Danau Rerebe, Kejernihan Terbalut Keceriaan

danau rerebe (4)

Sebuah lokasi yang berada jauh dari pusat kota kabupaten gayo lues, provinsi aceh. Memerlukan waktu sekitar 2 jam apabila menggunakan sepeda motor untuk mencapai lokasi ini. Selain jalan yang naik turun serta berkelok-kelok, jalan sempit dan beberapa terjadi longsor membuat kami harus ekstra berhati-hati menyusuri minyak hitam yang telah mengeras ini.

danau rerebe (5)

Karena jalan menuju lokasi yang masih berupa tanah yang gembur, maka sepeda motor kami titipkan di tempat tinggal seorang rekanan yang tidak berada jauh dari lokasi ini.

danau rerebe (7)

Kemudian kami melanjutkan dengan perjalanan tradisional, yaitu jalan kaki. Tidak ada rasa lelah ketika kami harus berjalan mengikuti kemiringan jalan tanah yang sesekali datar tersebut.

Akhirnya kami sampai juga setelah 15 menit berjalan kaki santai.

Inilah yang saya sebut DANAU REREBE, sebuah danau kecil yang memiliki warna air memukau yang dikelilingi oleh pasir halus nan putih. Di bagian hulu danau kecil ini juga terdapat air terjun yang dengan derasnya mengisi air danau kecil ini.

Saya tidak mengetahui secara pasti asal muasal dari danau kecil ini, warga sekitar mengatakan bahwa ini adalah danau kecil buatan yang dibangun sekitar tahun 2011.

danau rerebe (8)

Air terjun yang mengairi danau kecil ini masih berwarna jenih, namun warna biru hijau kebiruan ini muncul karena pantulan dari dasar danau kecil yang berupa tanah berkapur. Sehingga apabila anda datang ke danau kecil ini saat matahari sedang terik dan saat mendung atau menjelang sore hari, warnanya akan sedikit berbeda.

Baca Juga :  [Ebook] Perjalanan ke Nglimut (bekas) mahasiswa geo06rafi UNNES

ini videonya di youtube, namun berbeda waktu kunjungan dengan episode yang ini, silahkan di streaming

Sebuah danau kecil yang mungkin lebih tepat untuk disebut danau kecil, namun keindahanya pantas jika nama danau saya sematkan kepada sebuah kumpulan air yang berwarna indah ini. Seakan hati tidak tega jika melihat air seindah itu dibiarkan begitu saja.

danau rerebe (11)

Segera berganti kostum, berkenalan dahulu dengan air danau kecil ini. Sembari berenang kecil segera dilakukan atraksi antara lain melompat dari pohon yang terbenam sebagian di ujung danau kecil ini.

Bertapa di bawah serangan air terjun juga bisa anda lakukan bila anda berkunjung ke lokasi ini.

Terlihat pula beberapa orang yang sengaja membawa ban dalam untuk dijadikan pelampung guna mengarungi danau kecil ini.

danau rerebe

Bagaimanai menurut anda? Indah bukan?

Bila anda berminat silahkan datang ke kecamatan tripejaya, kabupaten gayo lues, provinsi aceh.

Salam backpacker 😀

 

Galeri

Salam Landscaper 😀

14 COMMENTS

    • wahhh… mas wira berkunjung ke blog saya… makasih banget mas… 😀
      semoga saja tetap seperti itu, tetap indah dan tetap damai
      dan tetap asik untuk berenang tentunya… ahahha

  1. wahhh…ini dia, melihat gambar ni jadi terharu dan kangen bangett…banyak kenangan dsana…kini dah lama gak pernah ksana, smenjak pergi merantau sejak 2007…smoga kapan2 bisa bernostalgia ksana hehe…

    • Ari gayo bang??
      Sekarang merantau ihi bang??
      Kita juga denem berenang i rerebe mi…bakar kurik di pinggiran danau
      #whahaha..bahasa gayo.nya blom bgitu bisa…
      tahunya cuma gerekugebetih..

Leave a Reply