Mengikuti Lomba Fotografi Bonjour 2015 HIMA Biologi UNY

0
14
views

 

salah satu sudut ruang pameran foto saat lomba (foto oleh Bonjour UNY)

Setelah mendapat keberuntungan menjadi juara di kategori Landscape pada lomba foto Bonjour HIMA Biologi Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2014. Saya mendapatkan undangan via inbox facebook oleh panitia kegiatan ini di tahun 2015, mereka mengundang saya untuk unjuk karya kembali. Tentu saja karya yang saya berikan masih berbau landscape, saya mengirimkan 2 jenis karya berupa landscape pantai dan landscape gunung. Berikut foto yang saya ikutkan dalam kompetisi tersebut :

karya tema pantai yang saya sertakan dalam lomba
karya tema gunung yang saya sertakan dalam lomba

Proes seleksi menyisakan satu foto saya yang bertemakan pantai, foto dengan tema gunung tidak lolos karena ternyata ada satu foto yang hampir mirip dengan milik saya dari segi kompoisi.

para peserta dan penonton menyaksikan presentasi peserta (foto oleh Bonjour UNY)
presentasinya sudah diselipkan nasi kotak 😀
Hanya ada dua juri yang hadir saat lomba tersebut

Proses kegiatan biasa dimulai ngaret dari waktu yang telah ditetapkan namun tidak terlalu lama. Dibuka dengan sambutan panitia dan lain-lain. Juri seharusnya ada 3 orang yang hadir, namun ada satu juri yang berhalangan hadir dalam kegiatan terebut.

presentasi dari sub tema flora

Aspek yang dinilai dalam lomba foto kali ini sama dengan lomba tahun kemarin. Saya menyiapkan presentasi yang tidak jauh berbeda dari slide yang sudah saya gunakan tahun kemarin. Silahkan download presentasi saya pada Lomba Foto Bonjour 2014 dan Lomba Foto Bonjour 2015 dalam bentuk pdf.

Salah satu jurinya juga memberikan materi terkait fotografi landscape lho

 

Salah satu hal yang saya sayangkan adalah sebagian peserta ada yang tidak bisa hadir, hanya mengirimkan file presentasinya untuk kemudian dipresentasikan oleh perwakilan dari panitia. Rasanya itu kurang greget bila kadar persaingannya turun karena hal tersebut.

Baca Juga :  Review Kamera Canon Powershoot SX150 IS
IMG_6514
Ada hiburannya agar suasanya semakin ceria

Alhamdulillah, setelah penjurian yang dilakukan, lebih tepatnya setelah makan siang yang disediakan oleh panitia. Saya mendapat kesempatan kembali untuk menjadi juara pada kategori Landscape – pantai. Berbeda dengan tahun lalu yang hanya ada 3 kategori, pada tahun ini ada 6 kategori yang imbasnya ke jumlah hadiah yang diberikan kepada pemenang.

Selamat kepada para pemenang (foto oleh Bonjour UNY)

Piala, sertifikat, uang, serta beberapa merchandise berhasil saya bawa pulang. Niat hati untuk mengganti ban motor adik saya menjadi ban tubless depan belakang, namun kok dananya tidak sampai ya :D. Alhasil saya menunda saja sampai nanti ada lomba foto lagi dengan hadiah yang cukup untuk menepati janji saya tersebut. Maafkan kakakmu ini ya dik 😀

 

Salam jepret :D.

Leave a Reply