tersebar bebas di internet. contohnya ini:

 

Kumpulan Photoshop Actions #1

Kumpulan Photoshop Actions #2 [Retro Collection]

Ambil hanya informasi, tinggalkan hanya komentar. Silahkan berbijak hati untuk mengisi kolom komentar. Salam