cara meluruskan horizon foto dengan software picasa

2
11
views

Dalam sebuah foto, terutama foto landscape atau arsitektur serta foto lain yang sejenis. kelurusan horizon merupakan hal yang sangat penting dalam penentuan keindahan sebuah foto. tetapi tidak berlaku misal memang sengaja dibuat untuk menjadi miring (its no problem).

tetapi apa bila anda memotret ingin dengan hasil berhorizon lurus, namun horizon tersebut malah miring, anda dapat memperbaikinya di komputer melalui software pengolah grafis.

software di komputer bukanlah alat utama untuk meluruskan horizon, ini hanyalah alat pertolongan darurat untuk memperbaiki horizon foto anda.

Fullscreen capture 3172013 72042 PM.bmp

jadi tetaplah mencoba untuk mulai meluruskan horizon foto anda saat memotret, karena anda tidak akan kehilangan waktu lebih untuk mengolah, serta tidak akan kehilangan beberapa bagian foto yang hilang saat dilakukan pelurusan horizon ini.

intinya adalah, memotretlah dengan benar terlebih dahulu

kali ini saya akan mencoba memberikan sebuah informasi untuk meluruskan horizon dengan menggunakan beberapa software, untuk post kali ini menggunakan software picasa dulu ya

1. buka terlebih dahulu program picasa,

2. setelah terbuka, cari gambar anda di library dan kemudian lakukanlah double klik pada gambar yang akan anda olah untuk meluruskan horizonnya.

Fullscreen capture 3172013 72059 PM.bmp

3. pada panel kiri, pilihlah straigten, maka akan muncul tampilan seperti ini.

Fullscreen capture 3172013 72732 PM

4. grid yang muncul di foto tersebut merupakan garis pembantu untuk meluruskan horizon foto anda.

5. gunakan titik lonjong putih yang berada di bagian bawah untuk meluruskan horizon sesuai dengan garis yang ada pada layar.

Baca Juga :  Panorama Mercusuar William Torens, Pulau Beras, Aceh

Fullscreen capture 3172013 72753 PM

6. setelah dirasa lurus, klik apply, kemudian simpan.

Fullscreen capture 3172013 72803 PM.bmp

mudah bukan? selain menggunakan Picasa, anda juga dapat menggunakan adobe photoshop dan juga adobe lightroom

Leave a Reply