cara membuat foto panorama dengan Adobe lightroom 6

2
28
views

Pernahkan anda merasa terbatas dengan kemampuan lensa anda yang kurang bisa menangkap gambar secara lebih lebar? Gunakanlah teknik foto panorama untuk mewujudkan kenginginan anda tersebut.

Saran saya, jangan gunakan mode panorama otomatis pada kamera anda, karena biasanya hasil resolusi akhir yang rendah. Ambilah foto panorama secara manual pada jenis kamera apapun, bahkan pada kamera ponsel anda. Pada postingan selanjutnya akan saya jabarkan teknik yang baik dalam pengambilan foto panorama secara manual.

Pada postingan sebelumnya saya menggunakan Software Canon photostitch dan juga software Photoshop CS. Kali ini saya akan menggunakan Adobe Lightroom 6 yang memiliki fitur baru, yaitu photo merge. Fitur ini sangat mempermudah karena menyatukan manajemen file dengan fitur menggabungkan foto secara cepat. Sayangnya pengguna sistem operasi 32 bit tidak bisa menggunakan Adobe Lightroom 6, kaerna hanya tersedia versi untuk sistem operasi 64 bit.

Salah satu hal yang mengasyikan ketika mengolah foto panorama dengan Adobe Lightroom 6 adalah kemampuannya untuk melakukan penggabungan file RAW dan menghasilkan file dengan ekstensi *.TIFF. Dengan kemampuan tersebut, maka data file mentah foto anda tidak akan jauh berkurang, malah mungkin akan kurang lebih sama. Hal ini memungkinkan anda memiliki keleluasaan untuk mengolah foto panorama anda dengan lebih baik.

  1. Bukalah Adobe Lightroom 6, arahkan ke folder tempat anda menyimpan foto yang akan anda olah menjadi foto panorama.

1. GhozaliQ_Lightroom6

2. Lakukan seleksi terhadap foto-foto tersebut dengan menekan tombol Shift + Klik (windows), setelah terpilih, kemudian tekan klik kanan ->  Photo Merge ->  Panorama

Baca Juga :  Survey Event IMAJI bersama forum National Geographic Regional Yogyakarta

2. GhozaliQ_MemilifFoto

3.  Tunggu hingga proses review memunculkan tampilan ringan foto panorama anda.

3. GhozaliQ_PreviewPanorama

4. Pada bagian kanan ada beberapa opsi untuk memilih proyeksi yang anda gunakan. Paling mudah biarkan saya menjadi Auto Select Projection.

4. GhozaliQ_hasilPanorama

5. Setalah anda memilih proyeksi yang akan digunakan, kemudian pilih opsi Auto Crop. Fitur ini mempermudah anda untuk melakukan croping pada area kosong.  Setelah semua siap, klik tombol Merge untuk merender foto tersebut, tunggulah beberapa saat tergantung kemampuan komputer anda.

5. GhozaliQ_AutoCrop

6. Setelah selesai prosesnya, maka anda masih bisa mengolah foto tersebut secara lebih leluasa karena file yang dihasilkan berekstensi *.TIFF

6. GhozaliQ_DevelopPanorama

 

Bagaimana? sederhana dan cepat kan? silahkan mencobanya, untuk melihat beberapa foto hasil panorama saya, silahkan lihat pada postingan dengan kategori panorama.

Semoga bermanfaaat…

Salam jepret.

 

2 COMMENTS

Leave a Reply