Mengembalikan Data yang terhapus di Android tanpa bantuan PC

0
92
views

Sebenarnya bagi saya seorang dulu sering kehilangan data karena keteledoran berupa terlambat membuat salinan file penting menjadikan pelajaran bagi saya untuk senantiasa melakukan backup sesegera mungkin, bila perlu saya unggah di google drive untuk data yang benar-benar penting.

Setelah kejadian tersebut, saya selalu menginstall program recover pada windows saya setelah saya install ulang, untuk menghindari kehilangan jejak data tersebut akibat fragmentasi pada hardisk. Sehingga aksi cepat tanggap dan siaga selalu sapa persiapkan untuk menghindari hal yang tidak saya inginkan. Data itu tak ternilai harganya, setuju? hehe

 Postingan kali ini terinspirasi oleh sepupu yang tanpa sengaja menghilangkan album foto wisuda yang ternyata belum dibackup oleh yang punya handphone android. berikut meme’nya yang saya jadikan di DP di BBm saya 😀 [maaf ya dek]

1427435914850
yang sabarlah ya dek,,, 😀

 

kisah selanjutnya adalah saya menghubungi Lukman yang sama-sama memiliki kebiasaan ngotak-ngatik android walau cuman flash room dan terkadang kernel kalau terpaksa, tanpa paham command rumitnya :D. Lukman memberikan jawaban berupa aplikasi SDcard recover file yang ada di Playstore, namun Lukman berkata bahwa dia belum pernah mencobanya, hanya sempat menengok saja bahwa ada aplikasi tersebut di Playstore. Lukman juga meminta review aplikasi tersebut apabila telah mencoba menggunakannya.

Segera saya meluncur ke Playstore, Ternyata posisi atas memiliki nama aplikasi yang familiar sekali dengan recover data. Saya buka bagian review, ternyata aplikasi tersebut hanyalah sekedar tutorial bagaimana melakukan revocery pada Sdcard. Beberapa aplikasi di bawahnya juga ternyata masih menyajikan hal yang sama.

Baca Juga :  Cara merubah format koordinat GPS

Sampai akhirnya saya melihat aplikasi berupa Undeleter Recover Files & Data yang telah di download 1 juta pengguna dan reviewnya juga cukup bisa diandalkan untuk menangani kasus ini.

Screenshot_2015-03-27-13-10-00
Undeleter Recover Files & Data dari Fahrbot

Saya kemudia mendownloadnya. Syarat utama adalah bahwa Handphone Android anda harus sudah di root. Berikut tampilan langkah-langkahnya secara singkat yang belum saya explore secara keseluruhan.

1. saat pertama kali membuka aplikasi Undelete Recover Files & Data, aplikasi ini akan melakukan testing root access dan meminta persetujuan akses superuser. Pilih saja “Ijinkan” apabila dialog request superuser muncul. (Android anda harus dalam posisi sudah di root).

Screenshot_2015-03-27-14-29-29
Pastikan HH anda sudah di root

2. Lalu akan muncul pemberitahuan bahwa akses root telah diperoleh aplikasi ini untuk berjalan, ingat ya bahwa android anda harus sudah di root.

Screenshot_2015-03-27-14-29-37
setelah anda mengijikan akses superuser, maka akan muncul seperti ini

3. Kemudian pemilihan directori yang biasa digunakan sebagai tempat penyimpanan sementara ketika file telah di hapus, saya lupa mengambil screenshootnya. Ada beberapa lokasi dalam android saya, yang jelas terlihat sekali mana yang di direktori memori internal dan mana yang di direktori memori eksternal.

4. Selanjutnya lakukan saja proses scanning, waktu yang diperlukan pada android saya dengan kapasitas eksternal 8 gb tidak mencapai satu menit untuk proses scanning tempat sampah sementara tersebut.

5. Muncul hasil scanning dalam beberapa tab berdasarkan jenis filenya. Karena saya dalam kasus ini mencoba mencari gambar, maka saya masuk ke tab images. terlihat juga jumlah file yang terdeteksi.

Baca Juga :  Cara Convert Hyperlink to URL dan URL to Hyperlink di Microsoft Excel Secara Massal
Screenshot_2015-03-27-14-30-58
file images tanpa preview, fail file
Screenshot_2015-03-27-14-32-47
ada juga yang muncul file previewnya
Screenshot_2015-03-27-14-32-54
foto ini baru saya hapus satu hari sebelumnya, seingat saya seperti itu

6. Jika dalam tab images, gambar yang masih bisa terselamatkan adalah gambar yang terlihat preview atau thumbnailsnya, sehingga ketika kita pilih thumbnailsnya maka akan muncul preview yang lebih besar dengan icon save pada pojok kanannya.

Screenshot_2015-03-27-14-33-06
tinggal tekan icon save atau share di pojok kanan atas

Ada beberapa yang perlu diperhatikan dalam penggunaan aplikasi ini berdasarkan pengamatan saya, review singkat jadi sarannya singkat saja ya 😀

1. Pastikan Android anda telah di root

2. Jangan lakukan restart atau penulisan data ulang pada memori anda apabila ada data yang terhapus untuk dikembalikan. Dikhawatirkan ada fragmentasi pada memori anda yang menghapus jejak file yang telah terhapus tersebut.

3. Install aplikasi ini secepatnya saja, untuk berjaga-jaga, namanya juga kecelakaan, siapa yang bisa menebak jauh-jauh hari? sedia perahu sebelum banjir.

4. Iklan yang awalnya muncul di bawah, terkadang menjadi full screen. Maklumi saja, namanya juga aplikasi gratisan.

5. Sepertinya memang cukup mumpuni untuk menemukan file yang baru saja terhapus, untuk data lama tidak dianjurkan karena level recovery-nya bisa dibilang hanya untuk kondisi normal saja.

6. saya hanya mencoba secara singkat dan itupun hanya untuk file images, untuk file lainnya belum saya coba.

sekian dan terima kasih, semoga membantu

Leave a Reply