Manfaat Bantal Leher Dalam Perjalanan

Saya termasuk orang yang suka bepergian, baik naik motor ataupun naik kendaraan umum seperti bus atau kereta. Biasanya saya melakukan perjalanan lebih bertujuan untuk berwisata, untuk wisata yang memang tidak ada angkutan umum, saya lebih memilih menggunakan motor, selain biasanya mendapatkan pemandangan yang bagus juga irit karena hanya mengisi bensin saja. Perjalanan menggunakan motor yang paling memprihatinkan adalah ketika kehujanan atau merasakan pegal linu di badan karena menempuh perjalanan dengan duduk dan berkonsentrasi penuh sepanjang perjalanan.

Saat saya menggunakan kereta atau bus, saya lebih mempertimbangkan waktu dan tenaga yang harus saya persiapkan ketika saya sampai di lokasi yang saya tuju. Saya pernah melakukan perjalanan menggunakan kereta dengan waktu tempuh rata-rata lebih dari 6 jam, bisa anda bayangkan 6 jam duduk dan tertidur itu bagaimana rasanya. Rasa pegal di leher pasti akan anda rasakan karena leher anda dipaksa pada posisi tidur namun tanpa sandaran yang nyaman. Walau di kereta ada penyewaan bantal pada kereta jarak jauh, namun saya kurang menyukainya karena bantal yang disewakan tersebut bentuknya kotak dan terasa kurang pas apabila dipadukan dengan bentuk dan posisi kursi pada kereta. Ketika anda mendapat tempat duduk tepat di samping dinding atau jendela, mungkin anda kira bisa sedikit merasa nyaman karena mungkin anda berfikir ada tempat sandaran, tapi percayalah kalau tetap saja leher anda akan terasa linu.

Baca Juga :  Cara Unik Mendinginkan Modem anda

kenapa bisa linu?? mungkin di bawah ini alasannya
– Posisi kepala anda bisa jadi kurang tepat atau posisi kepala anda tidak seperti biasanya anda tidur
– Anda menggunakan bantal yang tidak tepat, biasanya anda menggunakan jaket sebagai bantal anda di perjalanan
– Posisi tidur anda dipaksakan untuk tidur dalam posisi anda duduk
– Posisi tidur anda tidak lurus atau miring ke kanan atau miring ke kiri
– penggunaan bantal leher yang terlalu longgar atau terlalu keras

sumber : www.bilna.co.id

Nah, bagaimana cara mengatasi atau mencegahnya agar leher anda selama perjalanan terasa nyaman? anda bisa mencoba tips di bawah ini :

– Bila sudah terlanjur sakit, olesan balsem atau pereda nyeri otot pada leher anda pada bagian yang terasa pegal
– Pijatlah menggunakan tangan dengan perlahan, agar peredaran darah lancar
– Gerakkan leher anda secara perlahan, untuk melemaskan otot anda
– Ubahlah posisi tidur anda agar posisi kepala dan leher anda relatif lurus dan nyaman
– Gunakanlah bantal leher yang nyaman dan lembut, serta sesuaikan ukurannya dengan lingkar leher anda
– Bila anda belum terbiasa dengan bantal leher, anda bisa menggunakan bantal biasa atau bantal guling yang praktis ketika anda bawa

sumber : www.bilna.co.id

Mungkin itu beberapa tips dari beberapa pengalaman ketika saya melakukan perjalan sebelum dan sesudah saya menggunakan bantal leher. Saya lebih suka menyisakan sedikit ruang di dalam tas saya untuk kenyamana ketika perjalanan dan kesegaran pada leher saya sebegitunya saya sampai di lokasi tujuan. Jangan sampai kegiatan wisata anda harus terganggu oleh leher yang sakit akibat perjalanan panjang anda. 😀

2 COMMENTS

Leave a Reply