Review dan Pengalaman Memakai Consina Okhotsk 75+80

4
1012
views

 

Kali ini saya akan melakukan review dan Pengalaman memakai tas consina OKHOTSK 75+80. Tidak salahkah itu 155 liter? memang itu yang tertera pada bagian bawah tas ini, 75+80.

Ukuran yang terteta pada tas carrier ini memang 75+80, bisa jadi ini merupakan typo tingkat tinggi yang dilakukan oleh pihak Consina sebagai produsen. Menurut saya ini ukurannya antara 70 liter hingga 85 liter, untuk sementara dugaan saya adalah bertuliskan 75+10, atau bisa jadi 75-80 yang dimaksudkan, namun bila melihat perpanjangan sarung tas bagian atasnya, sepertinya memang ekstensi volume bisa mencapai 10 liter. Semoga pihak Consina melakukan klarifikasi akan hal ini, dan tidak berlanjut kepada produk-produk yang lain.

OK,jadi kesepakatan kita dalam artikel ini adalah menyebutnya dengan nama Consina OKHOTSK 75+80

Sebelumnya, saya pernah (sudah saya jual tahun 2015) memiliki Tas Carrier Consina Alpinist 70+5 seri tahun 2011 yang saya dapatkan ketika sedang berjalan-jalan di sekitaran Universitas Sumatera Utara (USU). Ini kali kedua saya memilki Tas Carrier Consina berukuran di atas 60 liter, padahal untuk yang di bawah 60 liter juga tidak pernah punya, hahaha.

Consina Okhotsk 75
Panggung Outfest 2016 di GOR UNY

Tas Carrier Consina Okhotsk 75+80 ini saya dapatkan ketika sedang berlangsung OutFest 2016 di GOR UNY, Yogyakarta awal bulan November 2016. Saya dapatkan dengan harga Rp. 675.000 setelah mendapatkan diskon 10% dari harga Rp. 750.000. Untuk awal acara Outfest, pihak Consina memang hanya memberikan diskon 10%, biasanya hari kedua atau menjelang akhir akan memperbesar diskonnya menjadi 20%. Hal tersebut terbukti ketika Adik saya datang pada hari terakhir Outfest, dan mendapati diskon 20% untuk semua produk, namun didapati bahwa Consina Okhotsk 75+80 telah mengalami kekosongan stok dan tanpa ada penambahan stok untuk Outdest tersebut. Saya cukup beruntung, hhehehe.

Consina Okhotsk 75
bentuk ideal yang menunjukkan dimensi dari depan dan belakang Consina Okhotsk 75

Gambar di atas diambil dari website resmi consina pada halaman yang memuat produk Consina Okhotsk 75+80.
Dalam review kali ini, akan saya soroti beberapa hal yang menurut saya bisa anda gunakan untuk menetapkan apakah tas ini cocok dengan gaya pendakian anda. Penjelasan akan saya jabarkan per bagian dalam aspek yang saya soroti, jadi sebisa mungkin harap dibaca dengan pelan sambil minum kopi.

Perhatian : Artikel ini saya buat sebagai bentuk ke-greget-an saya terhadap pihak Consina yang bisa dikatakan minim sekali mengeluarkan informasi kepada publik mengenai deskripsi produk yang dikeluarkannya. Kita yang berada jauh dari gerai resmi consina akan kerepotan untuk mengetahui spesifikasi secara rinci tentang sebuah produk dari Consina. Silahkan coba Anda berkunjung ke website resmi consina atau channel youtubenya, sedikit sekali informasi yang bisa didapatkan.

Ada 3 pilihan warna yang dipajang saat pameran tersebut, Merah, Hijau dan Hitam. Saya memilih warna merah dengan tujuan agar mudah terlihat ketika sedang berada di alam bebas.

1. Nama

Jujur, cukup sulit menuliskan nama tas carrier ini ketika pertama kali mendengarnya, coba saja Anda tulis ulang kata “OKHOTSK” saat ini, ketika saya mencoba mengucapkan secara cepat hanya akan terdengar menjadi “OHOT”.
Sepengetahuan saya, Nama OKHOTSK merupakan nama sebuah tempat di Distrik Okhostsky, Negara Rusia. Pada penulisan versi Russian maka akan menjadi “OXOTCK”. Mohon dikoreksi bila ada kesalahan pada penafsiran sepihak ini.

 

2. Bahan dan Material

Masih seperti tas carrier saat ini, dimana bagian bawahnya berbahan condura ringan,kemudian di sebagian besar terutama bagian atasnya berbahan ripstop (atau ripstock atau apalah istilah untuk bahan ini, pokoknya Anda sudah paham maksud saya).
Bahan Condura bagian bawah dimaksudkan untuk berhadapan dengan medan secara langsung seperti tanah dan permukaan batu ketika bersandar.
Bahan Ripstop ditujukan untuk meringankan berat total tas, menurunkan biaya produksi, dan sedikit menambah kemampuan menghalau air yang mengenai tas ini.
Bahan bagian dalam tas ini belum dilakukan pelapisan ulang, atau dilapis double oleh bahan lain, sehingga rentan retak karena faktor cuaca dan pemakaian. Bila terdapat keretakan pada lapisan tersebut, maka air akan mudah sekali masuk ke dalam tas.

Baca Juga :  Review The North Face - Big Shot : Nyaman untuk Harian dan Weekend

Busa yang disematkan dalam produk ini tidaklah terlalu tebal, namun terasa cukup dan empuk untuk menopang beban berat. terdapat lapisan jaring sebagai rongga udara, menambah suspensi, serta membuat daya cengkram busa pada saat sedang digunakan terhadap tubuh sang pemakai. Repotnya adalah ketika terkena air, terlebih hujan dalam waktu lama, maka perlu waktu, angin, serta panas yang cukup untuk mengeringkannya.

 

3. Desain Depan

Secara sepintas, mirip sekali dengan seri Consina Explorer dalam beberapa hal. Mungkin seri Okhotsk 75+80 ini merupakan seri penyempurnaan dari seri Consina Explorer. Baiklah, akan saya coba jabarkan bagian desain depannya.
(1) Ada sebuah saku di sebelah kiri yang bisa menampung barang dengan dimensi tipis namun lebar. Saku ini bisa ditutup dengan resleting hingga ujung atas, tertutupi sarung kepala resleting, cukup aman untuk menghambat aliran air.

Consina Okhotsk 75
Ada tempat untuk menggantungkan tali dan sebuah saku yang cukup besar

(2) adanya pola tali secara vertikal, biasanya memang ditujukkan untuk meletakkan atau mengaitkan tali temali ketika diletakkan di luar tas.
(3) Total ada 8 kuncian pada bagian depan ini, 2 ke atas, 2 ke bawah, 2 ke kiri dan 2 ke kanan. Hal ini membuat bentuk tas ini akan terjaga walaupun kita tidak menggunakan matras gulung di dalam.

Consina Okhotsk 75
Bagian lingkaran hijau yang tersambung menujukkan posisinya ketika dikunci

4. Desain Punggung

Desain seperti ini mulai sering dipakai oleh consina, membuat sebuah ruang di tengah antara bagian atas dan bawah pada zona busa yang menempel ke punggung. Cara ini lebih efektif daripada harus membuat ruang antara punggung dan tas dengan membuat bentuk tas melengkung. Seperti Tas Carrier Deuter Futura Pro 42 yang memiliki desain punggung melengkung.
Ruang tersebut ditujukkan untuk ruang bernafas punggung anda dan aliran udara di bagian punggung.
Salah satu hal yang saya suka dari desain pada tas carrier okhotsk 75+80 ini adalah adanya pengaturan tinggi torso yang bisa disesuaikan dengan masing-masing pengguna.
Bila Anda perhatikan pada foto berikut, ada urutan S-M-L, atau pendek-sedang-panjang. Cukup anda lepaskan perekat dengan menariknya ke arah anda, lalu tarik keluar, kemudian selipkan bagian atas dan bawahnya seperti memasukkan cara ikat pinggang, lalu rekatkan kembali. Pastikan Anda telah mengatur hal ini sebelum anda membawa tas ini untuk pendakian

Consina Okhotsk 75
Bisa dilepas dan disesuaikan dengan panjang torso pengguna

5. Rangka

Terdiri dari dua buah rangka berupa lempengan aluminium memanjang ke tas pada masing-masing sisi. Bisa dilepas dengan menarik perekat pada bagian strap pinggang. Rangka ini perlu anda atur ulang bentuknya seusai pendakian, pastikan bentuknya sesuai dengan bentuk tulang belakang anda untuk mengurangi tekanan pada punggung anda.

Consina Okhotsk 75
Kalau hendak dijemur, dilepas dahulu rangka aluminium ini agar lebih mudah diletakkan di jemuran

6. Strap Dada

Sepertinya pada bagian ini terasa premium sekali untuk tas seharga yang sudah saya sebutkan di atas. Coba anda bandingkan dengan kompetitor di rentang harga yang sama, belum tentu anda mendapatkan fitur sepert ini.
(1) busa terasa tebal ketika menempel di pundak, adem karena ada lapisan jaring yang tersusun menjadi rongga untuk ventilasi.
(2) Kiri dan kanan terdapat sebuah gantungan berwarna hitam, bisa anda gunakan untuk menggantungkan sesuatu dengan dibantu carabiner. Seperti menggantung GPS, atau botol minum aluminium.
(3) ketinggian strap bisa dinaik turunkan sesuai kenyamanan pada dada anda. Cukup menggesernya naik dan turun, tempat pengaturannya tertutupi oleh lapisan ripstop, jadi tidak sering tersangkut sesuatu yang menyebabkan bergesernya posisi strap tersebut.
(4) Ada Peluit, bisa Anda gunakan saat keadaan darurat. Letaknya pada kuncian yang berada di strap dada tersebut.

Baca Juga :  Review dan Pengalaman Memakai Tenda Eiger Replacement 2
Consina Okhotsk 75
Strap bagian dada sarat akan fitur yang sangat memanjakan pengguna

(5) Saya bingung menyebutnya apa, namun tali ini berfungsi untuk menarik bagian atas tas agar mengarah ke tubuh. Sangat berguna untuk menjaga beban berat agar tidak menarik kita ke belakang. Pada seri ini jenis tali yang digunakan serta pengaitnya bisa dikatakan sudah pas, tingkat selip sudah terasa minim sekali, terlebih adanya sebuah slot dari tali kecil elastis yang ditujukkan untuk menjaga tali tersebut agar tidak bersliweran.

Consina Okhotsk 75
Ini merupakan salah satu kriteria utama saya dalam mencari tas carrier

7. Strap Pinggang

Pada bagian pinggang, Anda akan menemui saku yang beresleting pada masing-masing sisi. Ruangnya cukup luas untuk menyimpan madurasa atau tolak angin, ehehe. Strap untuk kuncian bagian pinggang ini berporos pada bagian dalam, jadi lebih mudah untuk menarik dan mengendurkannya secara perlahan. Terdapat juga slot dari tali elastis yang tertujuan untuk merapikan kepala tali yang menjuntai ke luar.

Consina Okhotsk 75
Resletingnya belum saya buka, kan masih baru, ehehhee

8. Jumlah Pintu

Total ada 3 pintu yang tersedia dalam tas ini. Bisa dikatakan banyak sekali untuk ukuran tas carrier.
(1) bagian atas, merupakan bagian tertua dari beragam jenis tas. Pada tas consina okhotsk ini terdiri dari sekat tambahan sebanyak 2 ruas yang bisa digunakan sebagai ruang “kelebihan” yang menyebabkan adanya perbedaan kenyataan dan harapan selama pendakian, ehehe.

Consina Okhotsk 75
Ada 2 ruas yang bisa anda gunakan sesuai dengan banyaknya bawaan anda

(2) bagian depan, bisa dibuka layaknya koper dengan menggunakan resleting. Ada 2 resleting pada bagian ini, jadi bebas mau membuka dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Bagian dalamnya juga terdapat 2 buat tali yang saling tegak lurus yang digunakan untuk membantu barang bawaan agar tetap dalam posisinya. Juga bisa kita lihat bagian dalamnya terdapat slot untuk laptop atau dokumen, serta ada 2 buat cantolan untuk benda penting, semisal kunci motor atau sejenisnya.

Consina Okhotsk 75
Ada pengaman tambahannya, ya cukup membantu lah agar saat dibuka tidak menumpah kemana-mana

(3) bagian bawah, berupa pintu beresleting dengan pola huruf U terbalik. Bagian bawah ini bisa kita gunakan untuk menyimpan tenda dan sleeping bag. Ada sebuah komparator yang bisa kita tutup dengan menarik resletingnya hingga ujung, sehingga tidak tercampur pada barang yang berada pada bagian tengah.

Consina Okhotsk 75
Separator ini memudahkan pepisahan benda-benda yang satu kategori

9. Resleting

Cukup disayangkan tidak menggunakan merek YKK, melainkan merek CSN yang digunakan. Terasa berbeda sekali tarikan dan kehalusannya bila membandingkan antara YKK dan CSN. Walau memakai merek CSN, namun bagian kepala resletingnya sudah ada kenop yang sangat membantu untuk menarik kepala resleting tersebut.

Consina Okhotsk 75
CSN, mungkin itu adalah CONSINA, namun kualitasnya masih di bawah YKK

10. Tudung

Bisa anda lepas, serta bisa disesuaikan ketinggiannya sesuai dengan berapa tinggi ruas yang digunakan. Bisa kita lihat, bagian dalam tudung tersebut teradapat sebuah saku dengan lapisan jaring, juga ada sebuah strap (dengan slot elastisjuga) yang bisa digunakan untuk menjepit benda agar tidak terjatuh dari tudung ketika dibuka. Bagian luar tudung ada sebuah saku yang dalamnya ada saku lagi, ruang pada saku pertama cukup tinggi, namun belum ada lapisan lagi di bagian dalamnya, sehingga apabila lapisan luar (ripstop) sudah sering terkena cuaca maka timbul keretakan yang memicu mudahnya air masuk melewati lapisan ripstop.

Baca Juga :  Pengalaman Membuat Kompor Lapangan Dari Botol Kaleng Bekas
Consina Okhotsk 75
Di dalam saku masih ada saku lagi, *thug Life

 

 

Consina Okhotsk 75
Bagian dalamnya bisa untuk menempatkan jaket saat tidak terpakai

11. Saku Samping dan Tempat Air

Pada bagian bawah, sebelah kiri dan kanan, ada sebuah saku yang berbahan kain elastis, biasanya digunakan sebagai tempat matras atau botol air. Cukup dalam, karena telapak tangan saya bisa masuk penuh. Saku ini juga dilewati oleh strap kuncian yang mengikat bagian depan dengan bagian samping tas.

Ada 2 buat tempat air di bagian atas saku samping tersebut, bisa ditutup dengan resleting. Untuk tempat air saya curiga ini merupakan adaptasi dengan pendakian di Indonesia, dimana seringnya kita membawa botol ukuran 1,5 liter. Ukuranya pas sekali untuk memasukkan satu botol di tiap sisinya.

Consina Okhotsk 75
Tempat airnya benar-benar pas untuk botol air mineral ukuran 1500 ml

12. Rain Cover

Posisi tempat rain cover pada tas consina okhotsk ini cukup unik, yaitu di samping bagian bawah, terdapat label kecil bertuliskan “rain cover”. Rain cover sudah termasuk dalam paket penjualan, jadi pastikan Anda menemukan rain cover di dalamnya sebelum anda membayarnya.
Ada pengait yang bisa anda gunakan untuk mengikat rain cover agar tidak terhempas angin saat mengeluarkan dari tempatnya. Bahannya masih berupa taslan kaku yang akan mudah retak seiring usia pemakaian. Sayangnya pada raincover yang saya dapatkan tidak tersedianya lubang untuk keluarnya air di bagian pantat raincover, terpaksa harus melubanginya sendiri.

Consina Okhotsk 75
Ingat ya, di samping, serta pastikan rain cover nya adalah bawaan dalam paket pembelian

13. Garansi

Ada garansi selama satu bulan untuk setiap suku cadang yang ada di tas ini. Klaim dilakukan dengan menuju ke gerai consina resmi, namun saya belum mengetahui kerusakan oleh faktor apa saja yang bisa kita klaim. Misal kalau bisa, saya mau klaim “mengapa tas carrier consina okhotsk terasa jauh lebih berat ketika saya pakai mendaki dengan membawa logistik 3 hari?” *ngajak ribut

Karena tas ini masih baru, belum saya gunakan untuk pendakian. Sepertinya juga belum bisa mendaki 8 hingga 9 bulan ke depan. Namun sepengelaman menggunakkanya dengan beban penuh menggunakan motor dengan jarak Yogyakarta menuju Semarang, terasa nyaman-nyaman saja dan empuk. Tidak ada rasa “tercengkram” pada bagian pundak, sehingga saya yakin bahwa tas ini akan senyaman consina alpinist 75+5 yang sekian tahun telah pernah menemani pendakian saya.

 

KEKURANGAN CONSINA OKHOTSK 75+80 MENURUT SUDUT PANDANG SAYA

Saya mencoba mencari kekurangan dari tas carrier consina okhotsk 75+80 ini, saya sesuaikan dengan kondisi harga dan fitur yang diberikan.

  1. Resleting bukan YKK, terasa beda sekali kehalusan tarikannya.
  2. Tidak adanya lapisan bagian dalam, sehingga seperjalanan usianya, maka tas ini akan mudah mengalami bocor karena hal yang saya sebutkan di atas.
  3. Rain covernya belum terdapat lubang air pada bagian pantat, bila dipaksakan digunakan akan beresiko menampung air pada bagian bawah rain cover.
  4. Tidak adanya tempat khusus untuk menempelkan trekking pole secara aman dan independen.
  5. Tempat air yang disediakan tidak memiliki lubang untuk tempat keluarnya selang.

Pastikan anda telah mengetahui kelebihan dan kekurangan menggunakan carrier berukuran besar dalam pendakian ketika menjatuhkan pilihan pada tas carrier consina okhotsk 75+80.

Artikel ini dibuat murni atas sudut pandang saya sendiri, tanpa paksaan dan tanpa panduan dari pihak manapun. Tingkat subyektifitas artikel ini sangat tinggi, jadi kebijaksanaan dari pembaca sangat dibutuhkan dalam mencerna informasi yang saya sajikan. Semoga bisa menjadi pertimbangan atau bahkan panduan ketika Anda mencari carrier dengan rentang harga yang terebutkan di atas.
Salam lestari.

4 COMMENTS

    • Durung mas, mungkin baru akhir tahun depan baru bisa dipakai buat muncak.
      Kalau bebannya kosong, sepertinya tetap nyaman dibawa sampai ke puncak mas,

Leave a Reply