6 Tips Untuk Memaksimalkan Lensa Kit

0
147
views

Lensa kit lebih sering disamakan dengan lensa 18-55mm, yang menjadi focal length standar bawaan dalam paket penjualan kamera DSLR beberapa merek besar. Banyak yang memandang lensa ini memiliki banyak kekurangan dan keterbatasan, salah satu kelebihannya hanya ringan saja. Terlepas dari kualitas material yang digunakan serta fitur yang disematkan, bagaimanapun lensa kit ini sering menjadi lensa pertama bagi fotografer professional. Semua tinggal bagaimana penggunaan serta kreativitas dari penggunanya.

Hingga saat ini, hampir 95% foto yang saya hasilkan masih dari lensa kit. Saya akan mencoba berbagi beberapa pengalaman yang pernah saya rasakan ketika menggunakan lensa kit untuk menghasilkan foto-foto yang bisa dikatakan lumayan nyaman dilihat.

  1. Manfaatkan fitur autofokus (AF) dan image stabilizer (IS) pada lensa kit anda. Hal tersebut akan mengoptimalkan ketajaman dan mengurangi goncangan mikro pada kamera anda.

    auto manual fokus pada lensa kit
  2. Gunakanlah tripod atau monopod ketika anda memotret dalam kondisi cahaya rendah. Hal ini akan membantu anda untuk memotret pada kecepatan rendah.

    pastikan tripod sebagai teman terbaik anda memotret
  3. Pakailah filter pada lensa kit Anda untuk memaksimalkan hasilnya. Saya terbiasa memotret landscape, sehingga ada beberapa filter wajib yang menurut saya harus selalu saya bawa bersama kamera saya.

    Filter CPL saya rendam setelah berenang di sawah
  4. Jika anda ingin lensa kit anda menangkap gambar yang lebih luas, maka gunakanlah teknik panorama. Gambar yang dihasilkan akan lebih menarik dan mengurangi efek distorsi berlebih.

    GhozaliQ_pano_PulauNasi
    Panorama akan memberikan kesan lebih luas
  5. Simpanlah gambar Anda dalam format RAW untuk mempermudah pengolahan selanjutnya di komputer. Gambar dengan format RAW memiliki data yang lebih kaya, sehingga koreksi gambar akan bisa lebih baik daripada hasil JPG.

    memang RAW itu berukuran besar, namun lebih kaya akan data
  6. Pahamilah komposisi, metode serta beberapa sisi artistik dalam fotografi. Dari segi teknis memang anda kalah, namun dari segi artistik belum tentu Anda kalah.

    Materi Workshop Pioner_018
    minimal, perhatikanlah posisi objek utama dalam bingkai foto anda

 

Selamat berkarya dengan lensa kit, lensa penuh keterbatasan namun tetaplah bisa menghasilkan.

Baca Juga :  5 Preset Lightroom Untuk Landscape Plus Preview

Leave a Reply