Cara Mudah Embed Lagu Dari Soundcloud Di WordPress

2
24
views

Bagi anda yang gemar mendengarkan musik, pasti mengenal Soundcloud. Situs ini memberikan banyak sekali lagu yang bisa Anda streaming  secara gratis. Saya biasanya mendengarkan lagu-lagu hasil cover atau beberapa karya indie.

Lagu yang teradapat pada Soundcloud bisa Anda embed atau anda pasang di blog anda, sehingga bisa terputar secara otomatis. Saya akan memberikan cara yang digunakan untuk embed pada single post atau halaman artikel. Sebenarnya bisa saja dicantumkan pada widget, namun rasanya mengganggu pengunjung yang tidak ingin terganggu oleh lagu dari blog kita yang terputar secara otomatis.

Bila Anda lihat artikel Semakin Merindukan Tempat Ini, Terlebih Ketika Menatapnya Dalam Panorama 360 Derajat maka Anda akan menemukan lagu yang terputar otomatis pada halaman tersebut. Saya sengaja melakukan autoplay pada halaman tersebut yang ditujukan untuk memperkuat suasana ketika menikmati foto panorama 360 yang saya sematkan pada artikel tersebut.

Baik, kita mulai saja tutorilanya, ikuti langkahnya dengan seksama dan cermat :

1. Buka halaman soundcloud yang memuat lagu yang akan Anda sematkan, semisal saya hendak menyematkan lagu dari Tigapagi yang berjudul Alang-alang.

 

2. Lalu, menujulah bagian bawah bar waktu, klik share


embed soundcloud wordpress ghozaliq

3. Pilih bagian Embed,

embed soundcloud wordpress ghozaliq

4. Pada bagian ini terdapat banyak opsi yang bisa Anda sesuaikan dengan keinginan anda. Mulai dari tampilan, warna, dan pilihan untuk autoplay. Setelah itu, salin semua code yang muncul pada kolom yang tersedia.

Baca Juga :  Cara Embed Google Maps Responsive di Wordpress Tanpa Plugin

embed soundcloud wordpress ghozaliq

5. Untuk Anda pengguna wordpress.com, pastikan anda mencentang WordPress Code. Hal ini dilakukan agar shortlink dari dashboard wordpress.com bisa membaca dengan seksama. Maka Anda akan mendapat code dengan format seperti di bawah ini.

[soundcloud url=”https://api.soundcloud.com/tracks/112200422″ params=”color=ff5500&auto_play=false&hide_related=false&show_comments=true&show_user=true&show_reposts=false” width=”100%” height=”166″ iframe=”true” /]

6. Untuk Anda pengguna wordpress self-hosted atau yang lainnya, maka pastikan Anda tidak mencentang WordPress Code. Maka Anda akan mendapatkan code seperti di bawah ini :

<iframe width=”100%” height=”166″ scrolling=”no” frameborder=”no” src=”https://w.soundcloud.com/player/?url=https%3A//api.soundcloud.com/tracks/112200422&amp;color=ff5500&amp;auto_play=false&amp;hide_related=false&amp;show_comments=true&amp;show_user=true&amp;show_reposts=false”></iframe>

7. Saat akan memasukannya ke dalam artikel, pastikan anda menuju ke editor text atau html. Lalu paste code tersebut sesuai dengan tempat yang Anda inginkan.

embed soundcloud wordpress ghozaliq

 

 

Saya akan memasukannya di bawah ini :

Atau dengan tampilan yang lebih besar seperti di bawah ini :

 

 

Bagaimana? mudah kan? Kini silahkan anda coba dan bagikan kepada teman anda yang sekiranya memerlukan.

Kini anda bisa melakukan embed atau menyematkan sebuah hingga beberapa lagu dalam artikel blog anda. Cara ini baru saya coba untuk worpdress.com dan wordpress self hosted, untuk blogspot saya belum mencobanya. tapi seharunsya kode html nya masih sama.

 

Sekian, selamat mencoba dan selamat bermusik.

2 COMMENTS

Leave a Reply